5 Obat Herbal Tradisional untuk Batuk Karena Alergi Dingin

Loading...

Batuk Karena Alergi DinginAlergi dapat terjadi pada setiap orang namun tingkat dari alergi itu sendiri berbeda-beda pada setiap orang. Alergi membuat tubuh kita sangat sensitif terhadap sesuatu seperti debu, makanan-makanan tertentu, jenis zat tertentu, bakteri, dan udara dingin.

Banyak faktor yang dapat menjadi pemicu alergi di dalam tubuh seseorang seperti usia, gen keturunan, dan gaya hidup.

Bila kita sudah terkena alergi maka kemampuan sistem tubuh kita akan termutasi dengan sendirinya sehingga membuat sesuatu hal spesifik menyebabkan gangguan pada tubuh kita.

Salah satu efek yang biasa muncul dari alergi adalah batuk atau gatal. Batuk alergi yang disebabkan oleh udara yang dingin adalah batuk yang merupakan sebuah refleks dari tubuh yang memperingatkan adanya ancaman terhadap suatu ancaman yang ada di dalam tubuh.

Nah bagi Anda yang alergi udara dingin, salah satu tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat tubuh Anda tetap hangat. Caranya dengan tidak menggunakan AC dengan suhu yang terlalu dingin dan matikan 3 – 4 jam sebelum Anda bangun agar suhu ruangan menjadi lebih hangat.

READ:  5 Makanan untuk Meringankan Konstipasi

Apabila alergi ini menjadi lebih parah Anda bisa mencoba obat-obatan herbal atau obat tradisional alergi dingin. Kami berbagi informasi obat tradisional apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi alergi dingin.

Susu Kambing

Susu kambing sangat bagus bila digunakan sebagai obat tradisional alergi dingin karena kandungan-kandungan yang ada di dalam susu kambing bisa mengembalikan imun yang hilang bagi penderita alergi dingin. Cara mengkonsumsinya adalah dengan memasak terlebih dahulu susu kambing segar agar susu menjadi steril.

Madu

Selain susu kambing, madu juga terbukti khasiatnya dapat mengurangi batuk karena alergi dingin. Kandungan madu memiliki nilai gizi yang tinggi. Kandungan gula yang ada di dalam madu berbeda dengan kebanyakan gula yang ada, gula di dalam madu adalah jenis gula yang mudah diserap oleh tubuh.

Jerus Nipis

Jeruk nipis juga merupakan salah satu obat tradisional alergi dingin, karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi jeruk nipis dapat menyembuhkan batuk yang disebabkan alergi dingin. Cara mengkonsumsinya hanya dengan mencampur satu sendok makan jeruk nipis dengan madu atau kecap yang diaduk dengan rata. Usahakan rutin meminum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

READ:  Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Aman

Kencur

Obat tradisonal lainnya adalah kencur, parut kencur dan campurkan dengan madu kemudian kencur bisa langsung diminum. Cara mengkonsumsinya juga bisa dengan langsung mengunyah rimpang kencur jika Anda menyukainya. Minum ramuan kencur ini sebanyak 2 atau 3 kali sehari. Kencur dapat membantu menghangatkan tubuh Anda.

Jahe

Selain kencur, bumbu dapur yang dapat dijadikan obat tradisional alergi dingin adalah jahe. Jahe ini juga memiliki kelebihan sebagai penghangat tubuh.

**

Demikianlah obat herbal yang bermanfaat untuk alergi dingin. Selain menggunakan obat tradisional, utamakan pola hidup sehat dan olahraga dengan teratur sehingga secara perlahan alergi Anda akan berkurang.

(foto: jocogov.org)