Tips Menjadi Freelance Writer yang Baik dan Benar

Freelance WriterSaat ini, freelancer yang jumlahnya paling banyak di Indonesia adalah freelance writer, yaitu pekerja lepas yang bekerja di bidang penulisan artikel. Bagi orang yang memiliki bakat menulis dan ingin menyalurkan bakatnya sekaligus mencari pendapatan tambahan, freelance writer merupakan pilihan yang tepat.

Memang ada pilihan lain seperti menulis novel atau menerbitkan cerpen di majalah, namun menulis novel dan cerpen membutuhkan waktu untuk diterbitkannya tulisan dan itu pun belum tentu diterima oleh penerbit.

Freelance writer dapat digeluti oleh semua kalangan, semua jenjang pendidikan, dan semua umur. Tidak ada batasan, kecuali ada ketentuan tertentu yang diberikan perusahaan yang menyangkut umur dan j penenjang pendidikan.

Freelance writer memiliki beberapa keuntungan seperti, bertambahnya pengetahuan tentang hal-hal baru yang tadinya tidak kita ketahui, dan teknik penulisan dapat diperbaiki.

Untuk Anda yang berminat menjadi seorang freelance writer, berikut beberapa tips untuk menjadi seorang freelance writer yang baik dan benar.

Disiplin Waktu

Anda freelance writer yang tidak taat deadline? Sebaiknya rubah kebiasaan Anda dan patuhi deadline Anda. Disiplin waktu tidak hanya dibutuhkan oleh freelance writer, namun juga dibutuhkan oleh semua kategori freelancer.

Freelance writer perlu memperhatikan deadlinenya dengan benar. Jika seorang freelance sering melewati deadlinenya, hal tersebut dapat memberikan kesan jelek di kemudian hari.

READ:  4 Tips Mengatasi Ketegangan Dengan Rekan Kerja Beda Generasi

Perhatikan Susunan Kata

Bagi seorang freelance writer, susunan kata adalah suatu komponen yang harus diperhatikan dengan baik. Begitu pula dengan sistematika artikelnya, karena sistematika suatu artikel menggambarkan kualitas freelancer tersebut menulis.

Sistematika suatu artikel yang berantakan akan membingungkan pembaca, sehingga pembaca akan mencari artikel lain yang lebih baik sistematikanya.

Judul

Para penikmat karya sastra yang akan membaca suatu karya sastra, biasanya akan memperhatikan judulnya terlebih dahulu. Apakah karya tersebut memiliki judul yang menarik, apakah akan memberikan efek penasarann baginya, dan apakah judulnya dapat menggambarkan keseluruhan isi dari karya sastra tersebut.

Sama seperti menulis novel dan cerpen, artikel juga harus memiliki judul yang menarik, yang dapat menimbulkan rasa penasaran pada pembacanya, dan simple.

Kreativitas

Kreativitas sangat dibutuhkan bagi freelance writer, seberapa kreatif  ia memilih kata-kata, menentukan judul, dan menentukan tema. Seberapa kreatif si freelance writer akan menentukan ketertarikan pembaca.

Dengan kekreativitasan yang dimiliki seorang freelance writer, ia pasti dapat menentukan temanya sendiri tanpa harus berdekatan dengan kata “plagiat”.

READ:  Bagaimana Cara Sukses Menjadi Seorang Freelancer?

**

Itulah tips-tips untuk menjadi freelance writer yang baik dan benar. Setiap penulis memiliki gaya menulisnya sendiri yang harus terus dikembangkan.

Freelance writer merupakan pekerjaan ringan yang penuh dengan berbagai keuntungan. Freelance writer adalah sebuah kesempatan untuk melihat dunia luar yang belum kita ketahui.

Dengan menulis, kita dapat lebih mudah menyerap suatu informasi. Dengan menulis kita dapat menggambarkan isi hati kita tanpa kita sadari. Dan dengan menulis, orang bisa tahu bagaimana kepribadian seseorang.