Lebih Banyak Air Putih Turunkan Berat Badan

Air Putih Turunkan Berat BadanJika Anda ingin menurunkan berat badan, maka minum lebih banyak air putih adalah salah satu solusi yang efektif.

Kabar baiknya, Anda tetap bisa mengonsumsi karbohidrat dan protein. Itu karena air mempercepat proses pemrosesan metabolisme.

Cara menurunkan berat badan dengan air memang sudah lama dikenal. Namun, baru-baru ini sebuah penelitian mengungkapkan rahasia dibalik minum air putih yang menjadi penyebab turunnya berat badan.

Loading...

Dilansir dari Fitnea.com, para peneliti di Jerman menunjukkan bahwa konsumsi air putih lebih banyak meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar kalori.

Penelitian dilakukan dengan cara melacak pengeluaran energi pada 7 pria dan 7 wanita yang sehat dan tidak mengalami obesitas.

Setelah minum air sekitar 8 gelas per hari, tingkat metabolisme peserta  atau tingkat pembakaran kalori meningkat 32% pada perempuan dan laki-laki. Kenaikan terjadi dalam waktu 10 menit setelah minum dan mencapai maksimum setelah 25 sampai 35 menit.

Kebanyakan diet menganjurkan untuk mengonsumsi 8 gelas air putih per hari. Tapi itu adalah jumlah minimal, sementara jumlah maksimal tidak ada pembatasan, bukan?

READ:  Penting untuk Vegetarian, Jangan Abaikan 5 Nutrisi Ini!

Penelitian juga mengungkapkan bahwa peningkatan metabolisme terjadi secara berbeda pada pria dan wanita. Pada wanita, terjadi peningkatkan pembakaran karbohidrat, sedangkan pada pria terjadi peningkatkan pembakaran lemak sehingga metabolisme meningkat.

Terbakarnya Kalori Ekstra

Para peneliti memperkirakan konsumsi 2 liter air sehari akan membakar kalori ekstra sebanyak 17.500 yang bisa menurunkan berat badan sekitar 5 kg. Mereka juga mencatat bahwa 50% dari peningkatan pembakaran kalori ini disebabkan oleh upaya tubuh untuk memanaskan air yang masuk ke tubuh.

Jadi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, air akan meningkatkan metabolisme Anda sekaligus membantu Anda merasa kenyang. Ganti minuman Anda dengan air dan minumlah satu gelas sebelum makan untuk membantu tubuh tetap fit.

Minum lebih banyak air, terutama yang bersuhu lebih dingin bisa membakar kalori ekstra di dalam tubuh karena tubuh bekerja menghangatkan air yang masuk ke tubuh. Konsumsi air dingin ini masih diperdebatkan. Sebagian kalangan mengatakan air dingin justru menjadikan lemak tubuh menjadi sulit dicairkan.

READ:  Minuman Yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Cara Sederhana Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian lainnya tentu diperlukan untuk memastikan hasil para peneliti Jerman ini. Minum lebih banyak air putih adalah cara sederhana menurunkan berat badan yang tentunya banyak diinginkan oleh semua orang.

Cara ini memberikan efek yang besar untuk mempercepat proses semua orang. Banyak orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan mereka. Terlebih lagi, cara ini mengurangi jumlah kalori secara signifikan.

Kebanyakan orang menilai air putih bisa melangsingkan karena membuat efek kenyang pada usus. Ada pula yang menyebutkan air bisa membantu membuang lemak dari dalam tubuh.

**

Tentu saja, selain cara ini, ada banyak cara lain menurunkan berat badan, seperti makan lebih banyak buah dan sayur dan berolahraga.

Yang jelas, kita harus minum cukup air. Kebanyakan orang meminum air ketika merasa haus. Minimal 8 gelas/hari, namun jumlah konsumsi biasanya tergantung aktivitas, berat badan, kesehatan cuaca. Orang akan cenderung minum lebih banyak air jika berolahraga atau berkeringat saat cuaca panas.