6 Tips dan Ide Snacking yang Menyehatkan

 Ide Snacking yang MenyehatkanKegiatan yang satu ini memang amat menyenangkan. Snacking atau yang sering dikenal sebagai ngemil memang sempurna untuk mengisi waktu luang dan menjadi salah satu waktu favorit banyak orang.

Baik di antara waktu makan walaupun sebelum tidur, menikmati snack kegemaran sambil melakukan aktivitas harian lainnya sangat asyik. Di kantor, di rumah hingga dalam di dalam mobil, sebagian besar orang tak bisa jauh-jauh dari snacking.

Walaupun menyenangkan, snacking tak serta merta terkesan sehat. Camilan seringkali dikaitkan dengan makanan tidak sehat atau junk food. Beberapa macam di antaranya yang sangat umum adalah keripik, coklat, kue-kue  kering hingga permen dan manisan.

Loading...

Kesan tidak sehat dalam aktivitas ngemil memang beralasan. Sebagian besar makanan-makanan tersebut mengandung banyak gula atau garam yang mengandung banyak kalori hingga dapat membuat seseorang menjadi mudah gemuk.

Banyak dan tidak sehatnya camilan tentu dapat mengganggu program diet maupun membuat tubuh cepat melar karena kebanyak orang tidak menyadari kandungan di balik rasa camilan yang enak.

READ:  Ini Dia, Camilan Sehat di Malam Hari

Apakah ada cara sehat agar tetap bisa ngemil tanpa harus khawatir akan akibat buruknya bagi kesehatan? Simak ide dan cara ngemil sehat dari kami berikut.

1. Jadikan pengganjal lapar, bukan kebiasaan

Snacking sering menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Terkadang, walaupun sudah makan, seseorang tetap ingin ngemil karena sudah sangat sering dilakukan.

Jadikan ngemil sebagai aktivitas pengganjal perut ketika lapar, sehingga kita tidak akan makan secara berlebihan ketika waktu makan tiba.

2. Snack yang sehat

Siapa bilang memilih camilan sehat itu sulit? Hilangkan kebiasaan menyantap camilan tidak sehat seperti kripik yang rasanya sangat asin atau mengandung msg, maupun camilan lain yang mengandung banyak gula.

Pilih sayur, buah, biskuit rendah gula hingga coklat hitam sebagai kudapan sehat anda. Camilan sehat ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sehat bagi tubuh, juga mengandung serat dan mengenyangkan.

3. Berkreasi dengan camilan sehat

Bagi anda yang tak doyan sayur misalnya, dapat anda kreasikan dengan camilan lain seperti buah maupun menikmati sayuran atau salad dengan saus tertentu yang anda suka. Tentu saja pilihan saus juga harus diperhatikan.

READ:  4 Aturan Mengemil untuk Anak Anda

Camilan berupa buah-buahan dapat dikatakan menjadi camilan yang sempurna karena lezat dan sehat dinikmati langsung. Beberapa buah juga dapat anda kreasikan menjadi salat buah, jus hingga dicampur dengan yogurt.

4. Homemade

Camilan buatan sendiri tentu lebih sehat dibandingkan membeli camilan diluar. Selain bebas pengawet, anda dapat mengatur sendiri bahan-bahannya sesuai dengan program diet anda misalnya.

Beberapa camilan sehat yang mudah dibuat sendiri adalah jus, salat, hingga beberapa kreasi lain dengan coklat hitam (dark chocolate) seperti cornflakes  dengan coklat maupun susu.

Kreasikan camilan sehat buatan anda sendiri maupun dari resep-resep camilan sehat yang mudah didapat dari berbagai media.

5. Batasi dan atur waktu ngemil

Hindari ngemil di setiaps aat saat anda menginginkannya. Kebiasaan intensitas ngemil yang tidak terkontrol dapat mengganggu kesehatan anda.

Atur jadwal atau waktu seberapa sering anda ngemil. Misalnya diantara jam makan siang dan makan malam atau sore hari yang merupakan waktu tepat untuk snacking. 

6. Siapkan camilan sehat di sekitar anda

Untuk menghindari membeli camilan yang tidak sehat, anda dapat selalu memastikan bahwa snack sehat anda berada dekat misalnya di lemari pendingin, meja kantor maupun tempat-tempat lainnya.

READ:  Yuk, Pilih Cemilan Sehat untuk Tubuh Anda

***

Ternyaa acara ngemil tidak selalu identik dengan junk food dan gaya hidup yang tidak sehat. Dengan camilan sehat, aktivitas ngemil pun menjadi jauh lebih menyenangkan.

Stay healthy!