Yuk Kenali Manfaat Susu Kedelai untuk Diet!

Loading...

Manfaat Susu Kedelai untuk DietSiapa yang tidak kenal salah satu jenis polong-polongan yang satu ini? Terutama bagi kita orang Indonesia, tentu kedelai tidak asing lagi. Selain dalam bentuk umumnya yaitu tahu dan tempe, kedelai juga amat lezat dikonsumsi sebagai susu.

Kedelai dalam bentuk susu pertama kali dikembangkan di wiayah Cina yang kemudian semakin dikenal dan juga dikonsumsi di negara Asia lainnya seperti jepang hingga Indonesia.

Sebutan susu kedelai juga beragam. Di Hongkong misalnya, susu kedelai dikenal dengan nama Vitasoy, sedangkan di Singapura dan Malaysia dikenal dengan nama Vitabean.

Susu kedelai yang memiliki rasa gurih ini telah diakui manfaatnya untuk kesehatan tubuh karena kandungan protein nabati, minyak nabati, serat dan beberapa kandungan baik lainnya seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin E, mineral dan polisakarida.

Jika dibandingkan dengan jenis susu yang lain, susu kedelai memiliki kadar gula alami paling rendah sehingga baik dikonsumsi salah satunya bagi para penderita kolestrol tinggi.

Selain itu, dalam bidang kesehatan mengkonumsi susu kedelai juga amat baik untuk terhindar dari kanker prostat dan mencegah osteoporosis. Begitu juga dalam bidang kecantikan dimana kadungan Vitamin E terkenal amat baik bagi kesehatan dan kesehatan kulit.

READ:  Resep Mudah Membuat Susu Kedelai Enak

Begitu banyaknya manfaat susu kedelai, tak terkecuali untuk urusan diet. Tak salah jika meminum susu kedelai kemudian juga dianggap sebagai salah satu metode diet yang jitu.

Berikut adalah kandungan dan manfaat dalam susu kedelai yang berguna untuk mengurangi berat badan.

1. Protein

Protein dalam susu kedelai memang sangat tinggi, namun karena itulah kebutuhan protein harian dapat dengan mudahnya tercukupi. Selain itu, protein dalam susu kedelai juga memiliki kandungan lemak yang rendah. Kandungan lemak yang rendah inilah yang tidak akan meningkatkan berat badan karena bentuknya yang berupa gugus asam lekan tak jenuh.

2. Asam lemak tak jenuh

Kembali menyinggung kandungan lemak yang rendah dalam susu kedelai, kandungan asam lemak tak jenuhnya dapat menghambat penyerapan lemak pada usus, sehingga dapat membantu proses diet dengan baik.

3. Polisakarida

Dalam definisi kesehatan, polisakarida merupakakan salah satu kelas molekul karbohidrat yang mengandung rantai molekul monosakarida atau dikenal dengan sebutan gula sederhana.

Polisakarida terkandung dalam susu kedelai bersama dengan oligosakarida yang tidak dapat larut dalam air sehingga tubuh kita tidak akan dapat mencernanya, Karena hal inilah susu kedelai tidak dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Polisakarida adalah salah satu kelas molekul karbohidrat yang mengandung rantai molekul monosakarida (gula sederhana).

READ:  Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

4. Kadar gula rendah

Jika dibandingkan dengan susu biasa lainnya, kandungan gula dalam susu kedelai lebih rendah.

Jika tidak dicampur dengan gula tambahan, kandungan gula dalam susu kedelai adalah sekitar 7 gram/200 ml. Angka ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi dengan kandungan gula 12 gram/200 ml. Tak salah jika meminum susu kedelai aman bagi asupan program diet anda.

5. Serat

Jumlah serat yang banyak terdapat dalam susu kedelai dapat mencukupi kebutuhan serat harian. Serat sendiri dikenal baik untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh dan menjaga kondisi perut tetap kenyang atau tak gampang lama dalam waktu yang cukup lama.

***

Begitu banyak kandungan dan nutrisi yang baik dalam susu kedelai. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, pilihan untuk mengkonsumsi susu kedelai memang tak salah. Hindari menambahkan gula dalam susu kedelai untuk menikmati rasa alami dan juga manfaatnya.