Penyakit Tipus, Kenali Gejala dan Pengobatannya

Penyakit TipesApakah Anda termasuk orang yang menyukai jajanan di pinggir jalan dan suka lupa mencuci tangan sebelum makan? Jika ya, Anda harus waspada karena Anda bisa terkena penyakit Tipus.

Ingin tahu lebih lanjut hal apa yang bisa menyebabkan penyakit Tipus, seperti apa gejalanya dan pengobatannya, berikut penjelasannya.

Apa itu penyakit Tipus?

Penyakit Tipus merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhii.

Bakteri ini banyak dijumpai di lingkungan yang kotor, air yang kotor hingga makanan yang tercemar sehingga penularannya akan melalui media-media tersebut.

Gejala penyakit Tipus

Orang yang sudah terinfeksi oleh bakteri Salmonella typhii ini biasanya akan menunjukkan tanda-tanda berupa:

1. Demam (39°-40°C),

Suhu tubuh penderita Tipus akan cenderung naik dan bisa mencapai 39°-40°C dalam kurun waktu 3 minggu. Pada pagi hari suhu tubuh akan menurun tetapi menjelang sore dan malam hari suhu tubuh akan langsung naik.

2. Lidah berwarna putih

Lidah bagian tengah penderita Tipus akan tertutup oleh selaput putih kotor sedangkan bagian pinggirnya akan berwarna kemerahan. Dan jika si penderita menjulurkan lidahnya maka lidah akan terlihat mengalami tremor (lidah bergetar).

READ:  Apa itu Psoriasis?

3. Gangguan saluran pencernaan

Penyakit Tipus akan menyerang sistem pencernaan si penderita, sehingga penderita akan merasakan perut kembung dan nyeri pada hati dan limpa terutama jika bagian tersebut diraba. Perubahan pola buang air besar (BAB) pun bisa terjadi dalam dua kemungkinan: terkena diare atau tidak bisa BAB sama sekali.

4. Badan lemas, pusing hingga kehilangan kesadaran

Karena badan penderita mengalami demam tinggi yang akan berakibat ke badan terasa lemas, lesu dan nyeri pada kepala (pusing). Demam yang tinggi juga menyebabkan tubuh menjadi kehilangan kesadaran walaupun tidak sampai pada tahapan koma.

5. Timbul bintik merah

Pada beberapa kasus, ditemukan bintik-bintik merah di kulit, mirip dengan gejala demam berdarah. Sehingga gejala penyakit ini sering tertukar dengan demam berdarah.

Pengobatan penyakit Tipus

Pengobatan pertama yang biasa diberikan adalah pemberia antibiotik seperti ampicillin, kloramfenikol, dan ciprofloxacin. Selain pemberian antibiotik, pemberian kapsul cacing tanah sekarang ini cukup populer dan ampuh untuk mengobati Tipus.

Selama masa pengobatan, dianjurkan penderita makan makanan halus saja dan hindari makanan berserat dan pedas yang akan membuat kerja usus semakin berat.

READ:  Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat

**

Walaupun angka kematian yang disebabkan penyakit Tipus tidaklah setinggi demam berdarah, Anda juga patut waspada akan penyakit ini.

Jika timbul gejala-gejala seperti disebutkan di atas, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Jangan coba-coba menyepelekan penyakit ini karena jika dibiarkan bakteri Salmonella typhii bisa menyerang hingga ke paru-paru yang akan berakibat fatal.

Selalu jaga kebersihan lingkungan Anda, hindari jajan makanan sembarangan dan cucilah tangan sebelum makan.