Mengenal Cegukan dan Cara mengatasinya

Cegukan dan Cara mengatasinyaCegukan atau dalam bahasa medis singultus adalah salah satu gejala dimana terjadi spasme diafragma dengan tidak sengaja dan pita suara menutup secara tiba-tiba.

Cegukan terjadi karena adanya gangguan saraf phrenic sehingga kinerja diafragma menjadi terganggu pula.

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya cegukan seperti makan sesuatu dengan cepat dan tidak minum sedikitpun saat sedang makan.

Loading...

Perubahan emosi secara mendadak dan juga dapat diakibatkan oleh perubahan suhu pada lambung yang terjadi secara tiba – tiba yang diakibatkan oleh makanan panas yang telah masuk lalu diberikan minuman yang dingin setelahnya.

Semua orang pernah terkena cegukan dan dianggap bukanlah hal yang berbahaya karena dapat berhenti dengan sendirinya. Namun jika terjadi pada saat sedang penting seperti saat sedang rapat atau presentasi tentu saja dapat mengganggu pekerjaan kita. Selain itu cegukan dalam waktu lama menyebabkan sakit pada bagian dada.

Nah berikut ini ada cara mengatasi cegukan dalam waktu yang singkat.

1. Minum air

Minum air sambil menahan nafas adalah langkah yang paling efektif untuk menghilangkan cegukan. Namun anda harus meminum air tersebut dengan cara sedikit demi sedikit tanpa henti sampai air 1 gelas anda habis.

READ:  5 Cara Efektif Mengatasi Cegukan pada Bayi

Bila anda meminum air 1 gelas sekaligus dalam waktu yang cepat maka hal itu tidak akan menghentikan cegukan anda. Air minum ini berperan untuk melancarkan tenggorokan dan diafragma kita.

2. Mengatur pernafasan

Bila anda sedang berpuasa, maka anda dapat menghentikan cegukan dengan cara mengatur pola pernafasan anda. Anda menahan nafas selama kurang lebih 10 detik, kemudian hembuskan dengan cara biasa. Lakukan hal ini hingga cegukan anda hilang.

3. Mengalihkan perhatian dari cegukan

Ketika anda sedang cegukan anda dapat menghentikannya dengan tidak memikirkan cegukan tersebut, anda dapat melakukan aktivitas lain yang menggerakkan tubuh anda seperti berolahraga, jalan – jalan atau pekerjaan lain yang tidak membuat anda menjadi diam.

4. Dikagetkan

Membuat diri kita kaget bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan seorang diri. Anda butuh teman lain yang dapat membantu anda agar dapat menjadi kaget tiba – tiba. Rasa kaget dapat mengubah pola pernafasan anda. Selain itu juga dapat mempengaruhi kerja diafragma.

5. Menggunakan minyak penyegar pernafasan

Bau – bauan seperti yang terdapat pada minyak kayu putih dapat membantu memperlancar pernafasan anda. Sehingga dianjurkan untuk menggosok atau menghirup aroma minyak kayu putih untuk meredakan cegukan.

READ:  8 Cara Diet yang Keliru

6. Konsumsi makanan lengket

Beberapa jenis makanan yang lengket seperti selain sangat baik untuk mengubah pernafasan anda. Cobalah mengonsumsi makanan yang bersifat lengket ketika cegukan.

**

Bila telah melakukan hal tersebut tetapi cegukan tidak juga berhenti berarti ada masalah yang lebih parah di dalam tubuh anda. Tubuh akan memberikan reaksi berupa sinyal jika tubuh kita mendapatkan ancaman bahaya, untuk mencegah hal itu lakukan pola hidup sehat setiap hari.

(Foto : sehatmanfaat.com)