3 Resep Masker Alami untuk Mengatasi Jerawat

Loading...

Masker Alami untuk Mengatasi JerawatMasker wajah alami merupakan salah satu solusi yang sangat baik untuk menyingkirkan jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat. Masker alami ini dapat dibuat dari berbagai bahan yang mampu membantu memelihara kulit Anda serta menghilangkan masalah jerawat.

Terdapat 3 jenis masker alami yang ampuh mengatasi bahkan mencegah timbulnya jerawat pada wajah Anda.

Anda dapat membuatnya dari bahan alami yang berkhasiat membuat kulit terasa lebih lembut dengan menjaga kelembabannya, dan mempercepat pembaharuan sel kulit.

Namun pastikan Anda menghapus semua make-up dan mencuci wajah Anda dengan seksama sebelum mengaplikasikan masker wajah alami ini. Membersihkan wajah akan memungkinkan masker untuk menembus jauh ke dalam kulit Anda.

Berikut ini adalah tiga resep masker wajah yang memiliki khasiat luar biasa untuk mengatasi masalah jerawat.

1. Masker Cuka Sari Apel Untuk Jerawat

Bahan dan Alat yang diperlukan:
• Cuka sari apel
• Teh hijau
• Madu
• Gula pasir
• Sebuah sendok teh
• Mangkuk kecil

Langkah Pembuatan:
– Masukkan 1 sdt cuka sari apel ke dalam mangkuk yang telah disediakan.
– Tambahkan 2 sdt teh hijau yang telah didinginkan
– Setelah itu masukkan 5 sdt gula pasir.
– Lalu masukkan 1 sdt madu. Aduk campuran hingga merata. Jika Anda ingin membuatnya semakin kental, tambahkan lebih banyak gula ke dalamnya.
– Oleskan masker pada wajah dengan menggunakan kapas dan berikan pijatan selama beberapa menit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah pada wajah.

READ:  6 Penyebab Pria Mudah Jatuh Cinta Kepada Wanita yang Lebih Tua

Penggunaan gula dalam resep ini bekerja sebagai exfoliant alami yang dapat mengatasi penyumbatan pori-pori kulit. Diamkan masker pada wajah Anda selama kurang lebih 10 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih. Anda dapat melakukan perawatan ini satu atau dua kali setiap minggu.

2. Masker Madu dan Bubuk Kayu Manis Untuk Jerawat

Bahan dan Alat yang diperlukan:
• Bubuk kayu manis
• Madu
• Sebuah sendok teh
• Mangkuk kecil

Langkah Pembuatan:
– Masukkan 1 sdt bubuk kayu manis ke dalam mangkuk.
– Kemudian tambahkan 2 sdt madu ke dalam mangkuk.
– Aduk campuran bahan hingga merata. Tambahkan madu jika Anda ingin masker menjadi lebih tebal.
– Oleskan masker pada wajah Anda dengan menggunakan jari-jari tangan dan diamkan sekitar 10 hingga 15 menit. Sebaiknya masker ini diaplikasikan ketika wajah Anda dalam keadaan lembab.
– Terakhir, bilas wajah Anda dengan air hangat secara perlahan. Kemudian terapkan toner segera. Jika Anda tidak memiliki toner, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan air jeruk nipis.

READ:  Terapi Endokrin untuk Kanker Payudara

Masker ini dapat Anda gunakan setiap hari untuk mengatasi jerawat pada wajah.

3. Masker Kunyit, Susu, dan Madu Untuk Jerawat

Bahan dan Alat yang diperlukan:
• Kunyit bubuk
• Madu
• Susu mentah
• Sebuah sendok teh
• Mangkuk kecil

Langkah Pembuatan:
– Masukkan 1 sdt kunyit bubuk ke dalam mangkuk.
– Tambahkan 1 sdt madu.
– Lalu masukkan 1 atau 2 sdt susu.
– Aduk campuran hingga menjadi pasta tipis.
– Oleskan masker tersebut pada wajah dan leher Anda menggunakan sikat make-up. Jangan menggunakan jari tangan, karena dapat membuat kuku jari Anda menguning.

Masker ini biasanya meninggalkan semburat kekuningan pada kulit, jika hal itu terjadi, ambillah bola kapas lalu rendamkan kapas tersebut ke dalam susu lalu oleskan pada daerah kulit yang bernoda kuning. Anda dapat menggunakan masker ini dua atau tiga hari seminggu.

**

Itulah 3 resep alami yang dapat Anda buat di rumah. Masker alami ini sangat bermanfaat untuk kulit berjerawat karena sifat antiseptik dan antibakteri yang dikandung dalam setiap bahan. Sifat anti-inflamasi juga membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

READ:  Manfaat Masker Rumput Laut dan Cara Membuatnya

Bahan terbaik adalah dengan menggunakan madu organik. Bahan seperti kayu manis, cuka sari apel, teh hijau, kunyit, dan susu juga berguna dalam mengurangi jerawat serta menghilangkan noda hitam akibat jerawat.

Seperti halnya madu, kayu manis juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Asam alpha hidroksi dalam cuka sari apel membantu membersihkan pori-pori kulit dan melarutkan sel-sel kulit mati. Selain itu, cuka sari apel mampu menyingkirkan noda, mengembalikan pH alami kulit Anda, dan meminimalkan munculnya jerawat.

Teh hijau dikemas dengan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas berbahaya serta membantu Anda menjaga kulit agar lebih cerah, mulus, dan tampak lebih muda.

Kunyit diyakini baik untuk mengobati masalah kulit, karena antibakteri, anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Selain itu juga dapat membantu memudarkan noda hitam di wajah Anda. Susu mentah mengandung asam laktat yang bekerja sebagai exfoliant lembut dan memberikan manfaat anti-penuaan.

(foto: lookgoodfeelgood.sg)