Kandungan Nutrisi dan Manfaat Menakjubkan Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun KelorKenal dengan daun kelor? Bagi anda yang gemar mengkonsumsi obat herbal atau memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi gangguan kesehatan, jenis tanaman yang satu ini tentu tak asing lagi.

Dengan nama latin Moringa Oleifera, daun kelor memiliki tinggi batang yang berkisar antar 7 hingga 11 meter. Daunnya berbentu bulat telur berukuran kecil yang tersusun majemuk dalam satu tangkai.

Dalam dunia kesehatan, daun kelor ternyata sudah diteliti manfaatnya sejak awal 1980-an. Penelitian dilakukan tidak hanya dari daun namun juga kulit batang, buah hingga bijinya.

Sebuah laporan penelitian dari tim Jerman menyatakan bahwa mereka memanfaatkan daun kelor untuk penghijauan dan penahan longsor daerah penggurunan di wilayah Etiopia, Somalia dan Kenya.

Di negara-negara benua Afrika tersebut ternyata daun kelor sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat dimana mereka memanfaatkannya untuk bahan sayuran, perdagangan dan obat-obatan.

Popularitas daun kelor dalam bidang kesehatan tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga negara-negara Asia lainnya seperti Malaysia, Vietnam dan thailand. Apa yang menyebabkan tanaman dengan daun kecil-kecil ini memiliki peran penting dalam dunia kesehatan?

READ:  5 Khasiat Daun Kelor dan Kandungan Nutrisi Menakjubkan

Di balik daun kecilnya, kelor memiliki kandungan nutrisi yang menajubkan. Bayangkan, daun kelor mengandung 7 kali vitamin C lebih banyak daripada jeruk, 4 kali calcium dari susu, 4 kali vitamin A dari wortel, 2 kali protein dari susu dan 3 kali potasium dari pisang.

Berikut ringkasan menganai kandungan nutrisi pada daun kelor.

1. Vitamin C

Dengan vitamin C yang lebih banyak 7 kali dari buah jeruk, daun kelor diakui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang menghindarkan tubuh dari penyakit flu dan pilek.

2. Potassium

Selama ini pisang dikenal sebagai sumber potassium dan memberikan energi dalam tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan otak dan saraf. Dengan potassium 3 kali lebih banyak dari buah pisang, daun kelor pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan otak dan saraf anda.

3. Vitamin A

Vitamin A dikenal untuk menjada kesehatan mata, kulit hingga jantung. Tidak hanya pada wortel, daun kelor juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi bahkan 4 kali lebih tinggi daripada wortel.

4. Kalsium

Cukup mengejutkan bahwa kalsium juga terkandung dalam daun kelor. Dengan kandungan kalsium 4 kali lebih tinggi daripada susu, daun kelor baik untuk membangin kembali tulang-tulang yang lemah hingga mengatasi kekurangan darah.

READ:  Daun Kelor, si Mistis untuk Diabetes

Kandungan nutrisi tak terduga dari daun kelor tersebut di atas telah diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang juga menganjurkan kita untuk rajin mengkonsumsi daun kelor.

Inilah rangkuman manfaat daun kelor untuk kesehatan.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menjaga kesehatan mata dan otak
  • Menjaga metabolisme tubuh dengan baik
  • Merawan kesehatan kulit
  • Meningkatan fungsi normal hati dan ginjal
  • Menambah energi dalam tubuh
  • Menjaga dan melancarkan pencernaan
  • Antioksidan yang baik
  • Menormalkan kadar gula dalam tubuh

Lalu bagaimana cara mengkonsumsi daun kelor? Cara termudah adalah meminum sarinya. Rebus beberapa helai daun kelor sampai mendidih, saring dan minum airnya secara rutin.

Selain itu, daun kelor juga dapat dibuat sayur seperti halnya membuat sayur bayam. Anda dapat menambahkan jagung atau bahan lainnya agar sayur terasa lezat.

Saat ini terdapat pula produk-produk kesehatan berbahan daun kelor seperti teh hingga kapsul bubuk. Anda dapat memilih cara yang anda suka untuk mendapatkan manfaat dari daun kelor.