Inilah Cara Mencegah Kebakaran di Rumah

Cara Mencegah Kebakaran di RumahSetiap tahun, ratusan orang terbunuh akibat kebakaran. Kerugian materil pun sangat besar. Mayoritas penyebab adalah dari keteledoran pemilik rumah.

Ikuti cara-cara di bawah ini, maka Anda akan terhindar dari bahaya kebakaran.

1. Periksa Kondisi Kelistrikan

Banyak peristiwa kebakaran yang disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik. Untuk itu, Anda benar-benar harus memeriksa kondisi kelistrikan di rumah Anda.

Jika Anda merasa tidak punya pengetahuan dalam bidang kelistrikan, bayarlah orang yang ahli dalam bidang kelistrikan untuk memeriksa kondisi kelistrikan di rumah Anda.

Hal yang pertama harus diperiksa adalah kondisi sekring dan meteran, apakah masih berfungsi dengan baik. Setelah itu, yang selanjutnya harus diperiksa adalah kondisi kabel-kabel. Periksa apakah ada yang terkelupas atau kondisi nya mulai rapuh.

Kemudian, Anda juga harus memeriksa stop kontak dan steker. Apakah semuanya masih berfungsi dengan baik. Jangan sampai ada colokan yang bertumpuk dalam satu steker karena itu menjadi penyebab umum kebakaran.

2. Periksa Kondisi Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga yang membutuhkan sumber tenaga listrik atau berhubungan dengan api harus mendapatkan perhatian ekstra dari Anda. Misalnya Lemari Es, Penyejuk Ruangan (AC), Televisi, Kompor, dll.

READ:  Fakta dan Solusi Tentang Kebiasaan Menghisap Jempol pada Bayi

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan terhadap peralatan rumah tangga Anda agar terhindar dari bahaya kebakaran.

a. Jangan gunakan colokan tambahan (extension cord) pada penyejuk ruangan Anda. Penyejuk ruangan bekerja lebih keras dibanding peralatan rumah tangga lainnya. Jika Anda menancapkan penyejuk ruangan ke colokan tambahan maka kemungkinan akan cepat panas dan mudah terbakar. Tancapkan colokan penyejuk ruangan Anda ke ke steker yang ada di tembok agar lebih aman.

b. Jangan meletakkan cairan yang mudah terbakar di dekat sumber api. Misalnya meletakkan bensin di dekat kompor.

c. Jangan menumpuk colokan di satu steker. Hal ini sangat berbahaya karena memperbesar kemungkinan hubungan pendek arus listrik (korsleting).

d. Ketika Anda memasak di dapur dan kompor dalam keadaan menyala, jangan pernah tinggalkan dapur walau hanya satu menit. Jika Anda terpaks harus meninggalkan dapur, maka matikan kompor Anda terlebih dahulu.

e. Jangan memasak ketika Anda lelah. Lebih baik makanlah makanan yang siap santap. Nah, ketika Anda sudah segar kembali, silakan memasak sesuka Anda.

READ:  10 Kebiasaan Sehat Keluarga Sehat

3. Hati-hati dengan Kebiasaan Sehari-hari

Kebakaran di rumah sering kali terjadi karena kebiasaan kita yang buruk ketika berada di rumah. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang harus Anda hindari.

a. Ketika Anda merokok, jangan duduk apalagi sambil tiduran. Merokoklah sambil berdiri, atau keluarlah dari rumah.

b. Hati-hati ketika menyalakan lilin atau sumber api terbuka lainnya. Jangan dekatkan dengan benda yang mudah terbakar.

c. Hati-hati ketika menyalakan lampu dekorasi, misalnya lampu ketika perayaan Idul Fitri atau natal.

d. Setelah menyalakan korek api, segera celupkan ke air atau guyur dengan air.

**

Demikianlah beberapa tips tentang cara mencegah kebakaran di rumah. Semoga bermanfaat 🙂