Benarkah Kanker Payudara Lebih Beresiko Saat Bekerja di Malam Hari?

Untuk Anda wanita yang berkecimpung di dunia karir mungkin tidak mengetahui hal yang kami paparkan berikut ini.

Banyak yang menganggap bahwa kanker payudara dapat terjadi karena asupan makanan yang tidak sehat sehingga dapat memicu terjadinya risiko kanker payudara.

Bekerja di Malam HariSebenarnya ada beberapa faktor yang juga dapat menyebabkan terjadinya kanker payudara, bukan hanya dari segi makanan tetapi salah satunya adalah bekerja hingga larut malam.

Loading...

Bekerja di Malam Hari

Seperti yang dilansir dari CBC.CA, menurut tinjauan medis yang dilakukan di Kanada, seorang wanita yang bekerja hingga malam hari memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang bekerja pada pagi dan siang hari.

Kesimpulan ini lebih tertuju pada wanita, karena mengingat risiko kanker payudara lebih besar terjadi pada wanita daripada pria.

Bekerja Larut Malam Berisiko Kanker Payudara

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bekerja hingga larut malam bisa menyebabkan resiko kanker payudara?

Beberapa kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh Badan Internasional Organisasi Kesehatan Dunia untuk Penelitian Kanker (IARC) yang mengungkapkan bahwa jam kerja seseorang dapat bersifat karsinogenik sehingga dapat menyebabkan toksik atau racun dalam tubuh yang meningkat sehingga dapat memicu terjadinya kanker.

READ:  Rasa Nyeri pada Payudara Wanita, Berbahayakah?

Namun, kurangnya bukti dalam penelitian sebelumnya serta sempitnya responden yang terlibat dalam studi ini belum dapat membuktikan kebenaran tersebut secara ilmiah karena beberapa peneliti hanya melakukan penelitian kepada perawat yang menjalani shift malam teratur .

Perkembangan selanjutnya, baru-baru ini telah dilakukan studi yang melibatkan 1100 pekerja perempuan Aronson yang telah didiagnosa menderita kanker payudara dan 1100 lainnya tanpa diagnosis sebelumnya.

Meskipun studi ini juga meliputi faktor-faktor seperti pola reproduksi, gaya hidup dan massa tubuh dari masing – masing responden, namun penelitian ini masih berfokus pada apakah jam malam mempengaruhi risiko peningkatan seseorang dapat menderita kanker payudara.

Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, diambil kesimpulan bahwa seorang wanita yang bekerja di malam hari dan menghabiskan hari-harinya tidak tidur atau lebih banyak melakukan kegiatan luar memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara karena kurangnya produksi hormon melatonin dan hormon anti kanker.

Hindari Kanker Payudara sejak Dini

Jika Anda tidak memiliki waktu selain malam hari atau lembur untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda, maka lakukan management waktu yang setidaknya akan mengurangi jam malam Anda.

READ:  Nikmatnya Secangkir Teh Lidah Buaya

Untuk menghindari terjadinya resiko kanker payudara juga dapat dilakukan dengan mendeteksi dini gejala kanker payudara yang dapat dilakukan sendiri setelah masa menstruasi selesai.

Selain itu pola hidup sehat juga akan menghindarkan Anda dari kanker payudara. Hindari mengonsumsi makanan junk food atau yang memiliki kandungan bahan pengawet yang terlalu tinggi. Perbanyak minum air putih dan berolahraga ringan secara teratur.

Semoga bermanfaat.