5 Resep Hot Cocoa Sehat

Hot CocoaJika ada kontes untuk sesuatu yang paling hangat di dunia, hot cocoa pasti akan menjadi juaranya, bersama dengan boneka beruang dan sweater nyaman.

Hot cocoa dapat menghangatkan tubuh yang kedinginan dan mengembalikan kenangan nostalgia. Dan lebih dari itu, memiliki manfaat kesehatan yang melimpah, memiliki antioksidan tiga kali lebih banyak dari teh hijau!

Mengkonsumsinya juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan antioksidan, tetapi jika Anda tidak menggunakan resep sehat, manfaat nutrisi pembangkit tenaga listrik kakao dapat dinegasikan dengan efek penyakit akibat terlalu banyak gula dan sejumlah bahan-bahan sintetis.

Bahan utama campuran dalam hot cocoa paling komersial ialah gula, diikuti dengan sirup jagung, kakao yang sebenarnya bersembunyi di suatu tempat di tengah-tengah daftar bahan polisilabik.

Bahkan, di panel gizi suatu merek yang paling populer mengungkapkan bahan-bahan yang ada dalam secangkir kakao sederhana: minyak kelapa terhidrogenasi, minyak sawit terhidrogenasi parsial, gelatin, perasa buatan, sodium hexametaphosphate, blue 1, dipotassium phosphate, sodium aluminosilicate, sukralosa, natrium fosfat, dan acesulfame potassium diantaranya. Siapa yang mau meneguk secangkir minuman panas itu?

Di Amerika Serikat, istilah hot cocoa dan hot chocolate tampaknya digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya keduanya berbeda. Hot cocoa dibuat dengan melarutkan bubuk kakao dalam air panas atau susu, sementara hot chocolate melibatkan lelehan sepotong cokelat ke dalam cairan panas.

READ:  6 Tips Alami Mengatasi Mata Lelah

Minuman cokelat, yang sering disebut hot cocoa di Eropa, sama dengan hot chocolate. Hot chocolate menghasilkan minuman yang lebih kaya dibanding hot cocoa karena cokelat memiliki cocoa butter di dalamnya, sehingga ada lebih banyak lemak. Sedangkan pada bubuk kakao, lemaknya telah dihilangkan.

Berikut adalah 5 resep sehat untuk mendapatkan semua nutrisi yang ditawarkan cokelat:

Dalam semua resep di sini Anda dapat bermain-main dengan proporsi, menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit pemanis seperti yang Anda inginkan – dan Anda juga dapat mencampur dan mencocokkan susu, karena ini dikembangkan sehingga baik susu atau susu kacang dapat digunakan.

Semua ini akan menghasilkan satu atau dua porsi kecil biasa, Anda bisa melipatgandakannya.

1. Traditional Hot Chocolate

Ini adalah satu-satunya resep yang mencakup potongan cokelat, yang seperti yang disebutkan sebelumnya, menciptakan minuman dengan lebih banyak lemak.

1 cangkir susu (atau susu kacang)
1/2 kacang vanili, retakkan
3 ons cokelat susu, potong kecil-kecil

Panaskan susu hingga mendidih dalam panci sedang, tambahkan vanili, dan diamkan selama 10 menit. Saring susu dan panaskan kembali. (Anda dapat mengganti dengan 1/4 sendok teh ekstrak vanili dan melewati proses seduhan.) Kocok dalam cokelat hingga meleleh dan berbusa. Sajikan, selamat menikmati!

2. Dried Plum Cocoa

Ya, Anda bisa menyebutnya sebagai “smoothie prem panas.” Yang satu ini sangat tebal dan kaya. Ia berisi dosis sehat serat, antioksidan, vitamin dan mineral.

READ:  Tips Terlihat Lebih Muda Secara Alami Dalam 10 Hari

1 cangkir susu almond (atau susu biasa)
3 prem sedang
2 sendok makan bubuk dark cocoa
1 jumput garam
1/4 sendok teh vanili

Masukkan semua bahan dalam blender dan haluskan hingga benar-benar halus, panaskan dengan halus dalam panci di atas kompor. Voila!

3. Coconut Hot Cocoa

Entah bagaimana, mencampurkan produk-produk dari pohon tropis – santan dan kurma – tampak salah dalam membuat minuman yang sempurna untuk dinikmati di sore yang dingin.

Tapi untuk makanan bebas susu, bebas gula, bebas kacang, resep ini mungkin sedekat nirwana kakao. Jika Anda memiliki bahan yang dibutuhkan, versi ini super menyehatkan dan lezat.

3 sendok makan santan kaleng
3/4 cangkir air
3 kurma Medjool lembut
1 sendok makan bubuk kakao
kayu manis yang sudah dihancurkan

Masukkan semua bahan dalam blender dan haluskan hingga sangat halus, panaskan dengan lembut dalam panci di atas kompor. Sesap dan nikmati!

4. Maple Cocoa

Sirup maple adalah salah satu senjata terbaik bagi juru masak dalam memasak sehat, menghindari gula rafinasi. Resep ini enak dengan susu regular rasa netral, tapi Anda juga dapat menggunakan alternatif susu yang Anda inginkan.

1 cangkir susu
2 sendok makan kakao
1 sendok makan sirup maple
1 sendok teh ekstrak vanili
1 jumput garam

Campurkan bahan dalam panci sedang dan hangatkan dengan api sedang-rendah, aduk hingga berbusa dan panas.

READ:  6 Tes Kesehatan Rutin Untuk Wanita

5. Mexican Hot Cocoa

Minuman cokelas asli buatan Suku Maya rasanya pahit dan dingin.
Namun hot cocoa di Meksiko dan alam selatan lainnya tetap panas. Well, cokelat dan rempah dapat menyatu seperti pada pasangan rasa lainnya.

1 cangkir susu kedelai (atau susu biasa)
1 sendok makan Sucanat (lihat catatan)
2 sendok makan cokelat bubuk
1/2 sendok teh ekstrak vanili
1 jumput garam
1 jumput kayu manis
1 jumput (atau lebih!) cayenne

Campurkan bahan dalam panci sedang dan hangatkan dengan api sedang-rendah, aduk hingga berbusa dan panas. Katakan “salud” pada Suku Maya yang menemukan minuman cokelat!

Catatan: Sucanat adalah nama dagang untuk “Sugar Cane Natural” (tebu alam), gula tebu non-olahan yang dibuat dengan menghancurkan tebu, mengekstraksi sari buah kemudian dipanaskan dan dikeringkan.

Ini merupakan pemanis yang lebih sehat daripada gula halus – tetapi jika Anda tidak memilikinya, sirup agave, stevia, atau gula biasa dapat digunakan sebagai pengganti.