Tips Membuat Body Lotion Alami Sendiri

Membuat Body Lotion AlamiJika Anda lelah dengan semua bahan kimia dan wewangian sintetis dalam sebagian besar krim dan lotion yang dijual di toko-toko, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuat sendiri.

Kebanyakan orang berpikir bahwa membuat krim dan lotion tubuh sulit tapi sebenarnya cukup mudah.

Kami menyarankan Anda untuk menyimpan blender tua, ukuran kecil hingga menengah dengan mangkuk kaca, dan spatula yang Anda gunakan hanya untuk membuat produk aromaterapi alami.

Loading...

Meskipun Anda dapat menggunakan blender dapur, beeswax (lilin lebah) yang ditemukan dalam krim alami dapat meninggalkan residu pada blender dan peralatan yang digunakan.

Bahan yang dibutuhkan:

• 3/4 mangkuk minyak alami (seperti: sweet almond oil yang menyerap dengan baik dan tidak meninggalkan lapisan berminyak, tersedia di banyak toko makanan kesehatan)

• 1 mangkuk air murni (atau Anda dapat menggunakan air mawar – yang tersedia di toko makanan kesehatan)

• 2 sendok makan potongan lilin lebah (Banyak toko makanan kesehatan menjual lilin lebah polos. Pastikan untuk menghindari jenis lain karena mereka terbuat dari produk sampingan minyak bumi.)

READ:  Tips Mudah Mengecat Kuku Sendiri

Catatan: Orang dengan alergi lebah tidak harus menggunakan lilin lebah karena dapat menyebabkan interaksi.

• 30 tetes minyak esensial (seperti lavender, ylang ylang, bergamot, atau minyak lainnya. Pastikan Anda menghindari “minyak wangi” karena merupakan sintetis. Anda bisa memulai dengan menggunakan lavender karena aromatik dan juga menenangkan luka bakar, jenis luka bakar lainnya, dan obat yang menyembuhkan untuk sebagian besar jenis kulit).

• Sebuah botol kaca atau toples kaca kecil untuk menyimpan lotion.

Cara membuat lotion:

1. Tuangkan minyak ke dalam gelas ukur Pyrex dan tambahkan lilin lebah. Masukkan dalam panci air yang mencapai sekitar setengah hingga sisi wadah Pyrex.

Panaskan hingga lilin lebah larut dan angkat dari kompor segera. Biarkan dingin selama satu atau dua menit, tetapi tidak lebih lama dari itu karena lilin lebah akan mulai mengeras.

2. Tuangkan air ke dalam blender dan mulai campurkan pada kecepatan tinggi, jangan lupa memasang tutup blender (dengan lubang tersisa pada penutup untuk menuangkan campuran minyak-lilin lebah).

READ:  Tips Langsing Dengan Mematikan Lampu Saat Tidur

Perlahan-lahan tuangkan campuran minyak-lilin lebah ke dalam air. Ini akan mulai mengemulsi sementara Anda terus menuangkan minyak. Biasanya mulai menebal setelah sekitar 3/4 minyak telah dimasukkan. Lanjutkan menambahkan minyak sampai Anda telah memasukkan semuanya ke dalam air.

3. Tambahkan minyak esensial yang telah Anda pilih. Campurkan ke dalam lotion.

4. Tuang lotion ke dalam stoples kaca yang telah Anda pilih untuk menyimpan krim. Gunakan spatula untuk menangkat lotion yang tersisa di blender.

Cara menyimpan lotion

Lotion bertahan selama sekitar enam bulan dan paling baik disimpan pada suhu dingin untuk memperpanjang umur simpan. Anda dapat menyimpannya dalam lemari pendingin jika Anda ingin menjaga kesegarannya.

Selesai! Tidak sesulit yang Anda pikir, bukan? Kulit dan seluruh tubuh Anda akan berterima kasih karena Anda memberikan lotion alami. Selamat mencoba!