5 Pengobatan Alami Terbaik untuk Mengatasi Bersin

Pengobatan Alami Terbaik Untuk Mengatasi BersinBersin merupakan mekanisme perlindungan dan membantu mengusir alergen serta iritan keluar dari tubuh.

Bersin sebagian besar disebabkan oleh alergi, akibat bulu binatang, asap, jamur, debu, serbuk kayu, serbuk sari dan iritasi lainnya.

Cuaca dingin, variasi kelembaban dan suhu, air hujan, bau yang kuat, alergi makanan, obat-obatan tertentu dan faktor-faktor lainnya juga dapat menjadi penyebab umum Anda mengalami bersin.

Loading...

Bersin sering disertai dengan masalah-masalah seperti kurangnya konsentrasi, kelelahan, hidung meler, iritasi hidung, mata merah dan lain-lain. Bersin biasanya tidak dianggap sebagai masalah serius tetapi jika terjadi secara terus-menerus, maka dapat menjadi frustrasi.

Bersin terus-menerus dapat membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu. Oleh karena itu Anda tentunya mencoba mencari cara pengobatan yang tepat untuk masalah tersebut.

Ada banyak pengobatan rumah sederhana dan mudah yang dapat Anda coba di rumah, seperti berikut ini:

Bawang putih

Bawang putih dapat dengan mudah melawan infeksi saluran pernapasan atas karena sifat antibiotik dan anti-virus yang secara alami terkandung di dalamnya. Bawang putih dapat digunakan baik secara internal maupun eksternal untuk mengatasi bersin berlebihan yang sering disebabkan oleh infeksi flu biasa.

READ:  Kendalikan Sakit Kronis dengan Terapi Magnetik

Ambillah empat sampai lima siung bawang putih dan kemudian remukkan lalu buat menjadi pasta halus, setelah itu hirup aromanya yang kuat.

Hal ini akan membantu untuk membersihkan rongga hidung yang menyebabkan bersin dan membantu Anda untuk bernapas dengan mudah. Anda juga dapat memasukkan bawang putih ke dalam menu masakan Anda.

Teh chamomile

Mengkonsumsi secangkir teh chamomile dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengatasi bersin. Teh chamomile memiliki sifat antihistamin baik yang dapat memberikan bantuan instan terhadap alergi dan bersin.

Rebuslah secangkir air, tambahkan satu sendok teh bunga chamomile kering dan rebus teh selama beberapa menit. Kemudian tambahkan beberapa madu ke dalam secangkir air untuk meningkatkan rasa manis. Anda dapat mengkonsumsi teh ini dua kali dalam sehari untuk menyingkirkan bersin sepenuhnya.

Minyak peppermint

Jika Anda mengalami bersin karena hidung tersumbat, maka minyak peppermint dapat menjadi pengobatan terbaik untuk Anda.

Siapkan air yang telah mendidih, kemudian tuangkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalamnya. Ambillah handuk kemudian tutupi kepala Anda dengan handuk tersebut lalu cobalah menghirup uap yang keluar dari air mendidih tadi.

READ:  7 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Minyak peppermint sangat membantu karena memiliki sifat antibakteri. Ketika Anda menghirup uap, rongga hidung Anda akan segera mendapatkan bantuan dari masalah bersin secara terus-menerus.

Anda juga dapat menghirup uap dari air mendidih yang telah dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih untuk mengatasi bersin yang disebabkan oleh iritasi hidung dan pilek.

Jahe

Jahe merupakan salah satu pengobatan tertua dan efektif untuk masalah virus dan bersin. Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi satu atau dua sendok teh jahe ekstrak dua kali sehari, sampai masalah bersin Anda sembuh sepenuhnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengambil sepotong kecil jahe yang telah diiris menjadi irisan tipis untuk kemudian dimasukkan ke dalam secangkir air yang didihkan selama beberapa waktu.

Tambahkan sedikit madu sebelum diminum. Anda dapat mengkonsumsinya sesaat sebelum tidur, karena hal ini dapat mencegah bersin di malam hari.

Merica

Bersin dan pilek dapat diobati dengan mengkonsumsi merica. Ambillah setengah sendok makan bubuk merica kemudian masukkan ke dalam air hangat. Konsumsi sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

READ:  9 Manfaat Sehat Air Madu

Pengobatan ini akan mengatasi pilek dan bersin yang Anda derita. Anda juga dapat berkumur dengan air hangat yang telah ditambahkan merica di dalamnya, karena efektif membantu untuk menyingkirkan virus dan kuman.

Campurkan merica ke dalam sup dan salad Anda, ini merupakan satu obat alami yang paling sederhana untuk mengatasi bersin karena membuat sistem pernapasan berjalan lancar.

**

Selain pengobatan alami di atas, Anda juga harus memastikan untuk mengambil beberapa tindakan pencegahan akan setiap iritan lingkungan hidup yang dapat memperburuk alergi dan bersin. Jagalah kebersihan rumah Anda agar bebas dari debu dan alergi.