Buat Anak Nyaman dengan Teguran 1 Menit

teguran pada anakBila anak melakukan kesalahan, ada beberapa metode yang dapat diterapkan untuk memperbaiki perilaku anak.

Nah, salah satu metode paling populer dikenal dengan nama “teguran satu menit“, yakni memberikan teguran secara bijak kepada anak dalam waktu tidak lebih dari 1 menit saja.

Metode “teguran satu menit” mempunyai banyak manfaat dan kelebihan. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang akan Anda dapatkan jika menerapkan metode ini pada anak.

Loading...

Melatih Disiplin Anak

Pertama, melatih disiplin anak-anak untuk bisa meninggalkan perilaku yang buruk. Bagaimana penjelasannya?

Dalam setengah menit yang pertama, anak mengerti bahwa tindakannya yang buruk telah membuat orang tuanya kecewa dan marah. Peristiwa itu akan masuk ke alam memorinya, selanjutnya memorinya mencatat mana perilaku baik yang disenangi orang tua dan mana perilaku buruk yang membuat kecewa dan marah orang tuanya.

Selanjutnya, dalam setengah menit kedua, anak segera dapat menemukan kembali citra dirinya yang positif sebagai  anak yang baik. Mereka sangat menikmati belai kasih orang tua dalam selang  waktu yang singkat ini. Buahnya, mereka menjadi senang dan bangga terhadap dirinya sendiri yang baik seperti kata orang tuanya.

READ:  Inilah Efek Buruk Minuman Bersoda bagi Ibu Hamil

Satu hal penting yang tak boleh dilupakan orang tua adalah bahwa semakin anak menyenangi dirinya sendiri, semakin besar kemauannya untuk berperilaku lebih baik.

Alat Komunikasi Efektif

Keuntungan kedua, metode ini bisa digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Banyak  orang tua mengeluh karena tak bisa memahami jalan pikiran anaknya. Banyak yang tak mengenal anaknya sendiri karena kemacetan komunikasi. Anak tak pemah mau menyampaikan masalah yang ia hadapi kepada orang tua.

Dengan bantuan metode ini, sedikit demi sedikit mulai berkembang iklim keterbukaan antara orang tua dengan anak, komunikasi pun menjadi lancar, akrab, dan harmonis.

Mengapa ini bisa terjadi? Tak lain karena keberanian orang tua menunjukkan perasaan terhadap anak tanpa mencerca. Dalam setengah menit pertama menyalahkan habis-habisan perilaku anak yang buruk. Tetapi dalam menit kedua membuktikan bahwa diri pribadi anak selalu tetap baik dan dicintai orang tua.

Anak akan meniru apa yang diperbuat oleh ayah ibunya. Mereka semakin berani menunjukkan perasaan mereka terhadap segala sesuatu, baik perasan baik maupun buruk. Hal ini dilakukan karena sudah mendapat jaminan bahwa tak akan dicerca oleh orang tua. Maka komunikasi akan menjadi terbuka dan akrab. Tak ada lagi beban untuk berbicara tentang segala sesuatu tentang ayah ibu.

READ:  Ini Dia Tips Agar Disayang Mertua

****

Akhirnya metode “teguran satu menit” ini akan benar-benar bisa efektif bila memang benar-benar dilaksanakan dalam satu menit saja. Bila orang tua telah selesai mengungkapkan perasaannya, diharapkan tak akan lagi menyinggung-nyinggungnya kembali pada kesempatan lain. Tidak ada pengulangan setelahnya.

Perasaan marah dan kecewa sudah cukup diungkapkan dalam setengah menit pertama, dan untuk selanjutnya di buang jauh-jauh. Tak boleh ada lagi perasaan marah yang tersisa. Yakinlah bahwa anak sudah sangat bisa mengerti hanya dalam sekali mendengar.

Untuk menetralkan perasaan, orang tua bisa melakukannya dengan menarik nafas panjang-panjang atau duduk meneduhkan hati yang panas. Silahkan menjadi “orang tua satu menit” dan nikmati hasilnya. Selamat mencoba!