5 Manfaat Sering Makan Ikan Salmon

Manfaat Ikan salmonIkan salmon adalah jenis ikan laut yang hidup di samudra atlantik dan samudra pasifik.

Ikan ini ternyata merupakan salah satu hewan laut yang unik, dimana hewan ini lahir di wilayah air tawar lalu pergi menjelajah ke alam bebas hingga sejauh 1.400 km.

Ketika memasuki masa reproduksi maka ikan salmon ini akan kembali ke tempat kelahirannya untuk menyimpan telurnya. Anehnya ia akan kembali tepat dimana ia dilahirkan dahulu, namun sampai hari ini para peneliti belum mampu mengungkap kemampuan ikan salmon untuk mengenal tempat kelahirannya.

Ikan salmon yang memiliki nama latin Oncorhynchus mykiss selain memiliki kebiasaan yang unik ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi manusia yang biasa mengonsumsi ikan salmon.

Apa saja manfaat ikan salmon?

1. Mengendalikan tekanan darah

Ikan salmon adalah hewan yang memiliki kandungan Omega 3 yang sangat tinggi.

Kandungan omega -3 yang terkandung di dalam ikan salmon berperan dalam melenturkan pembuluh darah pada manusia yag dapat membuat kita terhindar dari tekanan darah tinggi,  sehingga tekanan darah dapat dikendalikan. Selain itu juga dapat memperkuat  otot – otot jantung  anda.

READ:  Khasiat, Manfaat dan Sumber Vitamin B12

2. Mengurangi stress

Bila anda sedang stress atau depresi, cobalah mengonsumsi ikan salmon sebab di dalam ikan salmon terkandung omega – 6 yang dapat membantu mengurangi depresi beserta gejala – gejalanya.

3. Membantu perkembangan bayi

Bagi anda seorang ibu yang sedang mengandung cobalah memperbanyak konsumsi ikan salmon sebab di dalam ikan salmon terdapat omega – 3 yang tinggi dan dapat menurunkan resiko bayi tumbuh secara abnormal.

Selain itu menurut Susan Brewer dari Universitas Illionis,  yang merupakan ahli gizi asal Amerika Serikat yang khusus meneliti tentang kandungan ikan salmon mengatakan bahwa Asam  lemak omega 3 mengandung AHA & DHA yang dibutuhkan untuk perkembanga Otak, Mata dan syaraf.

4. Mengatasi diabetes

Penderita diabetes dapat dibantu untuk mengurangi kadar gula di dalam darahnya dengan mengonsumsi ikan salmon sebab di dalam ikan salmon terdapat Vitamin D dan selenium untuk membantu insulin mengubah gula darah menjadi energi.

5. Membantu mencegah anemia

Ikan salmon mengandung vitamin B12 yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel – sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia.

READ:  5 Pereda Super untuk Stres

6. Mencegah penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu penyakit yang diakibatkan oleh stroke, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Sehingga kandungan Omega – 3 di dalam ikan salmon dapat mencegah penyakit Alzheimer.

7. Mencegah Penyumbatan Arteri Koroner

Ikan salmon mengandung jenis lemak tak jenuh sehingga mengonsumsi ikan ini bagi bayi ataupun orang dewasa dapat mencegah penyumbatan arteri koroner atau biasa disebut jantung koroner.yang diakibatkan oleh konsumsi lemak jenuh dari makanan sehari – hari (Junk food, daging merah, atau gorengan),

Manfaat ini bisa didapatkan jika kita rajin mengonsumsi ikan jenis ini minimal 2 kali seminggu.

**

Ikan salmon ternyata memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, wajarlah ketika ikan salmon memiliki harga yang sangat tinggi pula. Bahkan bisa mencapai Rp. 400.000 / kg.

(Foto : infosehatz.info)