7 Jenis Makanan yang Perlu Anda Awasi dan Batasi Konsumsinya

buah-buahanSemua orang pasti ingin tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi.

Tetapi jangan terlena oleh beberapa jenis makanan ini. Bisa saja makanan di bawah ini adalah salah satu menu favorit Anda.

Kenali 8 jenis makanan yang Anda duga “aman” padahal beresiko merusak kesehatan Anda!

Loading...

1. Buah Non-Organik

Tahukah Anda bahwa para petani buah (misalnya saja petani buah strawberry) menggunakan pakaian penutup tubuh khusus saat menyemprotkan pestisida yang mengandung racun ke tanaman strawberry di perkebunan mereka?

Tentu saja Anda tidak ingin zat kimia berbahaya masuk juga ke dalam tubuh dan meracuni Anda.

Mulailah pindah kepada segala jenis hal yang “organik” tanpa mengandung zat tambahan lainnya yang berbahaya bagi kesehatan Anda dan jangan lupa untuk selalu mencuci bersih buah-buahan Anda sebelum dikonsumsi.

2. Ikan Laut

Kandungan berbahaya yang ditemukan dalam ikan laut adalah merkuri. Seringkali merkuri yang terdapat dalam ikan laut seperti tuna, salmon dan ikan pedang sangat tinggi dan beresiko menyebabkan penyakit kanker.

READ:  Berapa Banyak Tidur yang Dibutuhkan Anak Anda?

Oleh sebab itu Anda perlu memastikan bahwa Anda dan keluarga mengonsumsi ikan laut yang “aman”. Konsumsi ikan yang dianjurkan adalah 2 kali seminggu.

3. Soda

Soda perlu Anda jauhi karena mengandung kadar pemanis buatan, zat pengawet dan mengandung asam fosfor yang tinggi. Terlalu sering meminum soda beresiko mengikis kalsium yang terdapat pada tubuh Anda.

Selain beresiko menyebabkan penipisan gigi dan tulang, asam fosfor juga beresiko meningkatkan asam lambung Anda. Zat pemanis  buatan yang tinggi pada soda juga dapat membuat Anda terserang diabetes mellitus.

Oleh sebab itu ada baiknya Anda menghentikan kebiasaan Anda mengonsumsi minuman soda.

4. Makanan Kalengan

Lapisan yang terdapat pada kaleng mengandung zat bernama bisphenol-A atau BPA, sebuah estrogren sintesis yang beresiko menyebabkan beragam penyakit seperti jantung, obesitas dan diabetes.

Studi menunjukkan, bila kadar BPA pada tubuh seseorang melebihi batas yang dianjurkan dapat menyebabkan kerusakan kromosom atau sperma. Oleh sebab itu dianjurkan bagi Anda mengonsumsi makanan segar dibandingkan makanan kalengan.

READ:  Sembuhkan Penyakit Kronis dengan 5 Makanan Ini!

5. Cokelat Putih

Cokelat bukan saja makanan dengan rasa yang enak melainkan juga memiliki efek yang  baik bagi otak Anda. Cokelat atau kakao memiliki manfaat dalam meningkatkan aliran udara ke otak, melindungi pembuluh darah dan meningkatkan mood.

Ternyata semua kebaikan kakao tersebut tidak terdapat pada cokelat putih. Oleh sebab itu, dark chocholate jauh lebih baik bagi kesehatan tubuh Anda.

6.  Makanan Berwarna Cerah

Warna menarik pada makanan memang menjadi salah satu daya tarik yang dapat menggugah selera Anda. Tetapi warna tidak wajar yang terdapat pada beragam makanan perlu dipertanyakan dampaknya bagi kesehatan Anda.

Pewarna makanan sangat penting untuk dihindari karena beresiko menyebabkan penyakit kanker pada tubuh Anda.

7. Es Krim

Anda suka es krim? Yap, semua orang suka es krim karena rasanya yang manis. Tetapi membeli es krim Anda di sembarang tempat bisa menjadi suatu keputusan yang salah.

Umumnya es krim menggunakan sirup jagung, pemanis dan aneka ragam zat sintetis lainnya untuk membuat tekstur es krim padat dan rasanya manis. Baca petunjuk pada kemasan atau buat sendiri es krim Anda untuk menjaga diri Anda dari resiko beragam penyakit.

READ:  Ini Dia Alasan Mengapa Tidak Boleh Meniup Makanan dan Minuman

**

Bagaimana dengan Anda? Apa ada salah satu dari makanan di atas yang merupakan makanan favorit Anda? Jika ya, awasilah penggunaannya dan minimalkan resikonya demi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.