4 Langkah Mengatasi Sifat Cemburu Buta

Mengatasi Cemburu ButaMemiliki hubungan spesial dengan seseorang, Apalagi jika telah berlangsung cukup lama, memang merupakan sesuatu yang sangat membahagiakan.

Namun, durasi sebuah hubungan yang lama, tentu menyajikan tantangan tersendiri, ditambah lagi jika jenis hubungannya adalah long distance relationship. Salah satu tantangan yang cukup berat, adalah mengatasi cemburu.

Pada dasarnya, cemburu itu bisa hadir karena adanya rasa insecurity, atau merasa tidak aman. Aman di sini, bisa diartikan bahwa ada seseorang yang mengancam merebut si dia dari tangan anda.

Atau, bisa juga rasa tidak nyaman itu hadir karena adanya kekurangan di dalam diri Anda, yang membuat anda merasa minder, kalah, dan merasa ada orang lain yang lebih baik.

Sebernarnya, untuk menaklukkan perasaan insecurity alias mengatasi cemburu, tidaklah sulit. Kami berbagi 4 langkah mengatasi cemburu buta terhadap pasangan. Simak yuk.

Kenali darimana datangnya cemburu

Yang pertama, Anda harus mengenali dari mana datangnya rasa cemburu itu. Jika datang dari dalam diri Anda, mulailah berbenah, untuk menjadikan kelemahan anda menjadi sebuah kekuatan baru. Caranya adalah memperkaya diri dengan berbagai keahlian. Sehingga, membuat diri Anda memiliki nilai lebih.

READ:  5 Perawatan Rumahan Alami Untuk Kulit Berminyak

Sebaliknya, jika ada orang lain yang sedang dekat dengan pasangan Anda, di sinilah rasa kepercayaan Anda diuji. Karena, jika pasangan terus menerus dicemburui, maka cepat atau lambat pasangan akan selingkuh. Jadi, yang paling baik adalah, buang jauh-jauh pikiran negatif seperti itu. Yakinlah bahwa pasangan Anda tetap setia.

Tetap berpikir positif

Memang, untuk mengatasi cemburu, diperlukan usaha ekstra untuk berpikir positif. Dalam hal ini adalah, saat menghadapi ketakutan anda. Anda takut pasangan selingkuh. Sebenarnya, Anda lah orang yang  paling mengenal pasangan Anda. Anda yang paling memahami setiap detail pada karakternya, maka Anda-lah orang pertama yang mengetahui jika ada perubahan ganjil pada perilakunya.

Saat itu terjadi, marah-marah dan cemburu, bukanlah pilihan bijak. Ajaklah dia untuk berbicara hati ke hati. Siapa tahu, ada yang salah pada diri Anda, yang membuat si dia sedikit berubah perilakunya terhadap Anda.

Bangkitkan kenangan indah

Cara mengatasi cemburu yang paling mudah, adalah melakukan sesuatu yang membuat anda relaks terhadap hubungan Anda. Misalnya, membuka kembali album foto kenangan masa lalu dengan dia.

READ:  7 Tips Mengatasi Rasa Cemburu

Atau, tak ada salahnya mengajak pasangan untuk menghabiskan waktu untuk bernostalgia romantis, mengenang serta membangkitkan kembali gelora cinta Anda dan pasangan. Ini jauh lebih baik, ketimbang duduk diam di dalam kamar gelap dengan dikuasai amarah karena rasa cemburu.

Konsultasi ke terapis

Jika masih sulit juga untuk mengatasi cemburu, itulah saat yang tepat untuk meminta nasihat professional dari seorang psikolog. Dengan adanya pihak ke-tiga ini, anda akan mendapat banyak masukkan poritif, yang membuat Anda lebih menyadari betapa bahagianya hubungan Anda saat ini.

Jika terlalu gengsi untuk mendatangi terapis atau psikolog, maka tak ada salahnya menjadikan sahabat anda sebagai ‘terapis’ untuk mengatasi cemburu Anda.