Pisang, Masker Alami untuk Mengatasi Rambut Rusak

Pisang, Masker Alami untuk Mengatasi Rambut RusakPisang, santan dan madu mungkin lebih terdengar seperti bahan untuk membuat resep makanan, tetapi kombinasi ini sebenarnya dapat menjadi kondisioner rambut yang sangat efektif.

Mudah saja untuk membuat masker dari bahan-bahan tersebut, selain untuk menyuburkan rambut Anda, campuran bahan ini juga dapat melembutkan rambut Anda, menghaluskan serta membuatnya tampak lebih berkilau.

Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium, yang berfungsi untuk memperkuat rambut, meminimalkan kerusakan dengan mengembalikan elastisitas alami rambut Anda, serta memfasilitasi perbaikan rambut rusak. Pisang juga dapat melembabkan rambut Anda sebab mengandung minyak alami dan 75% air.

Loading...

Dengan menggunakan bahan pisang, Anda bisa membuat kondisioner rambut alami untuk menjaga kelembutan dan memperbaiki kerusakan rambut.

Berikut ini adalah cara untuk membuat masker rambut dari bahan pisang:

Hal-hal yang dibutuhkan:

• 1 buah pisang
• Santan
• Minyak kelapa
• Madu
• Sebuah blender
• Mangkuk
• Sebuah sendok makan

Cara Membuat:

• Pertama-tama, potonglah pisang menjadi beberapa potongan kecil. Lalu masukkan ke dalam mangkuk yang telah disiapkan.
• Tambahkan 2 sendok makan santan ke dalam mangkuk.
• Masukkan satu sendok makan minyak kelapa. Bagi Anda yang memiliki jenis rambut kering, Anda dapat menambahkan dua sendok makan minyak kelapa.
• Setelah itu, tambahkan dua sendok makan madu ke dalamnya.
• Lalu masukkan campuran tersebut ke dalam blender selama kurang lebih 45 hingga 60 detik. Tunggu hingga campuran menjadi benar-benar halus.
• Dan masker rambut alami Anda siap untuk digunakan.

READ:  5 Tips Jitu Mengatasi Rambut Bercabang

Cara Menggunakan:

1. Basahi seluruh bagian rambut Anda.
2. Oleskan masker pisang ke setiap helai rambut Anda, dari akar hingga ujung rambut. Setelah itu tutupi kepala Anda dengan menggunakan topi plastik.
3. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
4. Terakhir, bilas rambut Anda lalu terapkan sampo. Cuci hingga bersih.
Anda dapat menggunakan masker rambut ini seminggu sekali. Dengan ini, rambut Anda akan menjadi lebih kuat, lembab dan terhindar dari kekusutan.

Santan, sarat akan antioksidan dan lemak. Penggunaan santan dapat membuat kondisi rambut Anda menjadi lebih indah, mampu meningkatkan volume rambut dan membentengi rambut Anda dengan protein.

Minyak kelapa, yang mengandung vitamin E dan asam lemak sehat berkhasiat melembabkan rambut Anda, mempercepat pertumbuhan rambut, serta menambah kilau rambut. Asam laurat dalam minyak kelapa dapat memberikan sifat antibakteri dan antijamur yang juga mencegah timbulnya ketombe.

Madu, yang merupakan humectant, berfungsi membantu menghidrasi rambut dan mengunci kelembaban. Madu kaya akan seng, besi, belerang, dan vitamin B yang meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

READ:  6 Cara Cerdas Memanfaatkan Buah Pisang

Tips:

– Anda dapat menggunakan pisang masak untuk membuat masker rambut ini. Pisang yang terlalu masak dan berwarna coklat juga dapat Anda buat menjadi masker.

– Pastikan pisang yang telah di blender benar-benar menjadi cairan seperti bubur. Pisang biasanya dapat terjebak di sela-sela rambut Anda, maka dari itu pastikan untuk membilas rambut Anda hingga benar-benar bersih.

– Jika Anda menggunakan minyak kelapa padat, tambahkanlah sedikit air hangat agar campuran dapat menyatu dengan baik.

– Jika bau campuran tersebut tidak terlalu menyenangkan bagi Anda, tambahkanlah beberapa tetes minyak lavender, minyak peppermint, minyak rosemary, atau air mawar. Selain mengurangi bau tidak menyenangkan, minyak tersebut juga berfungsi baik untuk pertumbuhan rambut Anda.