Beragam Manfaat Timun untuk Mata

Manfaat Timun untuk MataSayuran yang satu ini tentunya sudah sangat familiar di meja makan kita. Selain bisa diolah dengan berbagai cara, sayuran yang memiliki nama latin Cucumis Sativus L ini biasanya lebih lazim disantap mentah atau lalap.

Harganya murah dan terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Juga karena cara menanamnya mudah, sayuran ini pun bisa mudah didapat di mana saja dan tersedia hampir di seluruh musim.

Selain enak dan super segar untuk dilalap, sayuran mentimun ini yang kadang juga disebut buah mentimun atau timun, telah dikenal secara tradisional sebagai obat mata. Bisa mengobati mata lelah, mata bengkak atau mata merah.

Dalam komposisinya yang hampir 95% cairan itu, terdapat zat-zat yang dikenal baik sebagai pencegah retensi air di dalam tubuh. Zat ini juga ampuh untuk mengatasi peradangan kulit serta mencegah iritasi sekaligus mengatasinya.

Zat-zat yang menjadi pengobat itu adalah asam askorbat, vitamin C dan caffeic acid yang bisa ampuh menghilangkan kantung mata dan mengurangi kelelahan bahkan mampu meredakan dan menetralisir mata bengkak ataupun sembab.

READ:  Kulit Jeruk, Rahasia Wajah Sehat Bersinar

Berikut tata cara penggunaan mentimun dalam perawatan mata:

1. Mata Gelap

Jika seputar mata anda lebih gelap dari warna kulit wajah atau sering disebut sebagai lingkaran gelap di bawah mata, itu artinya mata anda lelah dan kurang istirahat. Atasi dengan mengompresnya memakai irisan mentimun.

Letakkan dua iris tipis mentimun di atas kelopak mata. Lakukan tiap hari hingga seputar mata menjadi normal warnanya dan merata. Lamanya pengaplikasian kurang lebih 20 menit.

2. Mata Lelah

Mata lelah bisa disebabkan oleh kurangnya istirahat atau tidur yang tak cukup. Tetapi bisa juga disebabkan karena mata terlalu lama kontak dengan layar yang memancarkan radiasi seperti layar komputer, laptop dan kadang tv.

Mata lelah inipun bisa diatasi dengan si timun. Caranya, sama dengan pengobatan untuk mata gelap, yakni meletakkan irisan tipis mentimun di atas kelopak mata. Biarkan si mata lelah menikmati kesegaran buah mentimun hingga 20 menit dan rasakan bedanya.

3. Mata Sembab

Mata sembab dan bengkak bisa terjadi karena mungkin si penderita menangis terlalu lama atau bisa juga disebabkan oleh masuk angin. Selain itu, pembengkakan di sekitar mata ini bisa juga disebabkan oleh terganggunya proses peredaran darah di sekitar mata.

READ:  5 Pilihan Gaya Sanggul untuk Rambut Panjang

Pada kasus lain, pembengkakan daerah mata ini bisa juga merupakan pengaruh pemakaian obat kimiawi yang terserap karena orang tersebut sedang dalam perawatan atau pengobatan.

Salah satu penyebabnya juga bisa dari pemakaian obat tetes mata yang seringkali justeru mengandung banyak steroid. Alih-alih mengatasi keluhan mata, steroid ini justeru bisa menjadi sumber keluhan baru bagi mata. Maka satu-satunya cara yang paling aman buat keluhan mata sesungguhnya adalah buah timun ini.

Untuk mata sembab inipun, bisa dilakukan pengobatan seperti keluhan mata lainnya, yakni dengan meletakkan irisan mentimun di atas kelopak mata selama 20 ment.

Satu hal yang penting dan harus diperhatikan ketika melakukan pengompresan mata dengan timun ini adalah, mata harus terpejam kuat agar cairan mentimun tidak masuk ke dalam mata karena bisa jadi ada mikroba yang hidup dan tak steril sehingga menyebabkan jamur.

Konon sekarang sudah tersedia pula gel khusus untuk keluhan mata yang bersumber dari mentimun murni dan sangat steril. Lebih praktis setidaknya.