Menari, Olahraga Menarik untuk Kebugaran Tubuh

MenariLatihan gym rutin setiap harinya akan memberikan rasa bosan saat harus melakukannya berulang-ulang dikarenakan kurangnya eksplorasi dari gym atau yoga sehingga akan mendatangkan kebosanan.

Oleh karena itu, saat ini olahraga banyak dipadukan dengan tarian yang akan tampak menarik dibandingkan harus malakukan gym atau yoga. Tarian tidak hanya memberikan kepuasan atau kebahagiaan saat melakukannya tetapi juga memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh Anda.

Berikut adalah 5 alasan mengapa menari menjadi salah satu jenis olahraga yang baik untuk kebugaran tubuh.

1. Latihan Lengkap

Ketika sedang gym, kita sering berkonsentrasi hanya pada jenis latihan tertentu. Sedangkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, penting untuk mencakup semua aspek dalam melakukan olah raga.

Dengan berbagai jenis gerakan yang terdapat dalam sebuah dance atau tarian, maka secara tidak langsung akan membuat tubuh bergerak secara keseluruhan sehingga Anda akan melatih tubuh secara aerobik dan anaerobik .

2. Menarik

Menari tidak akan pernah membuat Anda merasa bosan karena faktor pendukung seperti musik yang digunakan akan berubah di setiap beberapa gerakan. Jika Anda tidak menyukai lagu-lagu khusus dance, Anda juga dapat mengkreasikannya sendiri sehingga secara tidak langsung mengeksplorasi bakat Anda.

READ:  Khasiat dan Manfaat Tanaman Lengkuas

Begitu juga dengan jenis tarian atau dance dasar yang dilakukan, jika Anda merasa bosan maka padukan beberapa tarian yang dapat diciptakan sendiri menurut pemikiran atau ide yang Anda dapatkan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh didapatkan dari kemampuan otot yang bekerja pada waktu yang lama untuk menghindarkan Anda dari rasa lelah.

Menari atau dance secara rutin dapat memberikan tekanan besar pada otot-otot yang lelah sehingga akan meningkatkan kembali semangat dan kemampuan otot, yang nantinya akan meningkatkan stamina.

4. Melatih Fleksibilitas Tubuh

Tubuh yang fleksibel diperlukan untuk setiap jenis tarian.Selama melakukan gerakan dance, tubuh mengalami beberapa pose dan postur yang tidak pernah ditemukan sebelumnya sehingga akan membuat tubuh menjadi sedikit kaku dan menyebabkan peningkatan besar fleksibilitas pada otot Anda.

Saat melakukan tarian sebagai suatu olahraga untuk kebugaran tubuh maka secara tidak langsung akan meningkatkan fleksibilitas tubuh yang akan mengurangi kemungkinan keseleo pada otot saat melakukan aktivitas keseharian Anda.

5. Siapa Saja Bisa Menari

Untuk bisa menari tidak diperlukan  pertimbangan umur atau peralatan khusus yang harus digunakan. Menari atau dance dapat dilakukan dimana saja yang membuat Anda merasa lebih bebas dan nyaman.

READ:  Inilah 5 Makanan Penghilang Rasa Ngantuk

Jika Anda mulai menari atau dance dari usia yang sangat dini, maka manfaat besar akan didapatkan saat mulai beranjak dewasa. Di samping itu akan memberikan manfaat kesehatan saat memasuki usia senja.

**

Demikian beberapa alasan mengapa menari atau dance baik untuk dijadikan sebagai salah satu aktivitas olahraga Anda. Menari akan memberikan rasa senang dan bahagia, di samping itu banyak manfaat yang akan didapatkan.

Tidak diperlukan waktu khusus saat melakukannya, cukup bekali diri Anda dengan banyak minum air mineral saat melakukan dance  untuk menghindarkan Anda dari dehidrasi.

Selain itu ada baiknya untuk melakukan beberapa gerakan pemanasan untuk membuat beberapa bagian otot lebih sehingga nantinya tidak kaku saat melakukan beberapa jenis tarian. Semoga bermanfaat.