Kenali Penyebab Sakit Mata pada Si Kecil dan Cara Mengatasinya

Sakit Mata pada BayiBayi merupakan tahap pertumbuhan pada manusia, dimana manusia ada pada masa yang sangat rentan, dan rapuh terhadap penyakit.

Saat masih bayi, sistem daya tahan tubuh manusia masih belum matang sehingga virus dan bakteri mudah untuk masuk dan menyerang sistem daya tahan tubuh bayi. Salah satu organ luar bayi yang termasuk rentan diserang penyakit adalah mata.

Bagi Anda yang memiliki bayi, sebaiknya jauhkan bayi Anda dari jangkauan debu dan cegah tangannya untuk melakukan kontak terlalu sering dengan matanya. Karena biasanya bayi suka menggunakan tangannya untuk menyentuh apapun yang bisa disentuhnya tanpa tahu bahwa benda yang disentuhnya mengandung banyak bakteri atau virus yang dapat menyerangnya.

Setelah menyentuh apapun yang bisa disentuhnya, ketika merasa gatal atau ada sesuatu yang menggangu matanya, si bayi akan berusaha menghilangkan gangguan tersebut dari matanya, yaitu dengan menguceknya.

Bakteri dan virus yang ada pada tangan bayi akan berpindah ke mata yang sangat rentan terhadap bakteri dan virus. Hal tersebut dapat menyebabkan bayi terkena sakit mata.

READ:  Tips dan Cara Mengetahui Gejala Kanker Payudara

Sakit mata pada bayi biasanya disebabkan oleh kebiasaan bayi mengucek matanya setelah menyentuh berbagai macam benda yang mengandung bakteri.

Penyebab Sakit Mata pada Bayi

Berikut beberapa penyebab sakit mata pada si kecil.

  • Masuknya virus, dan bakteri ke mata karena adanya kontak tangan anak yang kotor dengan matanya
  • Masuknya kotoran dan bakteri melalui debu-debu jalanan pada mata anak
  • Kurangnya asupan vitamin A
  • Terpapar radiasi berlebih alat elektronik
  • Terjadinya penyumbatan pada saluran air mata anak yang mengalirkan air mata anak ke rongga hidung, sehingga mata terus-terusan berair
  • Faktor genetic

Itulah beberapa penyebab sakit mata pada bayi. Pada dasarnya, bayi masih belum mengerti bahwa matanya berpenyakit, dan bayi masih belum dapat menjaga kesehatan matanya.

Cara Mengatasi Sakit Mata pada Bayi

Berikut beberapa cara mengatasi sakit mata pada bayi.

1. Orang tua harus menjaga kebersihan mata bayi dari belekan yang biasanya sering terjadi pada bayi. Walaupun awalnya sedikit, jika belekan pada mata bayi dibiarkan, maka semakin lama akan semakin parah dan dapat menghalangi pengelihatan si bayi

READ:  Inilah 7 Dampak Buruk Sering Mengenakan Pakaian Ketat

2. Jangan biarkan mata bayi begitu saja saat bepergian, karena debu dapat mudah masuk pada mata bayi dan menyebabkan mata menjadi merah.

3. Jika terjadi penyumbatan pada saluran air mata bayi, lakukan pemijatan pada daerah lingkar mata dan batang hidung bayi untuk membantu melancarkan saluran itu kembali.

4. Orang tua berperan penting pada kasus ini untuk menjaga mata bayi agar tetap sehat. Jaga kebersihannya, jauhkan bayi dari debu berlebih, juga dari alat-alat elektronik yang memiliki pancaran sinar radiasi yang dapat dibilang berbahaya.

5. Orang tua juga harus peka apabila ada hal-hal kecil tidak normal yang terjadi pada mata bayi. Karena bagaimanapun mata adalah salah satu organ penting bagi masa depan anak.

Jangan biarkan masa depan anak Anda hancur karena kesalahan kecil pada saat bayi. Jangan biarkan ia gagal untuk melihat indahya dunia karena matanya. Semoga bermanfaat.