5 Cara Alami Mengatasi Ambeien untuk “Kekasih Komputer”

Mengatasi Ambeien“Kekasih komputer” sepertinya merupakan gabungan kata yang pas untuk menggambarkan seseorang yang selalu bekerja di depan komputer – walaupun sebenarnya memang terdengar agak sedikit berlebihan.

Menjadi seseorang yang merupakan “kekasih komputer” mengharuskan Anda untuk terus bekerja di depan komputer, duduk manis dalam waktu yang lama sambil mengutak-atik aplikasi yang terdapat di komputer Anda.

Tahukah Anda bahwa bekerja sebagai seorang “kekasih komputer” dapat meningkatkan resiko terserang ambeien? Terus-menerus duduk dalam waktu yang lama, kurangnya asupan air, asupan makanan yang tidak terkontrol, dan kurangnya gerak badan. Semua itu merupakan penyebab utama pemicu ambeien.

Loading...

Ambeien merupakan keadaan dimana terdapat pembengkakan pada sphincter ani atau bibir anus, namun terkadang juga dapat terjadi pendarahan.

Ambeien timbul karena kurangnya gerak badan – dalam artian terlalu banyak berdiri atau duduk -, kurangnya asupan air, tidak terkontrolnya makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ada pula penyebab-penyebab lainnya seperti, faktor genetik, berat badan yang berlebih, dan mengejan terlalu keras pada saat buang air besar.

Pekerja kantoran yang sibuk dengan posisinya sebagai “kekasih komputer” memiliki resiko yang tinggi untuk terkena ambeien. Apakah Anda merasa sebagai seorang “kekasih komputer”? Tidak ingin mengalami penderitaan ambeien, namun juga tidak ingin mengonsumsi obat-obatan kimia?

READ:  Tren Infused Water, Cara Baru Minum Air Putih

Berikut cara-cara alami pencegahan ambeien tanpa obat-obatan kimia.

1. Perbanyak Asupan Air putih

Tubuh manusia terdiri dari sebagian besar air. Maka dari itu, seorang manusia membutuhkan asupan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan proses metabolisme pada tubuhnya.

Terdapat koneksi antara pencernaan manusia, asupan air, dan ambeien.
Ketika asupan air lebih sedikit dari yang seharusnya, feses yang sudah kekurangan air akan menjadi semakin kering ketika mengalami penyerapan.

Hal tersebut dapat menyebabkan sulitnya buang air besar, karena kandungan air yang biasanya berfungsi untuk melunakkan feses tersbut kurang. Inilah yang memicu ambeien.

Jadi sebaiknya, mulai dari sekarang, perbaiki asupan air untuk tubuh Anda. Karena pada dasarnya, air tidak hanya baik untuk sistem pencernaan dan pencegahan ambeien, namun air juga memiliki manfaat kesehatan lainnya.

2. Mengatur Asupan Garam

Pengaturan asupan garam dalam tubuh bertujuan untuk mengurangi resiko dari sifat garam yang dapat menahan cairan pada sistem peredaran darah. Karena ketika garam dikonsumsi berlebihan, hal tersebut dapat menyebabkan vena yang terdapat pada anus dan daerah di sekitarnya membengkak.

READ:  Mengapa Ibu Hamil Rentan dengan BAB Berdarah?

Seperti yang telah tertulis di atas bahwa ambeien merupakan keadaan dimana anus dan sekitarnya mengalami “pembengkakan”. Dengan kata lain, pembengkakan vena pada anus akan menyebabkan ambeien.

3. Perbanyak Olahraga

Olahraga bertujuan untuk mencegah berat badan yang berlebih. Ketika berat badan seseorang telah melebihi batas yang seharusnya, tekanan pada tubuh bagian bawah akan meningkat, hal tersebut dapat menyebabkan ambeien. Olahraga juga berfungsi untuk pengurangan kadar garam pada tubuh.

Akan tetapi ingat, olahraga juga harus diimbangi dengan asupan air yang memadai. Karena olahraga akan mengeluarkan keringat, yang berarti pengurangan kadar cairan pada tubuh.

4. Mengonsumsi Sari Kulit Manggis

Sari yang berasal dari kulit manggis mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan pada manggis dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada anus, sehingga secara perlahan dapat mengatasi ambeien.

Caranya adalah dengan merebus kulit manggis, setelah mendidih, pisahkan ampas kulit manggis dan sarinya. Setelah itu, sari kulit manggis dapat diminum.

5. Jangan Menunda BAB

Seringnya menunda BAB yang biasa dilakukan para “kekasih komputer” ketika deadline kerjaan tengah memburu juga dapat menyebabkan ambeien.

READ:  6 Makanan yang Membantu untuk Tidur Lelap di Malam Hari

Kenapa? Karena feses yang telah diserap sarinya dan seharusnya dikeluarkan, ketika ditunda, feses tersebut akan mengalami penyerapan kembali. Sehingga kandungan air yang ada di dalamnya akan semakin berkurang, dengan begitu, feses akan semakin mengering dan keras.

Jadi, mulai sekarang, jika tuntutan untuk membuang kotoran yang ada pada perut Anda telah terjadi. Sebaiknya segera melangkah ke toilet dan buang feses tersebut, sebelum pada akhirnya Anda akan mengalami penderitaan yang lebih.

**

Ambeien sebenarnya merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh buruknya kebiasaan yang dimiliki seorang “kekasih komputer”. Jadi mulai sekarang, jika Anda tetap ingin menjadi seorang “kekasih komputer”, ubah kebiasaan Anda sebelum ambeien menghantui Anda.