Apa Itu Fibroadenoma?

kanker payudaraFibroadenoma adalah benjolan padat kecil dan bersifat jinak yang berada pada payudara dimana terdiri dari jaringan kelenjar dan fibrosa.

Fibroadenoma berbeda dengan kanker payudara walaupun cirinya hampir sama dengan kanker payudara.

Benjolan ini biasanya ditemukan pada payudara wanita yang masih berusia muda atau seringkali ditemukan pada remaja putri.

Penyebab dari fibroadenoma sendiri belum diketahui secara pasti tetapi terdapat beberapa gejala yang menandakan keberadaan dari fibroadenoma. Benjolan akan bergerak saat disentuh, sangat jelas dan dapat dirasakan.

Selain itu memiliki bentuk yang kenyal karena mengandung kolagen (serat protein yang ditemukan pada tulang rawan, tendon dan kulit ) .

Pemeriksaan fibroadenoma dapat dilakukan dengan cara menggunakan metode pemeriksaan seperti kanker payudara yaitu:

1. Berdiri di depan cermin

Untuk ukuran payudara normal, payudara kiri dan kanan sedikit berbeda. Perhatikan perubahan perbedaan ukuran antara payudara dan perubahan puting kiri dan kanan atau keluarnya cairan dari puting.

Selain itu perhatikan struktur dari puting apakah berkerut atau tidak.

2. Letakkan ke dua tangan di belakang kepala

Dengan posisi ini akan lebih mudah untuk menemukan perubahan kecil pada payudara. Perhatikan perubahan bentuk dan struktur payudara , terutama pada bagian bawah payudara .

3. Taruh ke dua tangan di pinggang

Taruh kedua tangan di pinggang dan tubuh sedikit condong ke arah cermin, Lalu tekan bahu dan tarik siku ke belakang. Perhatikan perubahan ukuran dan bentuk payudara.

4. Angkat lengan kiri Anda

Dengan menggunakan 3 atau 4 jari tangan kanan, telusuri payudara kiri. Gerakkan jari-jari Anda secara melingkar (lingkaran kecil) di sekeliling payudara yang di mulai dari tepi luar payudara dan kemudian bergerak menuju puting.

Tekan perlahan, untuk merasakan adakah benjolan di bawah kulit . Lakukan hal yang sama pada payudara kanan.

5. Tekan puting

Tekan puting dengan perlahan dan lihat jika ada cairan yang keluar dari puting. Lakukan ini secara bergantian pada payudara kiri dan kanan .

6. Berbaring telentang

Berbaring telentang dengan bantal ditempatkan di bawah bahu kiri dan lengan kiri lalu telusuri payudara kiri dengan menggunakan jari-jari tangan kanan Anda.

Dengan posisi ini, payudara akan mendatar dan memudahkan pemeriksaan. Lakukan hal yang sama pada payudara kanan.

Pemeriksaan no. 4 dan 5 akan lebih mudah dilakukan ketika mandi.

Pengobatan

Fibroadenoma akan berhenti tumbuh atau bahkan mengecil dengan sendirinya. Jika fibroadenoma terus tumbuh, maka sebaiknya dilakukan dengan cara pembedahan atau operasi pengangkatan benjolan tersebut.

**

Demikian beberapa hal yang penting diketahui mengenai fibroadenoma. Lakukan gaya hidup sehat dan hindari mengkonsumsi makanan cepat saji untuk menjauhkan Anda dari berbagai jenis kanker yang akan membahayakan tubuh.

Lakukan pemeriksaan segera jika Anda mendeteksi terjadinya benjolan di sekitar payudara. Semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *