Manfaat Kesehatan Menakjubkan dari Kunyit

Manfaat Kesehatan Menakjubkan dari KunyitKunyit, rempah-rempah berwarna kuning, merupakan bagian dari keluarga jahe dan telah menjadi pokok dalam masakan Asia Timur Tengah dan Tenggara selama ribuan tahun.

Selain itu, obat-obatan ayurveda dan Cina memanfaatkan kunyit untuk membersihkan infeksi dan radang pada bagian dalam dan luar tubuh. Tapi di luar komunitas kesehatan holistik, praktisi medis Barat juga telah mengenali manfaat kunyit.

Menghambat Kanker

Dokter di UCLA baru-baru ini menemukan bahwa kurkumin, komponen utama dalam kunyit, muncul untuk menghambat enzim yang mendorong pertumbuhan kanker kepala dan leher.

Dalam studi tersebut, 21 subjek dengan kanker kepala dan leher mengunyah dua tablet yang mengandung 1.000 miligram kurkumin. Sebuah laboratorium independen di Maryland mengevaluasi hasil dan menemukan bahwa enzim yang mempromosikan kanker di mulut pasien dihambat oleh kurkumin dan dengan demikian mencegah perkembangan penyebaran sel-sel ganas.

Antioksidan Kuat

Medical Center di University of Maryland juga menyatakan bahwa sifat antioksidan kuat dalam kunyit melawan radikal bebas penyebab kanker, mengurangi atau mencegah beberapa kerusakan yang dapat diakibatkan radikal bebas.

READ:  14 Makanan Super Pencegah Kanker Payudara

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, penelitian awal telah menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu mencegah atau mengobati beberapa jenis kanker, termasuk prostat, kulit dan usus.

Anti-Inflamasi Potensial

Dr. Randy J. Horwitz, direktur medis dari Arizona Center for Integrative Medicine dan asisten profesor kedokteran klinis di University of Arizona College of Medicine di Tucson , menulis makalah untuk American Academy of Pain Management yang membahas manfaat kesehatan kunyit.

“Kunyit adalah salah satu anti-inflamasi alami yang paling ampuh yang ada,” Horwitz menyatakan dalam makalah, seperti dilansir dari MNN.

Dia kemudian mengutip studi 2006 di University of Arizona yang meneliti efek kunyit yang disuntikkan pada tikus dengan rheumatoid arthritis. Menurut Horwitz, pra-perlakuan dengan kunyit benar-benar menghambat timbulnya rheumatoid arthritis pada tikus.

Selain itu, studi ini menemukan bahwa menggunakan kunyit untuk rheumatoid arthritis yang sudah ada mengakibatkan penurunan gejala yang signifikan.

Mentah adalah Yang Terbaik

Natalie Kling, ahli gizi berbasis di Los Angeles, mengatakan awalnya dia belajar tentang manfaat kunyit untuk mendapatkan gelar dari Natural Healing Institute of Neuropathy. “Sebagai anti-inflamasi, antioksidan dan antiseptik, tanaman ini sangat kuat,” katanya.

READ:  Amankah Kedelai Dalam Produk Perawatan Kulit Selama Kehamilan?

Kling merekomendasikannya kepada klien untuk nyeri sendi dan mengatakan bahwa ketika diambil sebagai suplemen, kunyit membantu dengan cepat. Dia menyarankan menambahkan kunyit pada makanan bila memungkinkan dan menawarkan tips ini mudah.

“Mentah adalah yang terbaik,” katanya. “Membubuhinya pada sayuran atau mencampurkannya pada saus adalah cara yang cepat dan efektif.”

Jika Anda memasak, pastikan untuk menggunakan sejumlah kecil lemak sehat seperti minyak kelapa untuk memaksimalkan rasa. Kling juga merekomendasikan menggosok kunyit pada daging dan memasukkannya ke dalam kari dan sup.

“Kunyit harganya terjangkau, rasanya ringan, dan bermanfaat dalam setiap sistem dalam tubuh,” kata Kling. “Menambahkan tanaman ampuh ini ke dalam makanan Anda adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan jangka panjang.”