6 Cara Alami Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Cara Alami Tidur Lebih Nyenyak dan BerkualitasTidur adalah aktivitas yang diperlukan tubuh karena saat tidur, jaringan tubuh yang rusak diperbaiki.

Selain itu tidur juga dapat membuat otak lebih cerdas. Kurang tidur meningkatkan resiko tubuh terserang penyakit jantung dan kanker.

Anda memiliki masalah dengan tidur? Jangan buru-buru meminta resep pil tidur dari dokter. Mengonsumsi pil tidur dapat menyebabkan ketergantungan dan beragam resiko lainnya.

Ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, seperti:

1. Konsumsi Ikan

Ikan mengandung tryptophan yang ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Tetapi Anda perlu memerhatikan ikan yang Anda konsumsi karena terdapat bahaya kontaminasi dalam beberapa jenis ikan laut.

Makanan laut seperti udang, ikan tuna dan cumi mampu mengurangi masalah tidur Anda.

2. Susu Plus Protein

Tryptophan tidak hanya berasal dari makanan laut. Anda dapat mendapatkannya dari susu segar. Oleh sebab itu, beberapa jam sebelum waktu tidur, Anda dapat mencampur susu segar dengan cereal protein agar Anda bisa tertidur lebih cepat.

READ:  Adakah Manfaat Tidur Tanpa Mengenakan Pakaian?

3. Teh Hangat

Bila Anda merasa susu terlalu berat untuk dikonsumsi menjelang tidur, Anda mungkin boleh menggantinya dengan secangkir teh hangat sebelum tidur. Teh mampu memberikan rasa rileks yang dapat membuat tubuh lebih tenang dan lebih mudah terlelap.

4. Cherry

Penelitian menunjukkan, kue dan camilan ringan lainnya yang mengandung buah cherry baik bagi rileksasi tubuh dan membuat Anda lebih cepat mengantuk.

Jika Anda ingin tidur lebih nyenyak, Anda dapat mengonsumsi buah cherry atau beragam makanan lainnya yang mengandung buah cherry seperti kue dan jus.

5. Membaca Buku atau Mendengarkan Musik

Jika Anda sudah lama berbaring di tempat tidur namun tidak kunjung terlelap, berusaha terus memejamkan mata dan berbaring di kasur dapat membuat Anda stres dan stres membuat Anda semakin sulit tertidur.

Oleh sebab itu disarankan agar Anda merasakan “kelelahan” untuk membuat Anda lebih mudah tidur. Aktivitas yang disarankan adalah membaca atau mendengarkan musik sedangkan menonton televisi adalah hal yang sebaiknya dihindari.

READ:  Mengapa Atlet Harus Mengkonsumsi Buah Pisang?

6. Jauhi Gadget

Menggunakan handphone atau jenis gadget lainnya menjelang tidur dengan tujuan membuat Anda mengantuk tidak akan membantu sama sekali.

Penggunaan gadget justru akan membuat otak Anda bekerja, kecanduan dan penasaran sehingga membuat Anda terjaga lebih lama.

Jika Anda sudah dapat tidur lelap, maka ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan, yaitu:

1. Tidur Menyeimbangkan Tekanan Darah

Jika Anda mengalami sulit tidur maka Anda beresiko terserang hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan tidur membantu tekanan darah menjadi stabil dan menyehatkan jantung Anda.

2. Rumah Tangga yang Lebih Harmonis

Survey menunjukkan bahwa kualitas tidur mampu meningkatkan keharmonisan rumah tangga.

Wanita yang memiliki kualitas tidur yang baik mampu mengendalikan emosi dan mengerjakan tanggung jawabnya pada keluarga lebih baik dari mereka yang kurang tidur.

3. Terhindar dari Stres

Riset tahunan yang dilakukan menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat kecemasan Anda meningkat dan membuat Anda stres. Sebaliknya, tidur yang berkualitas dan cukup dapat membuat Anda terhindar dari stres.

READ:  5 Khasiat Biji bunga Matahari untuk Kulit dan Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan Mood dan Menyegarkan Ingatan

Tidur yang pulas bahkan hingga mimpi mampu meningkatkan mood positif Anda dikeesokan harinya dan mencegah Anda dari penyakit mudah lupa.

Hal ini disebabkan, saat Anda tertidur pulas jaringan otak Anda mengalami recovery dan menjadi lebih sehat.