Kenali 8 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur

Kebiasaan Buruk Sebelum TidurTidur merupakan aktivitas yang bertujuan untuk membuat tubuh dan pikiran berisitirahat sehingga kita siap melakukan aktivitas keesokan harinya.

Kita tentu menyadari bahwa kualitas tidur yang baik sangat mempengaruhi mood dan kesehatan jasmani untuk beraktivitas. Sering kita merasa lelah dan sulit berkonsentrasi jika kurang tidur.

Tidur kurang dari 6 jam dapat  berdampak buruk bagi kesehatan, teurutama jika anda bekerja dan melakukan beberapa kegiatan yang membutuhkan konsentrasi.

Loading...

Akan tetapi, penyakit kurang tidur atau kesulitan tidur nyenyak terjadi pada banyak orang. Dari faktor psikologis maupun fisik, tidur menjadi tidak nyenyak hingga sering terbangun pada malam hari.

Kualitas tidur yang baik tidak hanya dipengaruhi oleh pikiran namun juga kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengganggu nyenyaknya tidur anda.

Berikut kebiasaan-kebiasaan buruk sebelum tidur yang biasa kita lakukan dan harus dihindari untuk kualitas tidur yang baik.

1. Pengaruh TV, komputer dan Handphone

Membiarkan TV menyala dan menggunakan komputer atau telepon genggam.

Beberapa orang tertidur kala sedang menonton tv. Yang mereka tidak sadari, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan tidur. Tubuh manusia perlu beristirahat dengan baik demi menjaga energi tubuh untuk melakukan aktivitas harian.

READ:  5 Makanan Terbaik untuk Kulit Seksi

Sebagai tambahan, tidur juga secara tidak langsung dapat terganggu akibat cahaya dari TV, telepon genggam maupun laptop. Berlama-lama memandangi layar perangkat elektronik dapat membuat tubuh menjadi tidak rileks dan mengurangi kualitas tidur.

Sebaiknya gunakan perangkat elektronik tersebut beberapa jam sebelum tidur dan hindari meletakkannya tepat di samping ada maupun dalam keadaan menyala.

Agar tidur tidak mudah terganggu, anda dapat menyetel telepon genggam dalam keadaan vibrate maupun silent.

2. Makan tepat sebelum tidur

Makanan memang merupakan sumber energi tubuh. Akan tetapi jika anda makan tepat sebelum anda tidur, makanan tersebut dpat memberikan energi sehingga anda menjadi tidak rileks.

Makanlah sedikitnya 2 jam sebelum anda tidur dan hindari makanan berat maupun yang mengandung banyak garam maupun gula.

3. Alkohol

Meminum minuman berakohol sebelum tidur dapat menyebabkan jantung berdegup kencang, pusing maupun tetap terjaga atau tidak bisa tidur.

4. Minum teh maupun kopi sebelum tidur

Hindari minuman dengan kandungan caffeine yang tinggi. Kafein dapat membuat anda terjaga dan tidak bisa tidur. Efek kafein memang berbeda di setiap orang, mulai dari jantung yang berdegup kencang hingga sakit kepala.

READ:  3 Efek Samping Penggunaan Obat Pembesar Payudara

Sebuah situs kesehatan menyebutkan bahwa minuman yang menagdung kafein termasuk teh dan kopi dapat menyebabkan gangguan tidur 10 hingga 12 jam setelah kita mengkonsumsinya.

5. Merokok

Tidak jauh berbeda dengan kafein, merokok juga dapat menyebabkan gangguan tidur, meski efeknya bisa saja menenangkan untuk beberapa orang.

6. Menggunakan tempat tidur sebagai meja

Tempat tidur seharusnya hanya berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat, bukan untuk bekerja.

Hindari mengerjakan sesuatu dan menggunakan tempat tidur karena akan membuat anda tidak rileks akibat posisi tubuh yang kurang pas.

7. Stres

Kita semua mengalaminya. Stres membuat orang terjaga dan berpikir banyak hingga sesaat sebelum tidur.

Stres tentu saja mempengaruhi lama dan kualitas tidur. Jika anda khawatir akan beberapa kegiatan yang ingin anda lakukan di keesokan  harinya, anda dapat membuat to-do-list untuk hari esok agar menjadi lebih terorganisir.

Ada juga dapat mengurangi stres dengan cara mendengarkan musik-musik rileks maupun membaca bacaan favorit anda.

8. Tidak memiliki waktu tidur tetap

Percaya atau tidak, jika anda tidak memiliki waktu tetap kapan anda tidur, hal ini dapat mempengaruhi kualitas tidur anda.

READ:  Mengenal Alopecia dan Penyebab Kebotakan

Cobalah membuat waktu rutin ataupun jam rutin anda tidur dan cobalah disiplin dengan waktu tersebut.

***

Kualitas tidur sangatlah mempengaruhi kinerja dan semangat kita untuk menjalankan aktivitas harian. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk sebelum tidur dan tidurlah yang nyenyak.

Sleep well!