7 Fakta Multiple Sclerosis yang Perlu Anda ketahui

Fakta Multiple SclerosisMultiple sclerosis adalah suatu penyakit yang menyerang sistem syaraf. Dalam tubuh Anda terdapat zat myelin yang merupakan lapisan pelindung pada setiap syaraf.

Jika tubuh terserang penyakit ini maka lapisan myelin tersebut akan dirusak oleh kesalahan sistem imun sehingga terjadilah kondisi yang disebut dengan mutiple sclerosis.

Ada beberapa fakta yang berhubungan dengan multiple sclerosis. 7 fakta di antaranya adalah:

1. Multiple sclerosis adalah penyakit kronis

Penyakit ini disebut kronis karena belum ditemukan obatnya hingga saat ini.

Sekitar dua juta orang yang terserang multiple sclerosis di seluruh dunia memilki harapan hidup yang lebih lama bila disertai terapi dan pengobatan yang tepat, namun sebagian kecil di antaranya memiliki sejumlah komplikasi penyakit yang membuat multiple sclerosis semakin sulit disembuhkan dan hanya mampu bertahan hidup dalam waktu yang relatif singkat.

2. Gejala yang Beragam

Kebanyakan kasus multiple sclerosis diawali dengan gejala yang beragam seperti masalah penglihatan, hilang keseimbangan, sulit bicara dan sulit bergerak.

Tidak ada gejala yang benar-benar sama pada setiap penderita penyakit ini. Setiap gejala dapat datang dan pergi dalam waktu yang cukup lama.

READ:  Bermain Futsal di Malam Hari, Berbahayakah?

3. Terjadi Berulang Kali dan Seolah Lenyap

Pasien yang mengalami multiple sclerosis akan mengalami saat dimana gejala muncul berulang kali dan gejala tidak muncul sama sekali seolah-olah lenyap.

Bila gejala tidak muncul bukan berarti Anda terbebas dari multiple sclerosis. Sistem imun Anda tetap merusak zat myelin dalam tubuh Anda. Penggunaan obat-obatan dan terapi yang tepat dapat mengurangi gejala multiple sclerosis.

4. Dampak dari Sisi Kognitif

Pasien dengan multiple sclerosis akan memiliki kesulitan berfikir, tidak dapat memikirkan kata-kata yang tepat saat berbicara, sulit konsentrasi dan gangguan lainnya.

Penderita juga dapat mengalami gangguan interaksi sosial dan gangguan emosional seperti mudah marah dan mudah stres. Hal ini wajar karena multiple sclerosis menyerang sistem syaraf mereka.

5. Penyakit Tersembunyi

Multiple sclerosis juga sering disebut dengan penyakit yang tersembunyi. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena gejala multiple sclerosis sulit dibedakan dengan gejala penyakit lainnya dan sulit diidentifikasi.

Bahkan saat gejalanya sudah lenyap, multiple sclerosis tetap bersarang di dalam tubuh pasien. Oleh sebab itu multiple sclerosis disebut dengan penyakit tersembunyi.

READ:  Terapi Baru Menjanjikan Untuk Multiple Sclerosis

6. Jauhi Suhu Panas

Ternyata gejala dari multiple sclerosis dapat bertambah buruk akibat beberapa faktor berkenaan dengan suhu panas seperti: terlalu terpapar sinar matahari, demam, berkeringat setelah olahraga dan mandi air hangat.

Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan kipas angin dan AC serta minum minuman dingin untuk mengurangi suhu panas pada tubuh.

7. Hubungannya dengan Vitamin D

Penelitian mengenai multiple sclerosis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara multiple sclerosis dengan vitamin D. Ternyata vitamin D mampu mencegah multiple sclerosis dan membantu mengurangi gejala multiple sclerosis.

Namun demikian, mendapatkan vitamin D dari sinar matahari dapat memunculkan reaksi gejala atas suhu panas. Oleh sebab itu, sumber vitamin D yang dianjurkan bagi penderita multiple sclerosis adalah susu, minyak ikan, salmon, tuna dan telur.

**

Sekian 7 fakta mengenai multiple sclerosis. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan membuat Anda semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan.