Begini Langkah-langkah Menjadi Financial Advisor

Langkah-langkah Menjadi Financial AdvisorFinancial Advisor (FA) adalah orang yang memberikan jasa pendampingan pada sebuah keluarga untuk mencapai tujuan dari rencana keuangan untuk pendidikan anak, pembelian kendaraan, liburan, pensiun dan lainnya, dengan cara menerapkan manajemen keuangan yang sesuai.

Anda tertarik untuk berkarir sebagai FA? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Tentukan Apakah Anda Memang Berminat Menjadi FA

Menjadi FA menjanjikan jenjang karir dan penghasilan yang menggiurkan. Namun di sisi lain, menjadi FA menuntut keahlian khusus dan waktu yang cukup melelahkan dalam menggapainya.

Renungkanlah dahulu, apakah Anda mau belajar Matematika dan Teknologi baru. Karena dua hal ini menjadi syarat mutlak untuk menjadi FA. Biasanya seorang calon FA harus mau magang dulu tanpa dibayar, dan mulai dari bawah.

Dan perlu Anda ketahui bahwa FA adalah profesi yang tidak jauh berbeda dengan salesman dalam hal mendapatkan klien. Jika Anda merasa tidak punya kemampuan menangani klien dan menghadapi penolakan, maka Anda hendaknya mempertimbangkan untuk memilih pekerjaan lain.

2. Dapatkan Gelar Sarjana

Sebagian besar FA memiliki gelar sarjana. Dan jika Anda ingin sertifikat CFP atau CPA, Anda haruslah lulusan S.1. Apapun jenis S.1 Anda, semua itu tidak masalah dan akan tetap terlihat bagus di Curriculum Vitae Anda.

READ:  4 Rahasia Agar Tetap Semangat Beraktivitas di Hari Senin

3. Peroleh Pengalaman Kerja

Lamarlah pekerjaan entri-level yang berhubungan dengan keuangan. Jangan jadikan gaji sebagai patokan. Tidak apa-apa Anda dibayar rendah. Yang penting adalah pengalaman yang akan Anda dapatkan dari sana.

Selama bekerja, pelajari betul-betul sistem dan ilmu yang ada pada pkerjaan tersebut, yang sekiranya diperlukan untuk karir FA Anda nanti.

4. Ikuti Program Training

Beberapa perusahaan investasi besar menawarkan program training untuk para FA, yang akan membantu Anda menambah pengalaman kerja dan modal penting untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian lisensi FA.

Beberapa program itu bersifat kompetitif, tapi coba saja karena itu sangat berguna bagi Anda. Biasanya perusahaan akan menjelaskan aturan dan regulasi selama program training tersebut.

Tapi mereka tidak akan memaksa Anda untuk melakukan pekerjaan. Anda lah yang harus membuktikan diri bahwa Anda pantas berada di sana.

5. Dapatkan Lisensi FA

Memiliki lisensi profesional membuat Anda mampu menunjukkan pada klien dan perusahaan bahwa Anda sangat serius menjalani karir sebagai FA. Memiliki serifikat profesional berarti Anda harus mematuhi kode etik dan peraturan yang ditentukan oleh institusi yang mengeluarkan sertifikat tersebut.

READ:  4 Tips Tetap Fokus Saat Bekerja Di Rumah

Jenis sertifikat apa yang cocok bagi Anda? Hal ini tergantung jenis FA mana yang akan menjadi konsentrasi Anda.

6. Bersiaplah Untuk Kerja Keras

Di samping berkarir sebagai FA menjanjikan penghasilan yang besar, tapi juga ia menuntut jam kerja yang panjang. Apalagi jika Anda seorang FA pemula, Anda harus siap bekerja dengan sistem shift.

Tunjukkan pada klien dan perusahaan Anda bahwa Anda punya keinginan kuat untuk bekerja keras untuk bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

**

Demikianlah, sebuah karir yang menjanjikan penghasilan besar biasanya juga menuntut pengorbanan besar, termasuk FA. Tapi jika itu passion Anda, why not?