5 Makanan yang Buruk bagi Penderita Migrain

overview-migraine-generalJika Anda pernah mengalami migrain, segala cara akan Anda lakukan untuk menghindari serangan migrain lainnya yang mungkin terjadi.

Migrain dapat menyebabkan beragam perasaan tidak menyenangkan seperti rasa berputar-putar, rasa sakit mendengar suara tertentu dan rasa sakit yang teramat sangat di satu sisi kepala.

Dan ternyata, ada beberapa jenis makanan yang dapat memperparah migrain Anda.

Apa saja makanan yang perlu Anda jauhi tersebut?

1. Daging dan Susu

Beberapa jenis daging, binatang unggas, ikan dan produk olahan susu dapat menjadi pencetus terjadinya migrain. Daging olahan seperti daging kalengan atau daging beku juga masuk dalam kategori pencetus migrain.

Jika Anda ingin aman, jauhi makanan seperti sosis, bologna, pepperoni dan salami. Selain itu, krim susu dan aneka jenis keju (cheddar dan mozarella) juga merupakan makanan yang perlu dijauhi oleh penderita migrain.

2. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran memang bagus bagi diet sehat. Tetapi jika Anda pengidap migrain, Anda perlu memilah dan menjauhi beberapa jenis buah yang dapat menjadi pencetus migrain.

READ:  Mengenali Jenis-Jenis dan Penyebab Sakit Kepala

Buah-buahan yang perlu Anda jauhi adalah pisang, pepaya dan alpukat. Dari jenis sayuran, yang perlu Anda hindari adalah kacang panjang, bawang merah dan bawang putih.

3. Hati-hati dengan Roti

Roti yang perlu Anda waspadai adalah roti yang mengandung keju seperti roti pada pizza dan lain sebagainya.

Seperti kita ketahui sebelumnya, keju dapat menjadi pemicu kambuhnya migrain Anda. Tidak semua jenis roti berbahaya, oleh sebab itu Anda perlu mengetahui isi dan kandungan yang digunakan dalam proses pembuatan roti tersebut.

4. Jauhi Kafein

Kafein dapat menjadi pemicu terjadinya serangan migrain bahkan bila dikonsumsi dalam jumlah kecil. Minuman mengandung kafein yang dapat Anda kurangi adalah cokelat panas, kopi, teh dan tentu saja beragam minuman beralkohol lainnya seperti red wine dan beer.

Minuman terbaik bagi Anda adalah air putih dan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang tepat terbukti jauh lebih baik dalam meredakan migrain Anda.

5. Kurangi Makanan Manis

Jika Anda penggemar makanan manis namun ingin mengendalikan migrain Anda, Anda harus melupakan beberapa jenis makanan manis termasuk dessert.

READ:  Mephedrone, Obat Kelas Katinon Yang Populer

Seperti yang Anda ketahui, kebanyakan dessert mengandung cokelat, es krim dan kacang yang dapat menjadi pemicu munculnya migrain. Oleh sebab itu diperlukan pertimbangan yang bijaksana dalam memutuskan makanan penutup apa yang akan Anda makan.

*Tips bagi Anda yang ingin Menjauhi Makanan Pemicu Migrain:

Buatlah Daftar Makan Anda

Bagi setiap orang yang memiliki migrain, makanan yang menjadi pencetus timbulnya migrain dapat berasal dari banyak jenis.

Untuk benar-benar melihat makanan apa yang paling mempengaruhi Anda dan membuat migrain Anda kumat, Anda perlu membuat catatan kecil semacam jurnal yang berisi catatan daftar makanan dan minuman Anda saat sarapan, makan siang dan makan malam.

Ketika migrain datang, yang Anda perlu lakukan hanya membuka kembali jurnal Anda dan melihat makanan serta minuman terakhir yang Anda konsumsi. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat menjadi kebiasaan buruk yang memicu kambuhnya migrain seperti tidak sarapan, tekanan darah rendah dan diet ekstrem.

Dengan memantau apa yang Anda makan dan berpacu pada jurnal yang Anda tulis sudah cukup untuk mengurangi resiko migrain Anda  akan kambuh kembali. Semoga bermanfaat.