7 Tips Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Mengurangi Resiko Penyakit KankerSetiap manusia ingin selalu hidup sehat dan terjauh dari beragam macam penyakit.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang karena pengobatannya yang rumit dan resiko kematian yang besar. Pengidap kanker jumlahnya kian meningkat setiap tahun.

Apa saja hal yang dapat Anda lakukan demi menurunkan resiko terkena kanker? Ini dia tipsnya!

1. Cukup Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari mengandung vitamin D yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan tulang. Tidak hanya itu, vitamin D dari sinar matahari mampu melindungi sel darah dari bahaya kanker.

Cukup terpapar sinar matahari bukan berarti sengaja berlama-lama di bawah sinar matahari, karena terlalu lama terpapar sinar matahari justru beresiko menimbulkan kanker kulit dan melasma.

Dokter menganjurkan untuk terkena sinar matahari pagi antara 10-15 menit setiap hari untuk mendapat manfaat terbaik dan jika Anda ingin memperoleh vitamin D dari suplemen, sebaiknya konsumsi vitamin D sebanyak 400 IU perhari.

2. Makan Satu Buah Jeruk Tiap Hari

Peneliti dari San Fransisco melakukan penelitian dan mengambil kesimpulan bahwa mereka yang tubuhnya kurang diberi asupan vitamin C lebih rentan terserang kanker perut dibanding mereka yang cukup asupan vitamin C.

READ:  Ketahui 9 Titik Kuman di Rumah Anda

Peneliti memberi jalan keluar atas masalah ini dengan menganjurkan untuk mengonsumsi satu buah jeruk setiap hari. Selain dapat mencegah kanker perut, aroma kulit jeruk mampu memberikan efek rileksasi bagi tubuh.

3. Konsumsi Brokoli Kukus

Banyak penelitian menunjukkan bahwa brokoli mampu mencegah terjadinya kanker rahim, kanker perut dan kanker paru-paru. Mengukus brokoli selama 3 hingga 4 menit memaksimalkan peran brokoli dalam melawan zat yang mampu menimbulkan penyakit kanker.

Brokoli kukus dapat dijadikan sebagai menu makan utama pendamping karbohidrat.

4. Minum Kopi Rendah Kafein

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard, dua cangkir kopi sehari adalah saran terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan resiko terserang kanker sebesar 52%

5. Turunkan 10 Kg

Obesitas menjadi salah satu faktor yang meningkatkan resiko seseorang mengalami kematian akibat kanker. Obesitas menjadi faktor yang menyerang 20% wanita dan 14% pria yang meninggal akibat kanker.

Mengurangi 10 Kg berat badan di atas usia 30 tahun mengurangi resiko terserang kanker payudara, kanker pankreas dan kanker rahim.

READ:  8 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Kepedasan

6. Makan Pisang atau Wortel

Wanita yang mengonsumsi 4 sampai 6 pisang dalam seminggu dapat mengurangi resiko terjangkit kanker ginjal sebesar 54% dibandingkan mereka yang tidak makan sama sekali.

Manfaat yang sama juga dapat dirasakan oleh wanita yang mengonsumsi 4 sampai 6 wortel seminggu.

7. Periksa Tubuh Anda Sendiri

Anda perlu memeriksa seluruh bagian tubuh Anda secara detil untuk memastikan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. Waspadai perubahan pada warna kulit yang dapat merupakan gejala dari melasma dan benjolan di sekitar payudara sebagai gejala kanker payudara.

Jangan lupa cek warna dari kuku Anda. Perubahan warna pada kuku Anda yang menjadi lebih gelap dapat menjadi tanda ada suatu penyakit dalam diri Anda.

**

Sekian tips yang dapat Anda lakukan guna menurunkan resiko terserang penyakit kanker. Jangan lupa jalani pola hidup sehat dan olahraga yang teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.