Teknik Mengobati Amandel tanpa Melakukan Operasi

Mengobati Amandel tanpa Melakukan OperasiAmandel  atau dalam bahasa medis disebut Tonsilitis adalah salah gejala yang dialami oleh tubuh manusia dimana terjadi pembengkakan akibat infeksi kelenjar getah bening yang pada tenggorokan.

Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami gangguan sulit menelan karena tenggorokan terasa sakit, selain itu juga penderita sering  mengalami demam.

Penyakit amandel biasanya diderita oleh anak – anak usia 5 sampai 15 tahun. Organ amandel bagi tubuh berfungsi untuk menyaring dan menghambat masuknya kuman ke dalam tubuh kita. Namun, dikarenakan pola hidup yang tidak sehat menyebabkan organ ini tidak mampu melawan bibit penyakit dan terjadilah pembengkakan (infeksi).

Loading...

Bila menggunakan pengobatan medis biasanya dilakukan pengangkatan organ tersebut melalui proses operasi, namun ternyata peradangan pada amandel ini dapat diperkecil menggunakan beberapa cara tradisional.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengobati amandel secara alami.

1. Menggunakan Jeruk nipis dan kapur sirih

Air perasan jeruk nipis mengandung zat anti bakteri yang dapat membantu membunuh bakteri yang terdapat di tonsil tersebut.

READ:  Kelebihan Vitamin C Jadi Pemicu Batu Ginjal

Anda dapat menggunakan ramuan ini dengan menggunakan air perasan 2 buah jeruk yang telah dicampur zat kapur. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari secara teratur hingga amandel anda mengecil.

2. Menggunakan ramuan alang – alang

Alang – alang sering digunakan untuk pengobatan tradisional mengobati amandel. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dimana alang – alang mengandung antiinflamasi untuk mengecilkan radang tenggorokan.

Cara menggunakan akar alang – alang yaitu dengan merebus akar alang – alang dengan air 4 gelas hingga menjadi 3 gelas saja. Ramuan tersebut digunakan untuk berkumur – kumur selagi masih hangat.

3. Menggunakan buah mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak khasiat terutama untuk mengobati amandel. Anda dapat memandaatkan buah mengkudu dengan cara memeras buah mengkudu yang telah masak.

Hasil perasan tersebut ditambahkan dengan sedikit air panas dan madu asli lalu minum ramuan tersebut sedikitnya 3 kali dalam sehari

4. Menggunakan Bawang merah

Bawang merah mengandung zat Flavonglikosida yang berfungsi membunuh bakteri penyebab peradangan amandel. Cara menggunakannya juga cukup mudah cukup mengunyah 1 siung bawang merah hingga halus lalu ditelan.

READ:  Lakukan 4 Perawatan Alami ini Untuk Mengatasi Radang Amandel

Melakukan pengobatan ini sebanyak 3 kali sehari mampu mengurangi peradangan pada amandel.

5. Menggunakan daun cocor bebek

Daun cocor bebek sudah sulit ditemukan terutama di bagian perkotaan. Cara memanfaatkan daun cocor bebek cukup dengan ditumbuk hingga halus, lalu air perasan daun cocor bebek tadi digunakan sebagai obat kumur dan jangan ditelan. Penggunaan rutin mempercepat penyembuhan amandel.

**

Pengobatan menggunakan bahan tradisional tidak menggunakan biaya tinggi, namun memerlukan waktu yang lebih lama, sedangkan ketika melakukan proses operasi akan membutuhkan waktu yang lebih cepat tentunya dengan biaya yang relatif mahal.

Demi mencegah terjadinya pembengkakan selanjutnya pada organ amandel maka sebaiknya sejak dini anda menjaga kebersihan makanan anda.

(Foto : gejalapenyakitmu.blogspot.com)