5 Manfaat si Manis Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

 Manfaat si Manis Srikaya Pengobatan terhadap suatu penyakit itu memang harus dilakukan, demi mencegah penyakit tersebut bertambah parah.

Namun sebelum menggunakan obat-obatan berbahan kimia, ada baiknya mencoba obat-obat alami yang telah tersedia di sekitar kita. Obat-obatan kimia sebaiknya digunakan apabila yang alami sudah tidak dapat memberi efek lagi.

Ada salah satu buah yang memiliki rasa yang manis dan enak, namun menyimpan manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita, yaitu srikaya.

Srikaya, buah manis berwarna hijau dengan kulit yang memiliki banyak mata seperti yang terlihat pada sirsak.

Buah srikaya atau yang biasa disebut buah nona (Annona squamosa) memiliki warna daging berwarna putih dengan rasa yang manis, dan tinggi pohon sekitar 8 meter. Biasanya para pelaut Inggris menyebutnya sugar apple atau custard apple.

Selain rasanya yang manis, buah srikaya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Tak hanya bagi kesehatan tubuh Anda, namun srikaya juga dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut Anda.

Berikut beberapa manfaat yang disajikan si manis srikaya untuk Anda.

READ:  Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kista Ovarium

Toner Rambut

Rambut merupakan mahkota kepala dan memang sudah seharusnya dirawat kesehatannya. Di sini buah srikaya memiliki peran dalam menjaga kesehatan rambut Anda.

Di India, masyarakatnya sering menggunakan srikaya untuk dijadikan toner rambut, dan bijinya dimanfaatkan untuk pembasmi kutu rambut. Caranya adalah dengan menumbuk bijinya, lalu mengoleskannya pada rambut.

Tinggi Vitamin A

Buah srikaya terbukti memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, sehingga dapat menjaga kesehatan mata Anda. Tidak hanya itu, buah srikaya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat menjauhkan tubuh Anda dari radikal bebas dan berbagai penyakit, seperti sariawan, panas dalam, dan lain-lain.

Selai

Selain dapat dimanfaatkan sebagai penjaga kesehatan tubuh, ternyata buah srikaya juga memiliki manfaat untuk bidang kuliner, yaitu selai. Rasanya yang manis biasanya sering digunakan untuk pembuatan selai

Obat Diare

Buah srikaya yang masih muda mengandung tannin yang dapat berfungsi sebagai obat diare.

Tak hanya buahnya, daun srikaya ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mengatasi berbagai penyakit. Contohnya, diare, demam, cacingan, abses, luka, bisul dan masih banyak lagi.

READ:  Beras Merah dan Beras Putih, Mana yang Lebih Baik?

Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan penyakit yang menyakitkan sekaligus menyebalkan, maka dari itu ada 1 cara yang disajikan oleh srikaya yang dapat Anda aplikasikan untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Daun srikaya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan, caranya adalah dengan menumbuk beberapa daun srikaya. Kemudian mencampurkannya dengan minyak kelapa, dan mengoleskannya pada bagian perut.

**

Itulah 5 manfaat srikaya bagi kesehatan tubuh Anda. Bagaimana pun, jika dibandingkan, kebanyakan obat-obatan kimia hanya menembak pada satu titik permasalahan saja, dan kebanyakan mengandung efek samping bagi tubuh.

Namun, obat alami dapat menembak 1 titik yang tepat dan manfaatnya merambat ke titik yang lainnya. Sehingga manfaat yang didapat lebih dari 1.

Jadi, sudah sadar kan? Bagaimana obat-obatan yang berasal dari alam dapat memberikan efek yang lebih baik daripada obat-obatan kimia ?