10 Kegunaan Lemon untuk Rumah Tangga

kegunaan lemonLemon bukan sekedar hiasan berwarna. Buah jeruk berwarna kuning ini memiliki ratusan aplikasi praktis di sekitar rumah, mulai dari pengecatan peralatan stainless steel hingga mencerahkan pakaian.

Asam sitrat dalam lemon memberikan kemampuan pembersih alami yang kuat, dan mereka berguna untuk kesehatan dan keindahan alami.

Berikut adalah 10 penggunaan lemon untuk kebutuhan rumah tangga, dilansir dari Care2.com:

Menghilangkan bau rumah Anda

Dari lemari pendingin hingga kotoran kucing, lemon dapat menghilangkan bau buruk dari semua jenis di seluruh rumah. Rendam spons dalam sari buah lemon dan letakkan di dalam lemari pendingin untuk menyerap bau.

Didihkan kulit lemon dengan api kecil dalam panci air untuk aroma segar di seluruh rumah. Aduk sisa lemon ke pembuangan sampah untuk membuang bau buruk dari sampah makanan. Hanya beberapa irisan lemon yang ditempatkan di dekat kotak sampah akan membantu menetralkan bau yang tidak menyenangkan.

Mengangkat noda

Angkat noda yang mengenai kuningan, tembaga dan stainless steel dengan membuat pasta dari sari buah lemon dan garam dan terapkan pada permukaan yang bernoda. Biarkan selama lima menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.

READ:  Inilah Kebiasaan Yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

Memoles permukaan logam

Tidak perlu membeli cat khusus untuk stainless steel, aluminium dan krom. Potong lemon menjadi dua bagian dan gosokkan langsung pada permukaan untuk menghapus sidik jari dan kotoran. Untuk daya pembersihan ekstra, campuran sari buah lemon dengan garam , baking soda atau krim tartar. Dua pilihan terakhir cukup lembut untuk memoles permukaan logam tanpa meninggalkan goresan.

Menghilangkan noda pakaian

Keringat, rumput, anggur, tomat dan noda lainnya dapat diangkat dengan sedikit air jeruk. Angkat substansi sebanyak mungkin, jenuhkan noda dengan sari buah. Taburi dengan garam dan gosok, lemparkan pakaian ke rendaman.

Mencerahkan warna pakaian tanpa pemutih

Anda tidak perlu pemutih untuk mencerahkan pakaian putih yang telah menguning. Tambahkan seperempat cangkir jus lemon ke siklus bilas ketika mencuci pakaian putih, dan kemudian jemur di bawah sinar matahari. Kombinasi lemon dan sinar matahari akan memberikan warna putih pada pakaian Anda terlihat seperti baru.

Menjaga buah dan sayuran dari pencoklatan

Apel, kentang, alpukat dan buah serta sayuran lain cenderung berubah menjadi coklat ketika diiris, namun dapat dicegah dengan hanya sedikit sari buah lemon. Tambahkan satu sendok teh atau lebih pada air ketika mendidihkan kentang, dan taburi sedikit pada salad buah.

READ:  Awali Hari dengan Lemon dan Air

Meringankan sakit tenggorokan

Tidak peduli seperti apa rasanya, sirup batuk tidak pernah enak. Lain kali saat tenggorokan Anda begitu sakit dan Anda hampir tidak dapat bernapas, coba trik ini sebagai gantinya: campurkan satu sendok makan sari buah lemon dan satu sendok makan madu ke dalam secangkir air dan didihkan dengan kompor atau microwave hingga hangat. Lemon membersihkan kemacetan, sedangkan madu menenangkan jaringan yang meradang.

Mencuci piring berminyak

Jus lemon sangat efektif untuk lemak. Remaskan pada cucian piring yang sulit dibersihkan, dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian , buat pasta dengan beberapa baking soda dan sedikit sari buah lemon dan gosokkan.

Mengusir serangga tanpa pestisida

Semut, kutu, ngengat, kecoa dan serangga lain dapat pergi karena aroma yang kuat dan rasa lemon. Gantung kain berpori berisi kulit jeruk kering di lemari Anda, bukan kapur barus, dan peras sari buah lemon segar ke jendela dan pintu di mana hama cenderung masuk ke rumah Anda. Anda juga dapat menyemprotkan sari buah lemon ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.

READ:  Bagaimana Caranya Menjadi Pendengar Yang Baik?

Memutihkan kuku kuning

Berikan tampilan sehat dan lebih muda pada kuku Anda dengan rendaman sari buah lemon rendam. Hapus semua cat kuku, cuci tangan dan kemudian rendam kuku Anda dalam sari buah lemon selama satu atau dua menit. Berikan pelembab setelahnya untuk mencegah kekeringan yang berlebihan.