Tenggorokan Anda Sakit? Kenali Dulu Apa Penyebabnya

Sakit TenggorokanPernah mengalami sakit pada tenggorokan ketika Anda baru saja bangun tidur atau sakit pada tenggorokan ketika bernapas melalui mulut terus menerus? Dua hal tersebut merupakan sebagian penyebab sakit tenggorokan.

Tenggorokan memiliki fungsi yang sangat penting karena udara saat bernapas ataupun saat sedang makan/ minum pastilah melewati saluran yang satu ini. Oleh karena itulah sakit pada tenggorokan bisa menjadi gejala dari beragam penyakit.

Sehingga mengenali sakit tenggorokan seperti apa yang Anda alami sangatlah penting, berikut sedikit tips mengenali berbagai jenis sakit tenggorokan.

Loading...

Radang tenggorokan

Untuk infeksi bakteri, sakit pada tenggorokan bisa disebabkan oleh bakteri Streptococcus yang nantinya menyebabkan sore throat atau radang tenggorokan. Penderita akan merasakan panas pada tenggorokannya, sulit menelan hingga demam tinggi.

Untuk penyembuhannya bisa diberikan antibiotik. Atau dengan mencampurkan satu sendok madu yang dicampur beberapa tetesan lemon. Terkadang radang tenggorkan bisa berkembang menjadi batuk atau flu setelah beberapa hari.

Flu

Sakit pada tenggorokan bisa disebabkan oleh adanya infeksi virus dan biasanya akan dibarengi dengan penyakit lainnya seperti flu. Penyakit flu atau pilek disebabkan oleh serangan virus Influenza A, B, atau C.

Untuk penyakit flu umumnya dibarengi dengan sakit tenggorokan akan sembuh setelah 1-2 hari baru selanjutnya gejala flu lainnya sepeti bersin-bersin dan hidung berair datang.

READ:  Aneka Solusi Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Tonsilitis (peradangan pada amandel)

Sakit pada tenggorokan juga bisa menjadi gejala peradangan pada amandel (Tonsilitis). Jika dalam keadaan normal, amandel ini bertugas untuk menyaring virus dan bakteri yang masuk dan jika terjadi infeksi maka amandel akan menjadi bengkak dan radang

. Infeksi ini bisa disebabkan oleh virus seperti virus Influenza, virus Epstein-Barr, virus Herpes, Simpleks virus,  Cytomegalovirus, atau HIV. Bisa juga disebabkan oleh serangan bakteri yaitu Streptococcus.

Penderita Tonsilitis lama kelamaan akan kesulitan menelan sesuatu dan jika keadaan amandel sudah parah maka untuk pengobatannya harus diadakan pembedahan radang amandel.

Kanker Tenggorokan

Jika sakit tenggorokan berlangsung lebih dari 2 minggu dan terdapat benjolan di sekitar leher maka segera periksakan ke dokter lebih lanjut karena itu bisa menjadi indikasi penyakit kanker tenggorokan.

Walaupun nyeri pada tenggorokan tidaklah seberapa  namun jika benjolan semakin membesar, segeralah lakukan tes laboratorium.

**

Seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, maka dari sekarang Anda juga bisa melakukan hal-hal kecil yang ternyata bisa mencegah timbulnya sakit tenggorokan.

READ:  6 Cara Alami Atasi Sakit Tenggorokan Pada Bayi

Mulailah untuk meminum air putih hangat dan jangan terlalu sering meminum air dingin. Perasan jeruk lemon yang dicampur dengan madu bisa berguna sebagai antiseptik pada tenggorokan sekaligus menambah energi  tubuh Anda.

Kurangi juga meminum minuman bersoda, berpengawet dan yang mengandung pemanis buatan karena ini akan memicu sakit pada tenggorokan jika dikonsumsi secara berlebihan. Berkumur air garam juga bisa membantu mencegah sakit pada tenggorokan.