5 Cara Alami Sederhana Penyembuh Diare

cara menyembuhkan diareDiare merupakan suatu tanda bahwa ada yang tidak benar dari sistem pencernaan Anda sehingga mengakibatkan Anda sering buang air besar. Diare dapat menjadi masalah kesehatan ringan, akut ataupun kronis.

Alasan utama dibalik timbulnya diare adalah infeksi virus, tetapi juga dapat disebabkan karena keracunan makanan, atau konsumsi kafein dan alkohol yang berlebihan. Beberapa gejala umum dari diare adalah sakit perut, demam, dan terdapatnya nanah atau lendir dalam tinja.

Biasanya diperlukan waktu 2 hingga 4 hari sampai gejala yang berhubungan dengan diare menghilang sepenuhnya, tergantung pada intensitas dampak.

Diare dapat benar-benar menyiksa, tetapi Anda tidak perlu merasa khawatir karena diare dapat dengan mudah disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan alami.

Berikut ini adalah 5 cara alami untuk menyingkirkan diare:

Yogurt

Untuk mengobati diare, salah satu pengobatan alami yang efektif adalah dengan mengkonsumsi yogurt. Makanan ini sangat dibutuhkan karena mengandung bakteri hidup seperti Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium.

Hal ini dapat membantu memulihkan bakteri ‘baik’ dalam usus Anda dengan memproduksi asam laktat serta menghancurkan bakteri ‘buruk’ yang menyebabkan diare.

READ:  Apa itu Diare?

Mengkonsumsi dua mangkuk yogurt dalam sehari dapat membantu Anda mengatasi masalah diare. Anda dapat mencoba untuk mencampurkan yogurt dengan sebuah pisang.

Jahe

Selain dipercaya efektif dalam mengatasi masalah akibat keracunan makanan, jahe juga dapat membantu banyak guna menyingkirkan kram dan nyeri perut yang berhubungan dengan diare.

Ambillah sepotong kecil jahe kemudian parut, setelah itu tambahkan satu sendok teh madu, lalu makan campuran tersebut. Hindari untuk meminum air segera setelah mengkonsumsi campuran tersebut. Obat alami ini akan membantu Anda dalam proses pencernaan.

Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi teh jahe dua sampai tiga kali sehari untuk menyembuhkan diare. Ambil sepotong kecil jahe kemudian masukkan ke dalam satu cangkir air. Lalu rebus air tersebut selama beberapa menit, saring kemudian tambahkan madu sebelum diminum.

Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan yang dapat mengatasi diare karena merupakan sumber yang baik dari pektin. Minumlah jus wortel segar beberapa kali dalam sehari untuk mengganti vitamin dan mineral yang hilang dalam tubuh Anda.

READ:  Mengapa Minum 8 Gelas Air Setiap Hari Penting Untuk Anda?

Dalam segelas jus wortel, Anda dapat menambahkan beberapa tetes jus lemon dan gula atau madu untuk mempermanis. Anda juga bisa memasak beberapa wortel setelah itu blender hingga menjadi bubur. Anda dapat mengkonsumsinya beberapa kali sehari.

Berries

Buah berry juga dapat digunakan dalam pengobatan diare. Misalnya, Anda bisa membuat sup dari blueberry kering dan meminumnya dua kali sehari untuk mengatasi sakit perut Anda. Blueberry memiliki sifat antioksidan dan antibakteri dengan kandungan tanin, yang banyak membantu dalam mengobati diare.

Selama diare, Anda harus mengkonsumsi teh blackberry beberapa kali dalam sehari. Untuk membuat teh, rebuslah satu sendok makan blackberry atau daun blackberry kering ke dalam setengah gelas air selama beberapa menit. Saring larutan sebelum diminum.

Air Putih

Bila Anda menderita diare, tubuh menjadi dehidrasi. Jadi, salah satu cara terbaik untuk mengobati diare adalah dengan minum banyak cairan bening. Anda harus minum setidaknya delapan gelas air bersama dengan air kelapa dan minuman tanpa kafein.

READ:  5 Gejala PMS yang Terjadi Sebelum Menstruasi

Anda juga bisa menambahkan setengah sendok teh garam laut ke dalam segelas air dan kemudian meminumnya dua sampai tiga kali sehari. Saat menderita diare, Anda harus menjauhi kopi dan minuman beralkohol.

(foto: shutterstock)