8 Cara Diet yang Keliru

Diet Ketika Anda memutuskan untuk melakukan diet demi memangkas berat badan Anda, ketahuilah bahwa Anda tidak dapat memercayai semua yang Anda yakini  benar.

Beberapa dari saran yang umum Anda dengar seputar diet ternyata “keliru” dan tidak membantu diet Anda sama sekali.

Apa saja tips diet tersebut dan bagaimana menanggulanginya? Ini dia jawabannya:

1. Lemak

Tidak semua lemak jahat bagi diet Anda. Baik tidaknya lemak tergantung pada apa yang Anda makan. Keripik, gorengan dan kue memang mengandung lemak jahat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Namun demikian, lemak yang berasal dari alpukat, kacang-kacangan dan salmon adalah sumber lemak baik yang dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Snack

Para ahli melarang diet karena diet dipercaya dapat membuat Anda makan lebih “banyak” dan lebih sering sehingga akan menambah berat badan Anda.

Namun demikian, ternyata ada camilan yang baik bagi Anda yang sedang diet, yaitu buah-buahan dan yogurt tawar. Buah dan yogurt mampu memberi tenaga ekstra bagi aktivitas Anda.

READ:  Kafein Selama Kehamilan, Amankah?

3. Karbohidrat

Karbohidrat memang menjadi salah satu zat yang paling dihindari bagi siapa saja yang sedang menjalani diet. Karbohidrat yang berasal dari tepung, roti maupun nasi putih memang terbukti dapat menambah berat badan seseorang.

Namun tahukah Anda bila tubuh bisa sakit bila kekurangan karbohidrat? Oleh sebab itu, Anda dapat mengganti tepung, roti dan nasi putih Anda dengan karbohidrat yang berasal dari gandum dan kacang-kacangan.

Selain mampu memberi manfaat karbohidrat, makanan tersebut mampu mencegah Anda terjangkit diabetes mellitus.

4. Olahraga dengan Perut Kosong

Sayang sekali, banyak sekali dari Anda yang menghentikan kebiasaan mengonsumsi karbohidrat dan tetap menjalankan aktivitas olahraga Anda yang kadangkala ekstrem dengan tujuan membakar kalori secepat mungkin. Padahal hal keliru tersebut dapat membuat otot Anda menipis.

Ketika berolahraga, tubuh membakar karbohidrat menjadi tenaga. Saat karbohidrat tidak tersedia, maka ototlah yang akan menjadi penggantinya.

Oleh sebab itu Anda dapat mengganti karbohidrat seperti nasi putih, kentang dan roti dengan buah-buahan manis seperti pisang dan mangga sebelum berolahraga.

READ:  Inilah 6 Alasan Mengapa Diet Seringkali Gagal

5. Makanan Terlarang

Saat diet, Anda melarang diri Anda untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan terutama makanan yang mengandung karbohidrat dan yang rasanya manis.

Tahukah Anda bahwa saat Anda diet, tubuh Anda tetap memerlukan karbohidrat untuk tetap sehat? Anda tetap perlu mengonsumsi semua jenis kandungan yang diperlukan tubuh dan yang perlu Anda awasi hanyalah seberapa banyak yang Anda makan dan jangan lupa berolahraga.

6. Jus Buah

Membuat jus buah memang hal yang mudah. Tetapi jus buah membuat Anda kehilangan hal terpenting dari jus itu sendiri yaitu : serat. Terlebih lagi Anda tidak pernah lupa memasukkan gula ke dalam campuran jus Anda.

Buah lebih baik dikonsumsi secara langsung dibanding dibuat jus karena  kadar gula dalam darah Anda dapat meningkat dan merusak jadwal diet Anda.

7. Makanan “Bebas Kalori”

Jangan mengandalkan label makanan yang Anda baca. Mengapa? Makanan yang menawarkan hal seperti “bebas-kalori”. Bukan berarti makanan tersebut baik bagi diet Anda.

Bisa saja makanan  tersebut mengandung pemanis buatan yang justru lebih beresiko meningkatkan berat badan Anda dibandingkan hanya sekadar kalori.

READ:  Waspadai 5 Pertanda Diet yang Kelewat Batas Ini!

8. Daging

Faktanya, vegetarian memang mampu hidup lebih lama dibanding mereka yang tidak. Akan tetapi tidak ada yang salah dari daging segar seperti daging sapi.

Banyak sekali mereka yang sedang diet membenci makanan yang satu ini padahal daging sapi kaya akan protein yang  baik bagi pertumbuhan dan pembentukan otot. Makan steak di malam hari tidak akan membuat Anda gemuk asal tidak ditemani oleh kentang goreng atau nasi putih.