4 Persembahan Kulit Jeruk untuk Kulit Cantik Anda

Kulit Jeruk untuk Kulit Cantik Kebanyakan dari kita hanya mengetahui bahwa jeruk memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C tinggi yang dapat menangkal berbagai penyakit, kemampuannya dalam melancarkan pencernaan, dan dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku pembuatan parfum. Semua itu adalah manfaat-manfaat jeruk bagi tubuh bagian dalam.

Sadarkah Anda, bahwa bagian luar jeruk juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan tubuh bagian luar Anda?

Kulit buah yang termasuk dalam anggota marga citrus ini, memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Membantu Penyerapan Minyak

Minyak berlebih pada kulit wajah memang sesuatu yang sangat menyebalkan bagi kaum wanita maupun laki-laki. Kulit jeruk dapat diolah menjadi masker yang dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah yang merupakan penyebab timbulnya jerawat.

Caranya tidak sulit, hanya dengan blender kulit jeruk sisa konsumsi jeruk Anda yang masih segar, tuangkan susu dengan perbandingan yang setara. Aduk hingga menjadi kental, lalu oleskan pada permukaan wajah hingga menyerupai masker.

Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas dengan air dingin. Masker kulit jeruk ini berguna untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah Anda.

READ:  4 Mitos Tentang Kehamilan

Membersihkan Pori-pori

Selain menyerap kelebihan minyak pada wajah, kulit jeruk juga dapat membersihkan pori-pori wajah sehingga tidak ada lagi kotoran-kotoran yang akan menyumbat pori-pori wajah Anda.

Keringkan kulit jeruk, lalu tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air yang telah direndam dengan bunga mawar, lalu bersihkan wajah Anda dengan menggunakan air campuran tersebut. Kulit jeruk yang dihaluskan berfungsi sebagai scrub yang dapat membersihkan kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori wajah Anda.

Tapi ingat! Jangan menggosok atau memijat wajah Anda terlalu bertenaga dan kasar, karena hal tersebut dapa menyebabkan terkikisnya lapisan epidermis kulit wajah Anda, dan hal tersebut dapat memudahkan munculnya jerawat.

Mengatasi Peradangan

Kotoran yang menyumbat pori-pori wajah dapat menyebabkan peradangan pada kulit wajah Anda, sehingga muncullah tonjolan kecil berwarna merah menyebalkan pada permukaan wajah Anda. Tentu saja tidak ada dari kita yang merelakan hal tersebut terjadi.

Salah satu cara alami yang dapat digunakan untuk mencegah hal tersebut adalah dengan memarut kulit jeruk yang masih segar, lalu campurkan dengan sedikit air bersih. Lumatkan bersama air hingga kental dan membentuk pasta.

READ:  7 Tips Menghilangkan Flek Hitam Wajah Secara Alami

Setelah itu, oleskan kepada bagian kulit yang mengalami peradangan.
Lakukan hingga peradangan mengering, dan Anda akan menemukan kulit Anda bersih kembali.

Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Masalah belum selesai hingga jerawat saja, setelah jerawat mengempis, akan muncul masalah baru yang biasa disebut dengan “noda hitam bekas jerawat”.

Jerawat memang sudah hilang, namun noda hitam bekas jerawat akan bertahan lebih lama daripada jerawat itu sendiri. Dan itu dengan jelas merusak mulusnya wajah Anda.

Jangan panik! Kulit jeruk merupakan salah satu cara untuk menghilangkan noda bekas jerawat tersebut – walaupun perlahan.

Caranya? Keringkan kulit jeruk, lalu tumbuk hingga halus menjadi semacam scrub. Larutkan bersama air rendaman mawar dan bubuk cendana. Oleskan ke seluruh permukaan wajah, dapat juga diaplikasikan pada leher. Biarkan menyerap selama sekitar 30 menit. Lalu cuci wajah dengan air dingin.

**

Tidak ada yang sia-sia, semua pasti memiliki kegunaan. Ya, bahkan untuk kulit jeruk yang biasanya hanya dibuang begitu saja dan biasanya dipandang tidak ada gunanya. Ternyata kulit jeruk dapat mempercantik kulit Anda.