6 Tanda Ada yang Salah pada Jantung Anda

kesehatan-jantungBelakangan ini, banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk melihat tanda-tanda adanya suatu kesalahan fungsi organ jantung sebelum serangan jantung atau penyakit jantung serius muncul.

Ada beberapa kesamaan gejala dari beberapa pasien yang mengidap penyakit jantung. Tanda-tanda tersebut dapat menjadi peringatan bagi Anda bahwa ada sesuatu yang berjalan tidak semestinya pada jantung Anda.

Apakah tanda-tanda tersebut? Ini dia 6 tanda bahwa ada yang salah dengan jantung Anda!

Loading...

1. Masalah Seksual

Banyak pasien yang sebelum mengalami serangan dan penyakit jantung mengalami masalah disfungsi seksual. Pada pria mereka akan sulit mengalami ereksi saat berhubungan seks sementara para wanita akan sangat sulit mencapai orgasme.

Masalah seksual ini terjadi akibat penyempitan pembuluh darah arteri dalam memompa darah menuju penis. Jika Anda atau pasangan mengalami masalah seksual berkelanjutan, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter.

2. Gangguan Pernafasan Saat Tidur

Jangan remehkan gangguan pernafasan saat Anda tidur seperti mengorok dan sleep apnea (nafas berhenti saat tertidur). Terutama bila gangguan tersebut sudah menganggu kualitas tidur Anda dan pasangan.

READ:  Apa itu Resveratrol?

Mengorok dapat menurunkan kadar oksigen dalam darah sehingga membuat oksigen dalam jantung juga berkurang, sementara sleep apnea yang terjadi dapat merusak bilik kanan jantung yang berusaha memompa darah lebih cepat ke dalam paru-paru (saat sleep apnea terjadi, paru-paru mengalami ketegangan dan hambatan jalan udara).

3. Rasa Sakit atau Pendarahan pada Gusi

Jangan remehkan rasa sakit, pembengkakan atau pendarahan pada gusi Anda. Masalah pada gusi lebih dari sekedar kuman yang bersarang di mulut. Bisa jadi masalah pada gusi adalah tanda sesuatu yang tidak baik terjadi pada jantung Anda.

Menurut penelitian, masalah pada gusi disebabkan oleh bakteri yang sama dengan bakteri yang mengotori pembuluh jantung. Oleh sebab itu konsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sangat perlu dilakukan.

4. Penumpukan Cairan

Apabila Anda sering mengalami pembengkakan pada kaki terutama di wilayah telapak kaki setelah menggunakan sepatu, bisa saja itu merupakan tanda dari jantung yang tidak sehat.

Mengapa? Pembengkakan tersebut terjadi akibat penumpukan cairan (edema) yang terjadi akibat jantung yang tidak cukup kuat untuk memompa darah di pembuluh kaki untuk mengangkut kotoran dari jaringan yang sudah rusak.

READ:  Bersihkan Rumah Dari Jamur!

Seringkali penumpukan cairan tersebut merupakan gejala awal dari gagal jantung.

5. Detak Jantung yang Tidak Normal

Jantung yang berdetak lebih cepat dari yang biasanya adalah tanda bahwa terjadi masalah dalam fungsi jantung yang memompa darah kembali ke jantung sehingga jantung akan berjuang memompa lebih cepat agar dapat melancarkan aliran darah.

Keadaan ini merupakan tanda dari masalah jantung koroner yang  dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

6. Sesak Nafas

Tanda awal dari penyakit jantung adalah kesulitan bernafas. Sesak nafas bisa merupakan tanda dari penyakit jantung maupun paru-paru (dibutuhkan pemeriksaan medis lebih lanjut untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi).

Sesak nafas yang lebih parah akan terjadi bila Anda berbaring atau saat malam tiba. Hal ini terjadi akibat jantung Anda lemah sehingga tidak mampu memompa darah yang menyebabkan darah yang membawa oksigen bergerak lamban dan tubuh kekurangan oksigen sehingga napas Anda menjadi pendek.

**

Sekian artikel ini. Semoga dapat menjadi artikel yang bermanfaat bagi Anda.