6 Manfaat Manis si Pahit Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun pepayaSiapa yang tak kenal lezatnya buah pepaya? Tumbuhan yang aslinya berasal dari Meksiko ini pada perkembangannya meluas hingga ke daerah-daerah tropis lainnya yang termasuk negara kita.

Tanaman dengan nama latin Carica Papaya ini tak diragukan lagi untuk dikonsumsi. Semakin lezat dimakan langsung, pepaya juga dapat di jus maupun dihindangkan bersama dengan buah-buahan tropis lainnya.

Tak hanya buahnya saja, tumbuhan pepaya juga dapat dimanfaatkan dari bunga, getah hingga daunnya. Beberapa ahli kesehatan herbal juga mengakui manfaat besar daun pepaya bagi kesehatan tubuh.

Loading...

Namun tak sedikit orang yang suka menjadikan daun pepaya sebagai obat. Rasa daunnya yang pahit membuat orang ragu untuk mengkonsumsinya sebagai jamu dan dalam bentuk lainnya.

Padahal, daun pepaya yang pahit tersebut memiliki beberapa kadungan baik bagi tubuh seperti protein yang baik, papain dan juga serat pangan.

Untuk mengetahui lebih jauh manfaat secara langsung kandungan-kandungan tersebut dalam tubuh, simak ulasan dari kami berikut.

1. Penambah nafsu makan

Beberapa dari orang dewasa hingga anak-anak memiliki nafsu makan yang rendah. Akibatnya, tubuh seseorang rentan terkena berbagai macam penyakit karena kurangnya asupan sehat bagi tubuh.

READ:  Apa itu Kemo Otak?

Daun pepaya dapat membantu menambah nafsu makan dengan meminum sarinya dengan cara menumbuk dan mencampurnya dengan sedikit garam agar rasa pahit berkurang, beri air panas dan saring hingga mendapat sarinya.

Cara lain untuk mengurangi pahitnya adalah dengan mencampurnya dengan madu. Minum secara rutin.

2. Melancarkan pencernaan

Tahukan anda senyawa karpain? Senyawa baik yang terkandung dalam daun pepaya ini mampu menuntaskan mikro organisme jahat dalam pencernaan yang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Anda dapat mengkonsumsi daun pepaya dengan cara ditumis.

3. Menghilangkan nyeri haid

Bagi wanita, nyeri haid memag sangat tak menyenangkan. Banyak dari mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu daripada memanfaatkan beberapa tanaman herbal.

Daun pepaya dapat menjadi pilihan tepat untuk mengurangi dan menyembuhkan nyeri haid. Caranya dengan membuat jamu daun pepaya. Rebus pepaya dalam air bersama asam jawa dan garam, saring dan minum sebelum hingga setelah masa haid berakhir.

4. Obat demam berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit membahayakan dan jika tak tertangani dengan baik, kondisi seseorang akan menjadi parah dan berakibat fatal.

READ:  Adakah Manfaat Tidur Tanpa Mengenakan Pakaian?

Selain dengan mengkonsumsi beberapa obat medis dan perawatan langsung, anda dapat memanfaatkan daun pepaya untuk setidaknya menghambat penyakit tersebut menyerang tubuh lebih lanjut.

Rebus sekitar 5 lembar daun pepaya muda dalam air, saring dan minum airnya. Cara ini dapat dilakukan 3 kali sehari.

5. Mengurangi jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit wajah yang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Bagi anda yang ingin mengobati jerawat secara alami, anda dapat memanfaatkan daun pepaya dengan cara menumbuk 2 lembar daun pepaya tua kering (telah dijemur) dan mencampurnya dengan sedikit air hangat hingga berbentuk seperti scrub, oleskan pada daerah yang berjerawat, biarkan hingga kering dan bilas dengan air bersih.

6. Mengontrol tekanan darah tinggi

Bagi anda penderita darah tinggi, daun pepaya dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Caranya cukup mudah, rebus lima lembar daun pepaya dengan air secukupnya, saring dan minum secara rutin.

Untuk mengurangi rasa pahit, tambahkan madu sesuai selera.

***

READ:  Tips dan Cara Memilih Obat Pereda Nyeri

Pepaya tak hanya memiliki buahnya yang lezat, namun juga daunnya yang meskipun pahit tapi sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Jadikan daun pepaya sebaga salah satu obat herbal anda.