7 Tips agar Tulang Lebih Kuat dan Sehat

Tulang Lebih Kuat dan SehatAnda pasti tidak asing lagi dengan osteoporosis kan? Osteoporosis menghantui lebih dari 2 juta orang di seluruh dunia.

Tidak hanya beresiko menyebabkan kesulitan berjalan, osteoporosis juga beresiko menyebabkan patah tulang dan kelainan tulang lainnya.

Tentu saja Anda tetap ingin memiliki tulang yang kuat dan sehat di masa tua Anda kan? Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai 7 tips agar tulang lebih kuat berikut ini :

1. Jagalah Kesehatan Tulang Anda mulai detik ini

Tulang berhenti tumbuh sejak Anda berusia 20 tahun. Oleh sebab itu bagi Anda yang berusia di bawah 20 tahun, Anda sedang menabung untuk kesehatan tulang di hari tua Anda.

Jika Anda sudah berusia lebih dari 20 tahun, detik ini adalah saat yang tepat untuk mulai memerhatikan kesehatan tulang dengan mengonsumsi cukup kalsium dan vitamin D. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur.

2. Minuman Berkalsium

Anda pasti setuju bahwa susu merupakan salah satu sumber kalsium yang baik. Selain sebagai sumber kalsium, susu juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Jadi biasakan diri Anda meminum susu antara 1 hingga 2 gelas per hari untuk membantu menjaga kesehatan dan asupan tulang Anda.

READ:  Ciuman Ternyata Menyehatkan Tubuh dan Hati

Jika Anda tidak suka susu, Anda dapat menggantinya dengan jus jeruk, yogurt atau susu kedelai.

3. Jauhi Rokok dan Alkohol

Merokok membuat tingkat estrogen wanita menjadi rendah serta membuat wanita lebih cepat menopause. Kedua hal tersebut menyebabkan osteoporosis lebih cepat terjadi.

Selain itu, konsumsi alkohol juga menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Oleh sebab itu rokok dan alkohol tidak dianjurkan demi menjaga kesehatan tulang Anda.

4. Kenali Genetika Anda

Genetika berpengaruh sangat besar dalam menentukan massa tulang, ukuran tulang dan seberapa baik kemampuan tulang Anda dalam menyerap kalsium.

Anak yang dilahirkan oleh orangtua yang memiliki sejarah osteoporosis cenderung memiliki kemungkinan untuk mengalami hal serupa.

5. Kurangi Garam

Terlalu banyak natrium pada tubuh Anda akan membuat kalsium lebih mudah terlepas dari permukaan tulang. Kalsium tersebut kemudian dikeluarkan melalui urin.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu membatasi konsumsi garam harian Anda serta mengurangi konsumsi junk food.

6. Terus Bergerak

Gerakan aktif Anda mampu melatih memperkuat bantalan yang terdapat diantara dua tulang sehingga dapat membuat tulang Anda tumbuh maksimal.

READ:  Lelah? Coba Teh Dengan Rasa Peppermint!

Gerakan yang paling baik untuk tulang adalah gerakan melawan gaya gravitasi seperti melompat dan berjalan kaki dengan langkah seirama.

7.  Latih Otot Anda

Melatih otot juga akan memperbaiki sel dan struktur tulang Anda. Aktivitas sederhana seperti mengangkat barbel, sit up and push up sangat baik untuk memperbaiki struktur tulang agar tidak menjadi bungkuk.

8. Batasi Protein Hewan

Apakah Anda tahu bahwa kalsium dibutuhkan untuk mencerna protein hewani di dalam tubuh?

Terlalu banyak mengonsumsi daging segar dapat menghabiskan banyak kalsium yang diperlukan tulang sehingga Anda perlu membatasi konsumsi protein hewani Anda tidak lebih dari 2 porsi dalam satu hari.

**

Bagaimana? Anda siap memulai awal baru untuk menjaga kesehatan tulang Anda? Semoga artikel ini membantu Anda terus sehat.