6 Tips Mengubah Rumah Anda Menjadi Kantor

 Mengubah Rumah Anda Menjadi KantorJika Anda memulai suatu bisnis rumah tangga atau lebih sering melakukan pekerjaan di rumah pastinya Anda memerlukan sebuah pemikiran bagaimana cara membuat sebuah ruangan yang akan terasa seperti kantor.

Nah, berikut akan kami bagikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat sebuah kantor dalam rumah yang akan membuat tingkat kinerja dan keseharian Anda tidak saling terganggu satu sama lain.

1. Pilih Ruangan Sesuai Dengan Kebutuhan

Bagian mana dari rumah yang akan dijadikan sebagai kantor sebaiknya dipilih sesuai dengan kebutuhan atau keperluan Anda.

Jika Anda memiliki bisnis yang mengharuskan Anda untuk bertemu dengan klien maka sebaiknya memilih ruang yang memiliki pintu masuk terpisah dengan beberapa ruangan di rumah Anda agar tidak mengganggu aktifitas keluarga.

Sedangkan jika Anda memiliki bisnis yang hanya berada depan komputer saja, maka sebuah ruangan kecil dengan meja dan kursi sudah cukup untuk dijadikan sebagai tempat kerja.

2. Pemilihan Furniture

Jangan hanya mengandalkan sofa yang berada di ruang tamu dan menggunakan tablet saja saat akan bekerja. Hal ini akan terasa kurang nyaman saat dilakukan dan membuat Anda merasa cepat lelah.

READ:  Bisnis Apa yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga?

Jika Anda telah mendapatkan sebuah ruangan yang pas untuk dijadikan sebagai tempat kerja, maka pemilihan peralatan pelengkap seperti meja, kursi atau beberapa rak untuk meletakkan bebeerapa dokumen penting untuk diperhatikan.

Misalnya saja untuk pemilihan kursi dan meja harus sesuai dan nyaman untuk digunakan agar tidak menyebabkan rasa nyeri pada leher atau tulang punggung nantinya.

3. Komunikasi yang Berbeda

Saat Anda telah memilih untuk bekerja di rumah, maka saluran telepon merupakan salah hal yang perlu untuk dipikirkan. Gunakan nomor telepon yang berbeda dengan rumah Anda dalam menghubungi klien untuk menghindarkan gangguan jika saja Anda mendapat telepon dari keluarga atau teman.

Selain itu, nomor yang berbeda juga akan lebih memudahkan Anda untuk menghubungi klien atau meninggalkan pesan.

4. Memilih Dekorasi Kantor Sesuai Selera

Nah, untuk yang satu ini akan terasa lebih menyenangkan karena Anda dapat memilih sendiri dekorasi seperti warna cat atau lantai yang akan digunakan tannpa harus meminta persetujuan dari atasan karena Anda adalah bos untuk kantor Anda sendiri.

READ:  Menggunakan Jejaring Sosial Sebagai Alat Customer Service

Anda dapat memilih jenis wallpaper sesuai dengan warna kesukaan Anda, cat ataupun tempelan yang akan diletakkan pada dinding kantor. Kenyamanan dari ruang kerja akan meningkatkan mood atau suasana kerja Anda sepanjang hari.

Selain itu, Anda juga dapat mengganti dekorasi kantor jika saja sudah mulai terasa bosan.

5. Pencahayaan

Pencahayaan untuk rumah tinggal dan kantor akan berbeda. Tempat tinggal umumnya lebih banyak menggunakan pencahayaan dibandingkan ruangan kantor.

Untuk ruangan kantor sebaiknya gunakan lampu putih bukan kuning yang biasanya digunakan dalam rumah. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Pencahayaan dari lampu putih juga untuk memastikan bahwa mata tidak sakit saat bekerja di depan komputer sepanjang hari selama berjam-jam.

6. Gunakan Alat Tulis

Hanya karena Anda memiliki kantor di rumah, tidak berarti bahwa Anda kehilangan satu elemen yang akan menambah citra profesional Anda.

Buat beberapa kartu nama yang diletakkan di atas meja Anda untuk diberikan pada klien yang mengunjungi Anda. Pastikan bahwa semua alat tulis terdapat logo bisnis yang sedang Anda jalani saat ini.

READ:  6 Cara Menumbuhkan Jiwa Bisnis Pada Anak

**

Demikian beberapa tips yang dapat menjadi bahan pertimbangan jika saja Anda ingin menggunakan rumah sebagai kantor. Saat Anda membuat kantor di rumah, pastikan untuk memisahkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan Anda walaupun Anda bekerja dalam rumah. Semoga bermanfaat.