Perawatan Terbaik untuk Si Kulit Sensitif Berjerawat

 Kulit Sensitif BerjerawatPunya kulit sensitif berjerawat? Tentunya jenis kulit yang satu ini memerlukan perawatan sedikit ekstra karena biasanya kulit sensitif akan lebih cepat bereaksi ketika melakukan perawatan, entah itu kulit menjadi kering atau malah iritasi.

Namun, jangan khawatir pemilik kulit sensitif berjerawat pun masih bisa mendapatkan kulit yang cerah bersinar tanpa jerawat.

Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan proses washing, exfoliating, cleansing, toning dan moisturizing pada kulit sensitif Anda.

Hal yang perlu diperhatikan adalah karena kulit Anda memerlukan perawatan spesial untuk mengatasi jerawat tanpa menyebabkan kulit kering atau iritasi, hindari penggunaan produk yang memiliki aroma/parfum, atau yang membuat perasaan kulit terbakar. Pastikan produk perawatan Anda bersifat lembut dan HYPOALLERGENIC.

1. Cleansing

Lakukan perawatan mencuci muka seperti biasa menggunakan hypoallergenic cleanser, hindari penggunaan cleanser berbahan sabun (soap) terutama yang memiliki aroma.

Cucilah muka Anda dengan lembut dan perlahan, jangan menggosok-gosokkannya terlalu keras karena ini akan memicu iritasi pada kulit. Produk berbahan tea tree, chamomile, dan aloe vera bisa membantu mencegah iritasi sekaligus membuka pori-pori agar bersih sempurna.

READ:  10 Tips dan Cara Merawat Kulit Sensitif

Penggunaan produk perawatan berbahan alcohol dan salicylic acid sebaiknya dihindari karena kulit sensitif sangat reaktif pada bahan-bahan ini.

2. Exfoliating

Sebenarnya untuk tahapan yang satu ini tidaklah terlalu dianjurkan untuk pemilik kulit sensitif karena hal ini justru akan menghilangkan perlindungan alami kulit berminyak. Bahkan bisa menyebabkan timbulnya jerawat karena bakteri yang menyebar melalui proses exfoliating.

Namun jika Anda ingin sesekali melakukan exfoliating, lakukan dengan hati-hati dan hindari penggunaan scrub atau pembersih berbahan kasar.

3. Toning

Setelah melakukan langkah cleansing, gunakanlah toner pada wajah Anda agar kulit benar-benar bersih. Selain menyegarkan kulit, toner akan membantu kulit Anda tidak terlalu kering karena efek sabun muka.

4. Moisturizing

Untuk melindungi kulit sensitif, penggunaan pelembab tetaplah dibutuhkan. Sama dengan produk cleansing, pelembab untuk kulit sensitif dianjurkan memiliki bahan-bahan alami dan tidak memiliki aroma.

Hindari pelembab yang memiliki kandungan paraben, alumunium, alpha-hydroxy-acid, beta-hydroxy-acid yang akan memicu timbulnya iritasi dan kemerahan pada kulit.

Bahan alami seperti tea tree oil, aloe vera, lavender oil sangat dianjurkan karena bersifat menyejukkan kulit dan menyembuhkan kulit berjerawat. Pastikan juga bahan tabir surya terkandung di pelembab Anda karena ini bisa mengurangi efek kemerahan karena sinar matahari

READ:  6 Tips Mengajak Pasangan Menemani Anda Berbelanja

**

Untuk kulit sensitif berjerawat, perawatan dari dalam saja tidaklah cukup. Perawatan dari dalam seperti menjaga pola makan sangatlah penting.

Perbaikilah pola makan Anda dengan menghindari makanan yang berpengawet dan yang memiliki kandungan toxin sehingga dengan sendirinya hormon tubuh Anda akan terkontrol dengan baik.

Nah, jika Anda penasaran untuk melihat secara langsung bagaimana merawat kulit sensitif berjerawat dengan benar, Anda bisa langsung melihat video berikut ini. Selamat mencoba.