Tips Sehat Madu untuk Kulit Wajah dan Bibir

Madu untuk Kulit Wajah dan BibirBanyak cara digunakan wanita untuk menjaga kecantikan kulit dan wajah terutama bibir mereka. Ada yang menggunakan perawatan intensif di salon/spa dan tidak sedikit yang melakukannya di rumah saja dengan menggunakan bahan – bahan alami/tradisional.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan madu. Selain dapat menghaluskan kulit wajah, madu juga bisa memerahkan bibir sehingga anda terlihat cantik alami.

Seperti yang sudah diketahui, madu banyak mengandung khasiat alami yang mampu menghilangkan bekas – bekas jerawat atau kerutan – kerutan kecil dan warna kulit kusam di wajah anda.

Loading...

Jika anda rajin memanfaatkan madu sebagai bahan dasar perawatan kecantikan yang sangat berguna bagi pori – pori kulit, niscaya hasil yang diperoleh sangat memuaskan dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

Berikut tips kesehatan dari manfaat madu yang dapat diterapkan di rumah untuk perawatan kulit terutama wajah dan bibir anda :

1) Manfaat madu untuk kulit rusak akibat jerawat

Madu dapat berfungsi baik untuk pertumbuhan dan pengembalian kembali sel – sel kulit pada wajah yang rusak akibat berjerawat. Madu dapat diolah menjadi masker untuk perawatan wajah berjerawat.

Dengan kombinasi bahan – bahan alami yang lain, masker ini terbukti efektif membasmi kuman – kuman penyebab jerawat dan mengembalikan keremajaan kulit wajah anda. Berikut satu resep sederhana masker madu yang dapat anda buat di rumah untuk perawatan kecantikan wajah berikut ini :

Bahan dasar: 3 sendok makan madu dan bubuk kayu manis secukupnya.

Cara membuat:

Campur madu dan kayu manis bubuk menjadi satu di dalam wadah berbahan kaca anti panas. Kemudian aduk sampai mengental dan tercampur rata. Lalu panaskan ramuan tersebut kurang lebih 30 detik dalam microwave.

READ:  7 Hal yang Dapat Merusak Kencan Pertama Anda

Setelah itu aduk – aduk sebentar masker sampai lebih cair, angkat. Diamkan sebentar hingga masker dingin (dapat juga disimpan dalam lemari es), setelahnya anda dapat mengoleskan pada wajah secara merata yang sebelumnya telah dibersihkan.

Diamkan masker kurang lebih 10 menit. Terakhir, bilas wajah dua kali menggunakan air hangat lalu air dingin (dapat ditambahkan dengan es), keringkan wajah dengan handuk bersih.

Gunakan secara rutin setiap hari terutama pagi hari untuk jenis kulit tidak sensitif, sedangkan yang sensitif gunakan dua kali yaitu pagi dan malam menjelang tidur.

Pembuatan masker tersebut di atas sangat sederhana tetapi manfaatnya banyak yaitu untuk menghilangkan noda – noda bekas jerawat dan jerawat itu sendiri, juga bermanfaat untuk melembabkan kulit.

2) Manfaat madu untuk mencegah terjadinya penuaan dini

Penuaan dini terjadi karena kulit terlalu sering kena paparan sinar matahari terutama di siang hari, radikal bebas dan kelembaban udara yang berubah – ubah.

Yang paling rawan adalah sinar matahari antara jam 10.00 – 15.00 merupakan saat yang berbahaya bagi kulit, karena saat itu sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya.

Untuk radikal bebas merupakan polusi yang berupa polusi udara, polusi air yang tercampur bahan kimia, dan perubahan cuaca yang sangat ekstrem. Sedangkan kelembapan udara juga dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Daerah tropis terkenal mempunyai kelembaban udara yang tidak stabil sehingga sangat berpengaruh buruk terhadap kesehatan kulit terutama wajah.

Dengan madu, anda dapat mencegah terjadinya penuaan dini seawal mungkin, berikut ini adalah satu resep sederhana tentang penggunaan madu untuk perawatan kulit agar senantiasa sehat, kencang dan terlihat awet muda sehingga terhindar dari penuaan dini.

READ:  Beberapa Cara Mengejutkan Untuk Menggunakan Madu

Bahan – bahan yang digunakan adalah 4 sendok makan madu, 1 sendok teh bubuk kayu manis, 3 cangkir air. Caranya : rebus ketiga bahan tersebut seperti membuat teh. Setelah jadi, dinginkan lalu dapat diminum 3x sehari secara rutin.

Ramuan ini dapat mencegah penuaan dini pada kulit Anda. Madu sejak jaman dahulu memang terkenal ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan kulit. Lakukan perawatan di atas secara rutin untuk mendapatkan manfaat madu yang diinginkan.

3) Manfaat madu untuk kesehatan bibir

Bibir yang sehat dan merah alami merupakan idaman setiap orang terutama wanita, namun tak jarang kita sering memiliki masalah dengan bibir terasa pecah – pecah, sering sariawan atau kering.

Kebiasaan buruk dengan menarik – narik kulit bibir yang kering sebaiknya jangan anda lakukan karena justru akan membuat luka semakin parah dan bisa – bisa mengeluarkan darah.

Bibir pecah merupakan gejala normal yaitu kulit bibir sedang melakukan regenerasi. Sel – sel kulit yang mati akan menumpuk pada bagian luar bibir sehingga terjadilah bibir kering atau pecah – pecah.

Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan obat – obatan tradisional seperti madu. Madu yang dikombinasikan dengan minyak zaitun dan sedikit gula pasir bagus digunakan sebagai scrub alami bibir.

Berikut ini salah satu resep sederhana pemakaian madu sebagai obat kesehatan untuk bibir pecah dan kering :

Bahan dasar : madu 1 sendok teh, minyak zaitun 1/2 sendok teh, dan gula pasir halus 1/2 sendok teh.

READ:  5 Khasiat Madu Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara mencampur : campur semua bahan menjadi satu, lalu bersihkan bibir yang pecah – pecah terlebih dahulu dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi air panas lalu keringkan, kemudian usapkan scrub madu alami secara merata pada bagian bibir yang sakit dengan bantuan jari telunjuk.

Sertai dengan pijatan ringan perlahan dan memutar. Lakukan kurang lebih 3 menit, maka kulit bibir yang kering akan mengelupas.

Scrub ini juga membantu pengelupasan kulit tidak terasa sakit sehingga sangat mudah diangkat. Diamkan sebentar lalu bilas dengan kapas yang telah dibasahi air bersih. Terakhir keringkan.

Anda dapat melakukan cara di atas seminggu dua kali atau setiap hari jika kondisi pecah – pecah bibir anda sangat parah. Selain baik untuk menjaga kelembaban bibir, juga dapat memberi warna merah muda alami sehingga anda terlihat menarik dan cantik dengan bibir sehat.

**

Memang madu memiliki banyak manfaat. Beranekaragam khasiat dapat dipetik terutama untuk kesehatan tubuh dan perawatan kecantikan kulit. Banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk membuktikan bahwa madu sangat baik untuk itu.

Mulailah untuk mencoba beberapa resep kecantikan tersebut di atas untuk kesehatan kulit wajah dan bibir anda agar tetap terlihat cantik. Selamat mencoba.