10 Makanan yang Dapat Mengurangi Berat Badan

Makanan yang Dapat Mengurangi Berat BadanDiet kerapkali dilakukan oleh mereka yang mengalami obesitas dengan tujuan mengurangi berat badan. Sebagian besar wanita membatasi konsumsi segala jenis makanan tanpa peduli dengan kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh.

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis makanan yang justru dapat mengurangi berat badan Anda? Apa saja makanan tersebut?

Inilah 10 makanan yang dapat membantu mengurangi berat badan Anda.

1. Buah Apel

Ternyata buah apel tidak hanya sumber vitamin A dan C yang baik melainkan juga menjadi salah satu jenis makanan yang dapat mengurangi berat badan. Buah apel mengandung zat anti oksidan yang dapat melancarkan metabolisme dan mencegah terjadinya penumpukan lemak pada bagian perut.

Oleh sebab itu apel baik dikonsumsi sebagai camilan, makanan penutup dan bahkan sebagai hidangan pembuka.

2. Daging Sapi

Banyak yang salah mengira bahwa mengonsumsi daging sapi buruk bagi diet. Ternyata hal tersebut salah, yang dapat menyebabkan kelebihan badan adalah karbohidrat dan bukan daging sapi karena daging sapi kaya akan protein yang baik bagi otak dan pembentukan otot.

READ:  Apa Berat Badan Sehat untuk Usia Anda?

Menu daging sapi baik untuk disajikan malam hari sebagai steak (tanpa karbo seperti kentang atau nasi) untuk mengurangi berat badan Anda.

3. Telur

Ternyata telur juga sama seperti daging sapi, telur juga mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan tubuh. Saat diet, Anda cenderung mengurangi asupan karbo Anda.

Tetapi jangan mengurangi asupan protein Anda. Telur mata sapi atau telur dadar baik disajikan sebagai menu sarapan bagi Anda yang sedang diet.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik untuk membakar kalori (terutama yang berada di wilayah perut). Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau juga mengandung banyak serat yang dapat melancarkan pencernaan dan buang air besar serta memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Oleh sebab itu, mereka yang banyak mengonsumsi kacang-kacangan terbebas dari masalah perut buncit dan obesitas.

5. Salmon

Selain baik bagi jantung ternyata salmon juga baik untuk pembakaran kalori dalam tubuh. Hal ini karena salmon membantu pembentukan insulin sehingga semakin banyak salmon yang Anda makan maka akan semakin banyak kalori Anda yang berubah menjadi otot dan tenaga.

READ:  8 Tips Sehat Menurunkan Berat Badan

6. Blueberry

Blueberry mengandung 3,6 gram serat per cangkir. Itulah mengapa blueberry baik untuk mengurangi berat badan Anda. Blueberry membantu pembuangan zat yang tidak dibutuhkan tubuh sehingga mencegah perut Anda membuncit.

7. Cabai

Salah satu alasan Anda menjadikan masakan Anda pedas adalah karena cabai mengandung senyawa bernama capsaicin yang memiliki efek thermogenic, sehingga tubuh Anda membakar kalori lebih banyak setelah 20 menit mengonsumsi cabai.

8. Yogurt

Yogurt membantu kelancaran pencernaan yang membuat Anda tidak lagi mengalami penimbunan zat-zat sampah dalam perut dan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan karbohidrat. Selain itu yogurt juga membantu kestabilan kadar gula dalam darah Anda.

9. Sarden

Mengonsumsi ikan sarden sangat baik bagi kesehatan. Ikan sarden sangat kaya akan protein, kalsium dan juga omega 3. Zat tersebut sangat baik untuk kesehatan otak dan pertumbuhan sel tubuh.

Mengonsumsi sarden dapat membantu memberi asupan yang dibutuhkan tubuh tanpa takut menjadi gemuk.

10. Alpukat

Jangan biarkan rasa kenyang yang dihasilkan seusai mengonsumsi alpukat menakut-nakuti Anda. Alpukat terbukti memberi rasa kenyang, memberikan kalori yang tinggi sehingga Anda mampu beraktivitas tetapi tidak akan membuat Anda gemuk.

READ:  Apa itu Sel Punca?

**

Bagaimana? Anda ternyata masih dapat menikmati beragam hidangan enak tanpa takut kelebihan berat badan Anda. Semoga bermanfaat.