Ini dia 5 Buah dan Sayur yang Mengandung Beta Karoten

 Buah dan Sayur yang Mengandung Beta KarotenSaat ini, kita seolah dikepung dengan polusi dari berbagai arah. Baik itu berasal dari asap kendaraan maupun industri.

Para ahli kesehatan menyarankan berbagai cara untuk menghindari dampak buruk dari polusi ini.

Diantara cara tersebut dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, yaitu zat yang mampu memperlambat proses oksidasi, yaitu reaksi kimia yang berupa pengikatan oksigen dan pelepasan hidrogen.

Nah, diantara zat yang termasuk ke dalam kelompok antioksidan adalah beta karoten.

Beta karoten merupakan antioksidan yang dapat berubah menjadi vitamin A aktif ketika dikonversi oleh hati. Beta karoten mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki kerusakan sel.

Buah dan sayur apa saja yang mengandung beta karoten? Berikut ini 5 buah dan sayur yang mengandung Beta Karoten

1. Labu Kuning

Labu kuning merupakan sayuran yang kaya akan kandungan Beta Karoten, sehingga labu kuning dapat menjaga kesehatan ginjal dan mencegah penuaan dini.

Zat Pectin yang terdapat pada labu kuning dapat mengikat bakteri jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Labu kuning juga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung kadar gula yang rendah.

READ:  4 Antioksidan Terbaik Untuk Kulit

2. Wortel

Beta karoten yang terkandung dalam wortel mampu melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Satu gelas jus wortel mengandung 22 mg Beta Karoten. Sebuah wortel mentah besar mampu memenuhi 175 persen kebutuhan vitamin A harian.

Kandungan vitamin A yang terkandung di dalam wortel telah diketahui secara umum mampu menjaga kesehatan mata dan menghaluskan kulit.

3. Bayam

Bayam juga mengandung Beta Karoten yang cukup tinggi. Fitonutriennya, termasuk Beta Karoten, mampu melawan penyebab kanker. Bayam juga mengandung zat besi yang tinggi, yang bermanfaat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Namun Anda harus hati-hati, karena kandungan zat besi pada bayam akan menjadi racun jika terlalu lama dipanaskan. Jadi jangan menghangatkan ulang sayur bayam yang telah dimasak.

4. Ubi Jalar Kuning

Ubi Jalar Kuning menempati peringkat pertama sebagai sayuran yang mengandung Beta Karoten paling tinggi. Bahkan kandungan Beta Karoten ubi jalar kuning 3 kali lipat lebih banyak daripada kandungan Beta Karoten pada labu.

Memakan ubi jalar kuning dapat dengan berbagai cara, diantaranya dengan dikukus lalu dimakan langsung, atau bisa juga diolah menjadi aneka makanan.

READ:  9 Makanan Anti-Penuaan

5. Brokoli

Selain mengandung Beta Karoten, brokoli juga mengandung serat yang sangat tinggi. Serat yang tinggi pada brokoli dapat menyembuhkan sembelit.

Kemudian brokoli juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari vitamin C dalam sebutir jeruk.

**

Demikianlah 5 buah dan sayur yang mengandung Beta Karoten. Semoga bermanfaat 🙂