Inilah Efek Buruk Minuman Bersoda bagi Ibu Hamil

Efek Buruk Minuman Bersoda bagi Ibu HamilPanas dan terik membuat tubuh mudah kehilangan cairan tubuh, sehingga langkah yang kita lakukan adalah mencari minuman untuk menyegarkan badan kita.

Sering kali kita mencari minuman dingin dan manis untuk membuat tubuh tercukupi kebutuhan cairannya seperti the dingin atau syrup. Namun tidak sedikit pula di antara kita yang mencari jenis minuman bersoda untuk mengganti cairan tubuh kita.

Ketika minum minuman bersoda memang minuman tersebut dapat menyegarkan tubuh, dengan rasanya yang unik membuat banyak orang ketagihan untuk mengonsumsi minuman bersoda ini.

Hal ini juga terjadi pada seorang ibu hamil, banyak yang menganggap kalau minuman bersoda sebagai sebuah kebutuhan terutama ketika saat masih belum hamil.

Namun ketika sudah memasuki masa kehamilan ternyata mengonsumsi minuman bersoda sangatlah berbahaya. Apa saja efeknya?

Mengakibatkan obesitas

Obesitas adalah penyakit kelebihan berat badan. Pada ibu hamil memang akan terjadi penambahan berat badan diakibatkan oleh berat bayi yang semakin bertambah.

Nah sering mengonsumsi minuman bersoda membuat berat badan bayi juga ikut meningkat sehingga menyulitkan ketika persalinan dilakukan.

READ:  8 Alasan Kuat Menghindari Minuman Bersoda

Menyebabkan terjadinya kelahiran prematur

Kita sering melihat ibu – ibu yang memiliki anak dilahirkan dengan premature. Kelahiran prematur adalah sebuah kelainan medis yang ditandai dengan kelahiran bayi yang terjadi sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu.

Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan kepada 60.000 ibu hamil di Denmark. Pada penelitian ini didapati ibu yang mengonsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan sekali dalam sehari maka akan meningkatkan resiko kelahiran bayi premature hingga 38 %.

Namun bila ibu tersebut mengonsumsi minuman tersebut hingga 4 kali dalam sehari maka dapat meningkatkan resiko premature hingga 78 %.

Minuman tersebut ketika masuk ke dalam tubuh ibu hamil akan memberikan perubahan di dalam tubuh ibu, sehingga kelahiran dini atau prematur harus dilakukan untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.

Penelitian ini telah diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition.

Meningkatkan resiko osteoporosis

Apa yang dimakan dan diminum ibu hamil juga akan dinikmati oleh calon bayinya. Apabila seorang ibu hamil banyak mengonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan osteoporosis, sebab minuman tersebut mengandung kadar asam folat yang cukup tinggi, dan menyebabkan peningkatan asupan fosfor di dalam tubuh.

Bila hal itu terjadi maka dapat terjadi penghambatan penyerapan kalsium di dalam tubuh sekaligus mengurangi massa tulang.

Melemahkan sistem imun

Sistem imun penting bagi tubuh terutama untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit. Kandungan gula yang tinggi didalam minuman bersoda membuat kemampuan dari sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat berkurang hingga 60 % dalam 5 jam.

Sehingga kita menjadi lebih mudah terkena penyakit. Sementara itu seorang ibu hamil harus terus selalu sehat dan fit.

**

Untuk menghindari keinginan mengonsumsi minuman bersoda sebaiknya anda menggantinya dengan minuman yang berasal dari buah – buahan yang telah di jus.

Rasanya juga tidak kalah nikmat dengan minuman bersoda, atau rajin minum teh yang lebih menyehatkan anda. Hal ini demi membuat bayi anda sehat dan normal ketika dilahirkan.

(Foto : hidupbersamakanker.com)