5 Hoby yang Bisa Menghasilkan Uang

Hoby yang Bisa Menghasilkan UangSiapa yang tidak memiliki hoby? Hampir setiap orang di dunia ini pastilah memili hoby yang disenangi.

Selain dapat menjadi kegiatan santai di waktu senggang, hoby juga dapat meminimalisir dampak stres akibat kesibukan pekerjaan sehari-hari.

Namun bagaimana jika hoby yang kita senangi dapat menghasilkan uang? Tentu hal itu akan menjadi sesuatu yang sangat menggembirakan.

Ibarat peribahasa sambil menyelam minum air, kita akan mendapat dua keuntungan dalam satu pekerjaan. Yakni keuntungan psikologis serta keuntungan materi berupa penghasilan tambahan.

Pada dasarnya semua hoby jika dilakukan dengan serius dapat menjadi sumber penghasilan tambahan. Meski harus diakui beberpa hoby sangat mendukung untuk dapat menghasilkan uang dengan mudah.

Apakah itu? Berikut ini adalah 5 hoby yang dapat menghasilkan uang.

Menulis

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang sangat sederhana. Menulis tak banyak membutuhkan berbagai perangkat atau perlengkapan kecuali jari tangan dan gagasan kita. Namun jika mengetahui seluk beluk dunia penulisan, kita akan dapat dengan mudah menghasilkan uang.

Dengan mengirimkan karya tulisan kita ke media masa masa seperti koran, majalah, atau  tabloid, kita akan mendapatkan honor dari media bersangkutan. Belum lagi jika kita mampu menulis sebuah buku, novel atau karya tulis lainnya dalam berbagai lomba. Tentu kita akan dapat memiliki sumber uang yang melimpah.

READ:  Kiat Sukses Membangun Usaha Percetakan Undangan

Fotografi

Seorang yang memiliki hoby fotografi dapat memanfaatkan hoby-nya untuk mendapatkan pundi-pundi uang dengan memaksimalkan keahliannya. Hal ini bisa dilakukan dengan mengirimkan karya-karya fotonya di sejumlah media baik cetak maupun online. Sehingga dapat memperoleh timbal balik berupa honor atas foto yang diterbitkan.

Tak hanya itu, keahlian memotret juga dapat dimanfaatkan untuk membuka studio foto atau jasa pemotretan seperti misalnya foto pra wedding, foto hajatan pernikahan dan lain-lain.

Seperti halnya menulis, hoby fotografi juga dapat dimaksimalkan dengan mengikuti berbagai event lomba pemotretan yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Memasak

Jangan anggap remeh orang yang memiliki hoby memasak. Sebab hoby sederhana itu bisa jadi merupakan modal yang sangat penting bagi kita jika ingin mendapatkan uang yang berlimpah.

Bagaimana tidak? Dengan keahlian tersebut kita akan dapat dengan mudah membuka usaha di bidang kuliner. Terlebih jika melihat perkembangan bisnis kuliner saat ini yang terus mengalami perkembangan pesat.

Salah satu contohnya adalah dengan membuat kue lalu menjualnya secara online. Hal itu bisa juga dilakukan dengan membuka warung makan, jasa catering hingga restoran.

READ:  7 Cara Membangun Karir dan Passion

Memelihara hewan peliharaan

Anda tak percaya hoby memelihara hewan peliharaan akan dapat menghasilkan pundi-pundi uang? Jika anda masih tak mempercayai hal itu, cobalah tengok kisah sukses orang-orang yang menjadi kaya hanya karena hoby memelihara hewan.

Ya, meski terdengar sepele, hoby memelihara hewan jika dilakukan dengan serius dapat menghasilkan uang yang tak sedikit.

Caranya adalah dengan berbisnis serta membudidayakan atau mengembangbiakan hewan yang kita pelihara tersebut. Tentu hal ini akan sangat dipengaruhi oleh jenis serta mahal atau tidaknya hewan bersangkutan.

Seni Lukis dan Kerajinan Tangan

Anda termasuk orang yang memiliki kreatifitas tinggi serta memiliki hoby melukis, menggambar atau membuat kerajinan tangan? Jika ya, maka jadikan hoby anda tersebut sebagai usaha sampingan yang menyenangkan sekaligus menguntungkan.

Sebab hoby semacam itu merupakan modal berharga yang dapat anda kembangkan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Jika anda memiliki hoby melukis atau menggambar anda dapat menyalurkan minat anda tersebut untuk membuat sebuah desain. Baik itu desain busana tas atau sepatu, desain bangunan, desain grafis dsb.

READ:  Alasan Mengapa Orang Suka Menunda dan Bagaimana Mengubahnya

Sementara bagi anda yang memiliki hoby membuat kerajinan tangan dapat anda kembangan menjadi sebuah usaha kreatif seperti misalnya membuat perhiasan atau pernak-pernik yang dapat anda jual.

(Foto : reds-solution.com)