Wow, Warna Cat Dinding dapat Mempengaruhi Suasana Hati

Warna Cat DindingAnda pasti pernah mengalami rasa damai dan santai ketika memasuki sebuah ruangan atau malah sebaliknya, rasa kurang nyaman dan sesak yang dirasakan saat memasuki sebuah ruangan tanpa alasan yang jelas.

Sulit untuk menjelaskan penyebab perasaan tersebut terlebih lagi bila tidak terdapat banyak barang atau manusia di dalam ruangan tersebut.

Nah, beberapa penelitian telah dilakukan, ternyata banyak dari Anda yang tidak menyadari bahwa bukan keberadaan sebuah benda atau bentuk ruangan atau bahkan sirkulasi udara yang membuat Anda merasa demikian, melainkan karena pemilihan warna cat tembok yang digunakan.

Berikut kami bagikan pada beberapa warna cat yang dapat mempengaruhi psikologis atau suasana hati seseorang.

1. Putih

Pemilihan warna ruangan yang menggunakan cat warna putih dapat menampilkan suasana cerah di ruangan Anda. Dianggap sebagai warna netral, Anda juga dapat menambahkan aksen warna apapun tanpa perlu khawatir akan mendapatkan warna yang aneh atau mencolok.

Untuk variasi,  Anda dapat mencoba menerapkan warna putih dengan warna-warna muda sehingga menimbulkan kesan lembut dan terlihat tetap bersih.

READ:  5 Ide Dekorasi Untuk Cerahkan Ruang Tamu Anda

2. Merah

Hindari untuk mengecat seluruh dinding ruangan dengan menggunakan cat warna merah. Warna merah merangsang denyut jantung dan pernapasan lebih cepat. Warna merah lebih cocok dijadikan sebagai penambahan aksen pada tembok ruangan Anda.

3. Pink dan Lounge

Cat dengan warna pink dan lounge dapat membuat penghuni ruangan merasa lesu dan kurang bersemangat.

4. Biru

Jika Anda ingin memiliki perasaan yang damai, maka pemilihan cat berwarna biru dapat Anda pilih sebagai pewarna ruangan. Warna biru sangat cocok digunakan di ruang kerja atau ruang keluarga karena pada ruangan ini teman-teman, kerabat serta keluarga lebih sering berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

5. Hijau

Menurut psikolog, warna hijau lebih menimbulkan perasaan tenang dan segar karena selain menciptakan kesan yang ringan saat dipandang, efek warna hijau juga diyakini dapat meningkatkan penglihatan karena menciptakan esensi alam ke dalam interior ruangan.

6. Kuning

Untuk warna ini, biasanya lebih sering digunakan sebagai penambahan aksen pada kamar. Tetapi sebenarnya, menggunakan warna kuning dapat menimbulkan kesan berat saat dilihat walaupun banyak yang menganggap warna ini cerah dan memiliki kecenderungan psikologis untuk membuat orang senang berdebat.

READ:  Cat Warna Terbaik Untuk Kamar Bayi

Jika Anda ingin menggunakan warna kuning, ruang kerja dapat menjadi tempat yang pas karena warna ini juga dapat meningkatkan tingkat konsentrasi.

7. Cokelat

Pemilihan cat coklat dapat memberikan kesan maskulin, tapi sebaiknya hindari untuk mengecat seluruh dinding ruang dengan warna coklat karena dapat menyebabkan perasaan sedih.

8. Ungu

Anda tertarik dengan warna ungu? Tidak masalah jika Anda ingin menggunakan warna-warna ini untuk interior ruang karena akan memberikan kesan romantis. Tetapi hindari menggunakan warna ini pada seluruh ruangan, sebaiknya gunakan warna lain juga sebagai aksen untuk membuat ruangan lebih romantis.

**

Demikian beberapa jenis warna yang dapat mempengaruhi psikologis seseorang. Pemilihan warna secara psikologis dapat mempengaruhi tubuh manusia dan dapat menciptakan suasana hati dan kenyamanan ketika memilih warna yang tepat.

Pemilihan warna juga sangat bergantung pada fungsi utama dari ruang dan atmosfer dari ruangan tersebut. Karena itu buatlah pilihan yang tepat untuk mendukung suasana hati dan psikologis Anda. Semoga bermanfaat.