Sejuta Manfaat di Balik Kelezatan Ikan Pindang

Manfaat di Balik Kelezatan Ikan PindangIkan sudah terkenal akan sumber protein tingginya dan sejuta manfaat lainnya baik itu ikan laut dan ikan tawar.

Beruntunglah, kita sebagai masyarakat Indonesia yang dikelilingi oleh lautan dan sumber air lainnya yang memudahkan masyarakat mengkonsumsi ikan.

Salah satu ikan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia bisa jadi adalah ikan Pindang. Pindang itu sendiri tidaklah merujuk pada nama jenis ikan tertentu melainkan proses pengolahannya dengan cara dipindang (gabungan dari penggaraman dan perebusan).

Loading...

Ikan yang satu ini cukup mudah didapatkan terutama di warteg, rumah makan padang hingga ke restoran besar. Sebenarnya, ikan pindang bisa dibuat dari ikan tongkol, ikan mas, ikan nila dan lainnya namun yang akan dibahas disini bukanlah jenisnya melainkan manfaatnya.

Ingin tahu manfaat dari ikan lezat satu ini, berikut ulasannya.

Protein Tinggi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ikan mengandung protein yang tinggi dan bahkan dikatakan lebih baik dibandingan protein-protein lain yang terkandung di daging sapi atau daging ayam.

Menurut Ir. Hieronymus dalam buku “Tekhnologi Tepat Guna Ikan Pindang” mengatakan bahwa ikan pindang mengandung 20% protein. Karena cara pindang merupakan tekhnik pengawetan dengan cara perebusan dan penggaraman berkadar rendah maka protein yang terkandung tetaplah terjaga.

READ:  6 Tanda Sakit Jantung pada Wanita

Lebih baik lagi jika ikan laut yang dijadikan pindang karena nilai proteinnya lebih tinggi.

Asam Lemak Tak Jenuh

Pernah melihat bagian daging yang agak kehitaman di pindang ikan tongkol? Banyak orang yang cenderung tidak suka memakan bagian ini atau bahkan membuangnya karena rasanya yang aneh.

Tapi di sinilah kandungan asam lemak tak jenuh itu berada. Sebelum dimasak, bagian yang mengandung asam lemak tak jenuh berwarna kemerahan tapi ketika dimasak akan berubah menjadi kehitaman.

Kandungan asam lemak tak jenuh ini baik untuk kesehatan jantung. Ditambah lagi proses pemasakan ikan pindang yaitu dengan cara direbus yang tidak akan merusak kandungan gizi di dalamnya.

Sama dengan jenis ikan lainnya, ikan pindang mengandung Omega- 3 salah satu asam lemak tak jenuh yang bagus untuk perkembangan otak dan kesehatan tubuh. Omega- 3 juga dipercaya untuk mencegah risiko penyakit jantung bagi kaum pria sedangkan untuk wanita berfungsi sebagai cardio protective.

Selain untuk kesehatan jantung Omega- 3 sangat bermanfaat bagi ibu hamil terutama bagi perkembangan janin yang dikadungnya.

READ:  Manfaat Mengkonsumsi Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Pencegah Anemia

Pada pindang ikan tongkol, dengan mengkonsumsinya bisa mencegah penyakit anemia karena kandungan alami yang ada pada ikan tongkol bisa membantu membentuk sel-sel darah merah. Karena pindang ikan tongkol dibuat melalui proses perebusan maka protein-protein di dalamnya tetap terjaga.

**

Nah, ternyata ikan pindang tidak hanya lezat untuk dimakan tetapi juga memiliki banyak manfaat yang terkandung dalam potongan-potongan ikan pindang yang tersaji dalam piring Anda.

Jadi jangan ragu lagi untuk memilih ikan pindang sebagai teman makan Anda. Selamat menikmati.